HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Manfaat Rutin Jalan Kaki Setelah Makan

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Rutin Jalan Kaki Setelah Makan

Ketika anda merasa sudah kenyang setelah makan, biasanya banyak dari kita yang suka diam sambil duduk daripada untuk berjalan atau bergerak. Ada lagi yang langsung kerja setelah makan siang, atau bahkan langsung tidur setelah makan malam. Apabila kebiasaan itu sering anda lakukan maka anda termasuk bagian dari orang yang rugi.

Ada baiknya daripada anda diam setelah makan, gunakan waktu anda untuk berjalan kaki walau sebentar. Ternyata menyimpan banyak manfaat ketika anda melakukan jalan kaki setelah makan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Terdapat penelitian yang yang menyampaikan bahwa dengan jalan kaki anda bisa menurunkan resiko diabetes. Mereka akan memiliki gula darah yang lebih rendah ketika melakukan aktivitas jalan kaki setelah makan.

Sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia akan mengubah makanan menjadi glukosa yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Sehingga setelah anda makan, glukosa ini akan menyebar ke seluruh aliran darah. Sehingga otot-otot yang anda gunakan untuk berjalan ini menggunakan glukosa sebagai energi.

Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

Para ahli telah menyampaikan bahwa aktivitas jalan kaki setelah makan mampu menurunkan kandungan gula darah 12% - 22 %. Apabila anda merupakan seseorang yang menderita diabetes, dengan menerapkan kebiasaan jalan kaki setelah makan secara rutin maka diabetes dapat dicegah secara otomatis.

Glukosa yang dihasilkan setelah makan dipercaya mampu mengelola diabetes tipe 2. Maka dari itu sangat penting untuk anda membiasakan bergerak setelah makan agar penyakit diabetes dapat diatasi. Kali ini akan dijelaskan beberapa manfaat melakukan aktivitas jalan kaki setelah makan. Berikut ini ulasannya:

Sistem pencernaan

Apabila anda rutin melakukan jalan kaki selama kurang lebih 15 menit maka hal ini mampu membantu anda dalam meningkatkan pencernaan dan mampu mencegah adanya gangguan pencernaan.

Membakar kalori

Ketika anda berjalan 15 menit setelah makan ternyata mampu membantu tubuh membakar kalori. Hal ini bertujuan agar makanan yang anda makan tidak semuanya menjadi lemak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Tidur akan lebih nyenyak

Ketika anda mengalami sudah tidur, maka anda bisa mencoba setelah selesai makan anda melakukan jalan kaki. Berjalan kaki ini mampu menyehatkan sistem pencernaan dan membuat anda akan tidur nyenyak di malam hari.

Kadar gula darah rendah

Apabila anda merupakan orang yang menderita diabetes dan memiliki kadar gula yang tinggi. Alangkah baiknya ketika anda selesai makan melakukan jalan kaki. Ini sangat membantu anda menjaga kadar gula di dalam tubuh.

Sistem metabolisme

Ketika anda rutin melakukan jalan kaki setelah makan maka dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Apabila anda ingin menerapkan hidup sehat maka cara yang paling baik dan sederhana adalah jalan kaki setelah makan.

Cara yang Benar Jalan Kaki Setelah Makan

Aktivitas jalan kaki setelah makan ini bukan langsung jalan kaki setelah selesai makan, namun memberi waktu beberapa menit untuk tubuh istirahat sekitar 10-15 menit. Kemudian barulah anda mulai melakukan aktivitas jalan kaki selama kurang lebih 15 menitan.

Perlu anda perhatikan, anda tidak dianjurkan untuk berlari setelah makan besar. Bisa jadi membuat suplai darah yang fungsi awalnya untuk membantu proses pencernaan malah beralih fungsi untuk proses jalan cepat. Hal ini juga berdampak pada kerja jantung yang harus bekerja dua kali lebih besar.

Beda lagi bagi penderita diabetes, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai jalan kaki. Anda akan dianjurkan jalan kaki setelah 1 sampai 2 jam setelah makan. 

Hal ini bertujuan untuk menunggu kadar gula dan insulinnya menurun tetap. Mengingat ketika anda langsung berjalan dapat merusak kinerja insulin dalam mengatur kadar gula dalam tubuh. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The many, many benefits of walking after eating. Well+Good. (https://www.wellandgood.com/good-sweat/walking-after-eating/)
A Short Walk After Meals Is All It Takes to Lower Blood Sugar. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/aging-walking-after-meals-to-control-blood-sugar-spikes-061213)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app