Maritime Pine - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 441.976 orang

Maritime pine (Pinus pinaster) tumbuh di negara-negara Laut Mediterania. Kulit pohon digunakan sebagai bahan membuat obat. Pohon pinus mempunyai tinggi hingga 35 meter dengan diameter maksimal 1,2 meter.

Maritime pine juga dikenal dengan nama Condensed Tannins, French Marine Pine Bark Extract, French Maritime Pine Bark Extract, Leucoanthocyanidins, Maritime Bark Extract, Oligomeric Proanthocyanidins, OPC, OPCs, PCO, PCOs, Pine Bark, Pine Bark Extract, Pinus pinaster, Pinus maritima, Procyanidin Oligomers, Procyanodolic Oligomers, Pycnogenol, Pycnogénol, Pygenol, Tannins Condensés.

Mengenai Maritime Pine

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Kapsul

Kandungan

Manfaat Maritime Pine

Maritime pine mempunyai beberapa manfaat yaitu:

Mengonsumsi maritime pine bersama dengan obat asma dapat mengurangi gejala asma dan dapat menyelamatkan inhaler pada anak-anak dan orang dewasa.

  • Mengatasi masalah sirkulasi

Mengonsumsi maritime pine melalui mulut tampaknya dapat mengurangi rasa sakit dan berat kaki, serta retensi cairan, pada orang dengan masalah sirkulasi.

  • Meningkatkan performa atletik

Mengonsumsi maritime pine dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih baik saat pelatihan atlet atau untuk tes kebugaran fisik.

  • Meningkatkan fungsi mental

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi maritime pine selama 3-12 bulan dapat meningkatkan fungsi mental dan memori pada orang dewasa dari segala usia.

Mengonsumsi maritime pine dapat memperlambat atau mencegah penyakit retina di mata yang dapat disebabkan oleh diabetes, aterosklerosis atau penyakit lainnya. Selain itu, herbal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan.

  • Mencegah alergi

Penelitian menyatakan bahwa dengan mengonsumsi maritime pine sebelum musim alergi akan mengurangi gejala alergi.

Efek samping Maritime Pine

Ekstrak maritim pine mungkin aman jika diminum dalam dosis 50 mg hingga 450 mg setiap hari selama satu tahun, dan ketika diaplikasikan pada kulit sebagai krim hingga 7 hari atau sebagai bubuk hingga 6 minggu

Efek samping yang ditimbulkan dapat berupa pusing, masalah perut, sakit kepala, sariawan, iritasi kulit, dan bau mulut. Jika Anda khawatir dengan efek samping dari penggunaan maritim pine, silakan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Maritime Pine

  • Dosis untuk orang dewasa
  • Asma: 1 mg ekstrak maritime pine per pon berat badan, maksimal 200 mg / hari, dan diberikan sehari 2 kali selama 1 bulan.
  • Masalah sirkulasi: 45-360 mg ekstrak maritime pine diminum setiap hari 3 kali sehari  selama 3-12 minggu.
  • Meningkatkan performa atletik: 100-200 mg ekstrak maritime pine digunakan setiap hari selama 1-2 bulan.
  • Meningkatkan fungsi mental: 100-150 mg ekstrak maritime pine digunakan setiap hari selama 3-12 bulan.
  • Penyakit retina di mata: 50 mg ekstrak maritime pine digunakan 3 kali sehari selama 2 bulan.
  • Alergi: 50 mg ekstrak maritime pine digunakan 2 kali sehari mulai 5 minggu sebelum musim alergi.
  • Dosis untuk anak-anak
  • Asma : Untuk anak-anak dan remaja usia 6-18 tahun dengan 1 mg ekstrak maritime pine per pon dari berat tubuh, diminum sehari 2 kali  selama 3 bulan.

Interaksi Maritime Pine

Sebaiknya Anda berhati-hati dengan kombinasi ini:

Mengonsumsi maritime pine bersamaan dengan obat-obatan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dapat mengurangi efektivitas obat tersebut. 

Beberapa obat yang menurunkan sistem kekebalan yaitu azathioprine (Imuran), basiliximab (Simulect), cyclosporine (Neoral, Sandimmune), daclizumab (Zenapax), muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3), mycophenolate (CellCept), tacrolimus (FK506, Prograf), sirolimus (Rapamune), prednison (Deltasone, Orasone), kortikosteroid (glukokosteroid) (kortikosteroid).

Perhatian

  • Sebaiknya Anda menghindari penggunaan maritime pine selama kehamilan dan menyusui.
  • Maritime pine dengan dosis tinggi dapat menurunkan gula darah terlalu banyak pada penderita diabetes. Sebaiknya Anda berhati-hati jika sedang mengonsumsi obat diabetes.
  • Mengonsumsi maritime pine dapat memperburuk fungsi hati pada penderita hepatitis.
  • Hentikan penggunaan maritime pine maksimal 2 minggu sebelum operasi dilakukan, karena maritime pine dapat memperlambat pembekuan darah dan mengurangi gula darah.
  • Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika berencana menggunakan herbal ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp