Masuki Musim Hujan, Begini Cara Jaga Kesehatan Agar Tidak Masuk Angin

Dipublish tanggal: Des 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Masuki Musim Hujan, Begini Cara Jaga Kesehatan Agar Tidak Masuk Angin

Memasuki musim hujan, sistem imun tubuh mulai menurun sehingga membuat Anda rentan terkena penyakit seperti masuk angin. Kondisi ini tentu saja bisa menghambat aktivitas Anda, apalagi kalau Anda sering kehujanan saat pulang kantor dan badan jadi makin tidak fit. Lalu, bagaimana cara mencegah masuk angin saat musim hujan? Yuk, ikuti panduannya berikut ini!

Cara mencegah masuk angin saat musim hujan

Jangan tunggu sampai sakit dulu baru Anda lebih waspada terhadap penyakit yang mengintai saat musim hujan. Apalagi masuk angin ini sangat mudah menyerang tubuh saat sistem imun menurun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Nah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah masuk angin saat musim hujan, antara lain:

1. Pakai penutup kepala atau jaket tebal

Kalau cuaca akhir-akhir ini mulai sering turun hujan, segera pakai jaket untuk melindungi diri Anda dari udara dingin. Jangan lupa juga untuk selalu sedia payung, jas hujan, hingga penutup kepala di dalam tas supaya tubuh terlindungi dari percikan air hujan dan angin kencang.

2. Rajin cuci tangan

Memang terkesan sepele, tapi rajin cuci tangan ternyata bisa membantu mencegah masuk angin saat musim hujan. Ini akan membantu menghindari risiko infeksi virus flu yang menempel pada tangan hingga masuk ke tubuh.

Cuci tangan pakai sabun dan air bersih, terutama sebelum dan sesuah makan, setelah ke toilet, setelah main dengan hewan, bersalaman dengan orang lain, dan baru sampai rumah setelah beraktivitas di luar.

3. Makan tepat waktu

Agar tidak mudah masuk angin saat musim hujan melanda, pastikan untuk selalu makan tepat waktu. Awas, peru kosong karena telat makan bisa memicu asam lambung naik dan ketika musim hujan, Anda rentan terkena masuk angin.

4. Penuhi asupan vitamin C dan vitamin E

Untuk mencegah masuk angin saat musim hujan, perbanyaklah asupan makakan yang kaya vitamin C dan vitamin E. Kedua jenis vitamin ini berfungsi untuk melawan infeksi ke dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Demam via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 26

Kalau tubuh mulai demam, meriang, flu, atau gejala masuk angin lainnya, makanlah makanan hangat dan berkuah untuk membantu menghangatkan tubuh. Misalnya sup, teh manis hangat, atau air jahe. Suhu hangat dari makanan bisa membantu mengatasi hidung meler atau tersumbat agar pulih lebih cepat.

5. Minum banyak air putih

Mulai merasa 'tidak enak badan' atau meriang, segera perbanyak minum air putih. Ini akan membantu mencegah dehidrasi sekaligus meredakan gejala masuk angin.

6. Olahraga teratur

Musim hujan mestinya bukan jadi halangan untuk berolahraga. Pasalnya, Anda masih bisa, kok, berolahraga ringan di rumah! Misalnya senam aerobik dengan video yang diunduh lewat internet atau sekadar bersih-bersih rumah. 

Yang penting, pastikan tubuh Anda tetap bergerak aktif walaupun cuaca sedang tidak bagus. Olahraga dapat membantu meningkatkan sistem tubuh sehingga Anda tetap fit selama musim hujan.

7. Mandi air hangat

Jangan buru-buru mandi setelah kehujanan atau beraktivitas. Alih-alih menghangatkan tubuh, langsung mandi setelah kehujanan malah bisa membuat tubuh Anda demam.

Tubuh Anda bisa "kaget" dengan perbedaan suhu air dan tubuh. Sebaiknya berikan jeda 10-15 menit agar suhu tubuh Anda normal kembali, baru boleh mandi. 

Sebaiknya mandilah dengan air hangat. Tak hanya mencegah masuk angin, mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot-otot yang menegang setelah beraktivitas dan bikin Anda tidur lebih nyenyak.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stay Healthy: 6 Tips for Avoiding Cold and Flu. WebMD. (https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/avoid-cold-flu#1)
Cold & Flu Prevention: The Secrets to Never Getting Sick. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cold-flu/cold-flu-secrets)
How to Avoid Getting Sick - Cold and Flu Prevention. Health.com. (https://www.health.com/condition/cold-flu-sinus/13-ways-to-avoid-getting-sick-with-a-cold-or-the-flu)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app