Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara Paling Ampuh Mencegah Bibir Kering dan Mengelupas

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Mar 24, 2020 Tinjau pada Agu 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Paling Ampuh Mencegah Bibir Kering dan Mengelupas

Siapa yang selama hidupnya tidak pernah mengalami masalah bibir kering atau pecah-pecah? Hampir setiap orang mungkin pernah mengalaminya. Bibir pecah-pecah biasanya sangat mengganggu, sakit, dan bahkan membuat bibir terlihat tidak menarik. 

Tetapi karena berbagai banyak alasan, faktor dan kondisi, banyak dari kita berurusan dengan masalah bibir kering dan pecah-pecah ini hampir setiap hari. 

Baik itu karena masalah cuaca atau penggunaan lip balm yang tidak sesuai, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menyingkirkan bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir pecah-pecah umunya memiliki banyak penyebab. Dikarenakan bibir yang tidak mengandung kelenjar minyak, seperti kulit Anda yang lain, maka bibir cenderung menjadi cepat mengering. 

Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Jadi bagaimana cara Anda bisa mencegah kekeringan dan pecah-pecah pada bibir? Anda tidak perlu khawatir, berikut penjelasannya.

1. Sebelum Anda mencuci muka, oleskan lip balm ke bibir Anda

Pembersih muka Anda sebenarnya bisa membuat kering bibir Anda, asam salisilat dan benzoil peroksida yang terkandung didalam pembersih muka dapat mengganggu keseimbangan pH Anda dan dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering.

2. Nyalakan humidifier

Humidifier adalah alat untuk menyemprotkan uap air ke udara agar bisa mengikat bakteri dan virus serta menyeimbangkan kelembapan pada ruangan yang udaranya kering atau ruangan ber-AC. Anda bisa menyalakan humidifier di malam hari untuk membantu menjaga bibir (dan kulit)  Anda agar tetap lembab.

3. Hindari kebiasaaan mejilat bibir atau membasahi bibir dengan air liur

Menjilat bibir hanya akan membuat bibir Anda menjadi lebih kering. Karena air liur dapat menguap dengan cepat, bibir Anda akan menjadi lebih kering daripada sebelumnya jika Anda menjilat atau membasahinya dengan air liur.

4. Jangan gunakan lip balm yang berasa atau beraroma

Saat Anda meletakkan sesuatu yang lezat di bibir Anda, Anda pasti akan tergoda untuk menjilatnya. Sementara lip balm dengan rasa tertentu mungkin akan terasa enak diawal, akan tetapi penggunaan lip balm dengan rasa atau aroma ini juga dapat menyebabkan mulut kering dan pecah-pecah.

5. Gunakan irisan buah mentimun

Untuk bibir yang pecah-pecah dan sakit karena terkelupas, irislah mentimun menjadi potongan-potongan tipis, letakkan diatas bibir dan biarkan di atas bibir selama kurang lebih lima menit (cobalah saat Anda menonton TV). Hal Ini dapat membantu merehidrasi bibir Anda dari kekeringan.

6. Hindari faktor- faktor alergen

Anda mungkin memiliki bibir sensitif yang mudah teriritasi ketika bersentuhan dengan parfum, dan wewangian lainnya. Jadi, simpanlah kosmetik dan produk dengan bahan-bahan yang dapat mengiritasi bibir Anda jauh-jauh dari mulut Anda.

7. Minumlah banyak air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik

Udara musim dingin dapat membuat bibir Anda kering, jadi jaga udara di rumah Anda tetap lembab dengan humidifier. Juga, pastikan untuk minum banyak air untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit dan bibir kering.

8. Bernapaslah melalui hidung Anda

Bernafas melalui mulut dapat benar-benar membuat bibir Anda menjadi tambah kering.

9. Gunakan pasta gigi yang tidak mengandung rasa sintetis

Penggunaan pasta gigi yang mengandung bahan sinteti dapat menyebabkan reaksi alergi, dan membuat bibir Anda terkelupas.

10. Gosokkan lidah buaya pada bibir Anda yang kering

Hal Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan luka kecil yang terjadi ketika bibir Anda pecah-pecah atau terbakar.

11. Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan camilan yang asin untuk sementara waktu

karena ya, makanan pedas dan camilan yang asin bisa membuat kering bibir Anda.

12. Lakukan pengelupasan pada bibir

Jika bibir Anda memiliki potongan kulit yang sangat terkelupas, pengelupasan kulit bibir dengan sikat atau scrub bibir akan membantu Anda untuk mengelupas kulit mati dan mendapatkan kembali bibir Anda yang halus dan indah. Anda dapat membeli lip exfoliator (alat untuk pengelupasan kulit) di banyak toko-toko kecantikan, namun Anda juga dapat menggunakan resep yang sangat mudah dan alami yang dapat Anda aplikasikan dirumah dengan mencampurkan 2 sdt gula merah, 1 sdt minyak zaitun, 1/2 sdt madu, dan 1/4 sendok teh ekstrak vanili dalam mangkuk kecil. Oleskan scrub ke bibir Anda dan kemudian gosokkan pada bibir, lalu bersihkan dengan handuk bersih.

Jika kulit bibir Anda tidak kunjung membaik setelah menggunakan beberapa cara diatas dan bibir masih kering, pecah-pecah atau bahkan menjadi lebih parah. Konsultasikanlah masalah Anda segera ke dokter kulit.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Varma SR, et al. (2019). In vitro anti-inflammatory and skin protective properties of virgin coconut oil. DOI: (https://doi.org/10.1016/j.jtcme.2017.06.012)
Sanchez J. (2018). Using aloe vera has multiple benefits. (https://www.bcm.edu/news/skin-and-hair/benefits-of-using-aloe-vera)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app