HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Mengenal Anatomi Dasar Kerangka Tubuh Manusia

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Mengenal Anatomi Dasar Kerangka Tubuh Manusia

Setiap manusia normal memiliki kerangka tubuh yang terbuat dari banyak tulang. Tubuh seorang manusia dewasa berjumlah 206. Tulang-tulang ini berfungsi untuk memberikan struktur tubuh, alat mobilitas, melindungi organ-organ internal, dan banyak lagi.

Bagaimana komponen dari tulang manusia?

Hampir setiap tulang di tubuh Anda tersusun oleh komponen yang sama:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  • Permukaan luar tulang disebut periosteum . Periosteum adalah lapisan tulang yang tipis dan padat yang mengandung saraf dan pembuluh darah yang menyuplai nutrisi tulang.
  • Lapisan selanjutnya terdiri dari tulang kompak. Bagian ini halus dan sangat keras. Tulang kompak adalah bagian yang Anda lihat ketika Anda melihat tulang kerangka.
  • Di dalam tulang yang padat ada banyak lapisan tulang cancellous, yang terlihat agak seperti spons. Tulang cancellous tidak sekeras tulang kompak, tetapi masih sangat kuat.
  • Dalam banyak tulang, tulang kanselus melindungi bagian paling dalam dari tulang, yaitu sumsum tulang. Sumsum tulang memiliki struktur seperti jeli tebal, dan tugasnya adalah membuat sel darah.

Struktur penyusun tulang pada tubuh manusia

Tulang belakang adalah salah satu bagian dari kerangka yang paling penting. Tulang belakang memiliki fungsi untuk memberikan struktur tubuh, mobilitas, melindungi sumsum tulang belakang, dan masih banyak lagi.

Tulang belakang terdiri dari 33 segmen tulang! Tulang-tulang ini disebut vertebra dan masing-masing berbentuk seperti cincin. Ada berbagai jenis vertebra di tulang belakang dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda:

Tujuh vertebra pertama di atas disebut vertebra serviks. Tulang-tulang ini berada di belakang leher, tepat di bawah otak, dan tulang-tulang ini berfungsi untuk menopang kepala dan leher Anda.

Di bawah vertebra serviks adalah vertebra toraks , vertebra toraks berjumlah 12 segmen. Vertebra toraks berfungsi untuk menahan tulang rusuk. Di bawah vertebra toraks terdapat lima vertebra lumbar. 

Di bawah vertebra lumbal adalah sakrum, yang terdiri dari lima vertebra yang menyatu bersama untuk membentuk satu tulang tunggal.

Akhirnya, semua jalan di bagian bawah tulang belakang adalah tulang ekor atau yang disebut dengan coccyx, yang merupakan satu tulang yang terbuat dari empat tulang belakang yang menyatu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Di antara setiap vertebra terdapat bantalan berbentuk disk kecil yang terbuat dari tulang rawan. Disk ini menjaga agar tulang belakang tidak saling bergesekan, dan mereka juga bertindak sebagai peredam kejut alami tulang belakang Anda

Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang tulang yang tersusun mengelilingi rongga dada. Jantung, paru-paru, dan hati adalah organ yang sangat penting, dan untungnya Anda punya tulang rusuk untuk menjaganya agar tetap aman. Tulang rusuk bertindak seperti sangkar tulang di sekitar dada Anda. 

Semua 12 pasang bagian belakang tulang rusuk menempel pada tulang belakang sedangkan sebagian dari (7 pasang tulang rusuk) bagian depan tulang rusuk menempel pada tulang dada (sternum).

Tulang tengkorak adalah kerangka yang memiliki fungsi untuk melindungi bagian terpenting, otak. Tengkorak sebenarnya terdiri dari tulang yang berbeda. Beberapa tulang ini melindungi otak Anda, sedangkan yang lain membentuk struktur wajah Anda.

  • Tulang ekstremitas atas

Tulang pada ekstremitas atas membentang dari bahu hingga ujung jari. Tulang pada lengan atas (humerus) melekat pada tulang belikat atau skapula. Lengan bawah terdiri dari dua tulang yaitu tulang radius dan tulang ulan. Lengan atas dan lengan bawah dihubungkan oleh sendi siku.

Lengan bagian bawah terhubung dengan tangan melalui pergelangan tangan. Bagian tengah tangan terdiri dari lima tulang yang terpisah. Sedangkan setiap jari di tangan tersusun atas tiga ruas tulang, kecuali ibu jari, yang tersusun atas dua ruas tulang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Total tulang pada kedua ekstremitas atas dari bahu hingga ujung jari berjumlah 54 tulang

  • Tulang ekstremitas bawah

Tungkai kaki bagian atas (femur) melekat pada tulang melingkar yang disebut panggul atau pelvis. Pelvis adalah struktur berbentuk mangkuk yang menopang tulang belakang. 

Tulang panggul atau pelvis terdiri dari dua tulang pinggul besar di depan, dan di belakang yang tersusun atas sakrum dan tulang ekor. Panggul bertindak sebagai cincin pelindung yang kuat di sekitar bagian dari sistem pencernaan, bagian dari sistem kemih, dan bagian dari sistem reproduksi.

Tulang pada tungkai dan kaki sangat besar dan kuat. Tulang pada tungkai dan kaki dapat menopang berat tubuh Anda. Tulang pada tungkai atas atau tulang paha disebut dengan femur. Femur adalah tulang terpanjang di tubuh Anda. 

Di lutut, ada tulang berbentuk segitiga yang disebut patella , atau tempurung lutut, yang melindungi sendi lutut. Tungkai bagian bawah tersusun atas dua tulang kaki lainnya yang disebut tibia dan fibula. 

Tungkai bawah dan kaki dihubungkan oleh pergelangan kaki. Pergelangan kaki sedikit berbeda dengan pergelangan tangan. Pergelangan kaki adalah tempat tulang kaki bagian bawah terhubung dengan tulang besar di kaki yang disebut talus. Di sebelah talus ada enam tulang lainnya. 

Tetapi bagian utama kaki mirip dengan tangan, yang tersusun oleh lima tulang. Setiap jari kaki memiliki tiga tulang kecil, kecuali jari kaki besar Anda, yang hanya memiliki dua. Keseluruhan tulang pada kedua ekstremitas bawah berjumlah 52.

Sendi

Sendi adalah struktur pada rangka yang memungkinkan tulang untuk bergerak satu sama lain. Ada berbagai macam jenis sendi seperti sendi engsel pada siku, sendi bola dan soket yang menghubungkan lengan bagian atas dan bahu dan lainnya. 

Seperti halnya engsel pada pintu, sendi membutuhkan cairan pelumas yang disebut cairan sinovial. Cairan sinovial dapat membantu sendi bergerak dengan lebih bebas.

Ligamen

Struktur lain yang dapat Anda temukan pada kerangka tubuh manusia adalah ligamen. Ligamen adalah struktur yang menghubungkan tulang dengan tulang. Ligamen berfungsi seperti gelang karet yang sangat kuat.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Explore Human Anatomy, Physiology, and Genetics. Innerbody.com. (https://www.innerbody.com/htm/body.html)
Anatomy: What is it and why is it important?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/248743.php)
The Human Body. Healthline. (https://www.healthline.com/human-body-maps)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app