Memahami Posisi Tidur Yang Baik

Salah satu hal Penting adalah untuk menjaga lekukan alami tulang belakang saat berbaring di tempat tidur. Seseorang dapat memberikan dukungan posisi pada kepala, bahu, dan pinggul, dan punggung belakang dengan benar. Penjelasan dibawah berikut dapat memahami posisi tidur apa saja yang baik bagi kualitas tidur
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Memahami Posisi Tidur Yang Baik

Mengapa tidur Itu penting?

Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan sepanjang hidup Anda. Tidur yang cukup berkualitas memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi kesehatan fisik dan mental, serta kualitas hidup.

Ketika Anda tidur, tubuh kita beristirahat menghemat energi dan menurunkan tekanan darah, detak jantung, pernapasan, dan suhu tubuh. Pada saat yang sama, otak kita tetap aktif menampung ingatan, memulihkan fungsi mental siang hari dan menjalankan proses yang mengarah pada pertumbuhan fisik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Manfaat tidur 

Manfaat tidur dalam kehidupan antara lain:

1.Mengontrol suhu tubuh dan penggunaan energi (metabolisme) Anda.

2.Menjaga sistem kekebalan tubuh Anda bekerja.

3.Mengontrol otak Anda berfungsi dengan baik

4.Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

5.Memperbaiki jaringan dan merangsang pertumbuhan pada anak-anak

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

6.Mengatur nafsu makan dan berat badan Anda dan mengendalikan kadar glukosa darah Anda.

Waktu tidur

Seiring bertambahnya usia, waktu orang tidur semakin memendek. Pada Bayi biasanya tidur selama 12 hingga 16 jam per hari. Saat memasuki usia hingga 13 tahun, anak-anak tidur selama 10 jam. Apabila Anda beranjak tua maka waktu tidur menjadi semakin singkat yaitu hingga 7 sampai 8 jam. 

Mengenai posisi tidur 

Anda menghabiskan sepertiga hidup kita untuk tidur agar tubuh tetap dalam kondisi sehat.. Salah satu aspek penting untuk mendapatkan waktu tidur yang paling lama adalah memiliki kasur yang nyaman, kamar yang bersih, suhu ruangan yang tepat. 

Tidak hanya aspek di atas, ternyata, posisi Anda tidur mungkin menjadi alasan untuk menjaga kualitas tidur Anda. Posisi tidur bervariasi seperti halnya pada orang yang tidur.

Posisi tidur yang buruk bahkan mungkin menjadi penyebab nyeri punggung bawah. Ini karena posisi tertentu dapat memberikan tekanan pada leher, pinggul, dan punggung.

Salah satu hal Penting adalah untuk menjaga lekukan alami tulang belakang saat berbaring di tempat tidur. Seseorang dapat memberikan dukungan posisi pada  kepala, bahu, dan pinggul, dan punggung belakang dengan benar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Penjelasan dibawah berikut dapat memahami posisi tidur apa saja yang baik bagi kualitas tidur

1.Tidur miring dengan bantal yang dijepit 

Tidur dengan lawan sisi tidak akan memberikan lawan . Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang Anda lebih lurus.

2.Tidur posisi fetal 

Jika Anda memilik kelainan herniasi diskus, Anda mungkin boleh  mencoba tidur miring ke posisi meringkuk dalam posisi janin.

Ingatlah untuk berpindah sisi dari waktu ke waktu untuk mencegah ketidak seimbangan.

Posisi ini sangat penting karena diskus tulang belakang adalah bantal empuk antara tulang belakang di tulang belakang Anda. Herniasi terjadi ketika bagian dari disk mendorong keluar dari ruang normalnya, menyebabkan nyeri saraf, kelemahan, dan lain- laini. 

3.Tidur tengkurap dengan beralaskan bantal di perut. 

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tidur tengkurap sebenarnya buruk untuk sakit punggung. Ini sebagian benar karena dapat menambah tarikan pada leher Anda.

Tempatkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah untuk meringankan tekanan dari punggung Anda

Orang yang menderita penyakit cakram degeneratif mungkin mendapat manfaat dari tidur dengan bantal karena cara ini dapat menghilangkan stres yang terletak pada diskus.

4.Tidur telentang dengan penyangga lutut

Berbaring telentang biasanya dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk punggung yang sehat.

Posisi ini mendistribusikan berat secara merata ke seluruh permukaan terbesar tubuh. Ini juga meminimalkan titik-titik tekanan dan memastikan penyelarasan kepala, leher, dan tulang belakang yang baik.

Menempatkan bantal kecil di bawah lutut dapat memberikan dukungan tambahan dan membantu menjaga lekukan alami tulang belakang.

5.Tidur telentang 

Apakah Anda merasa paling nyaman tidur di kursi malas? Walaupun tidur di kursi mungkin bukan pilihan terbaik untuk sakit punggung, posisi ini bisa bermanfaat jika Anda memiliki spondylolisthesis 

Spondylolisthesis isthmic adalah suatu kondisi di mana vertebra tergelincir ke bawah di luar posisi normal. Dengan Berbaring posisi terlentang mungkin bermanfaat untuk punggung Anda karena menciptakan sudut antara paha dan tungkai bawah Anda. 

Sudut ini membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda.

.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Starfish or freefall? What your sleep position can tell you. (n.d.). (https://bettersleep.org/better-sleep/sleep-positions/)
Research reveals what your sleeping position says about your relationship. (2014). (https://www.sciencedaily.com/releases/2014/04/140415203702.htm)
Britons are turning their backs on their partners between the sheets. (2012). (https://www.travelodge.co.uk/press-centre/press-releases/BRITONS-ARE-TURNING-THEIR-BACKS-THEIR-PARTNERS-BETWEEN-SHEETS)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app