Kebiasaan Sehat

Jeda Waktu Ideal Untuk Tidur Sesudah Makan

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Jeda Waktu Ideal Untuk Tidur Sesudah Makan

Tidak bisa dipungkiri setelah makan biasanya akan timbul rasa ngantuk yang luar biasa. Banyak orang yang akhirnya tergoda untuk tidur setelah makan karena tidak kuasa menahan rasa ngantuk yang luar biasa. 

Namun ternyata kebiasaan tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit berbahaya. Lalu jika rasa ngantuk sudah muncul, maka berapa jeda waktu ideal untuk Anda menunggu bila akan tidur sesudah makan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Dampak Bagi Tubuh Jika Tidur Langsung Setelah Makan

Bila Anda langsung tidur setelah makan maka bisa menimbulkan masalah perut kembung serta rasa pering sehingga membuat Anda justru sulit tidur nyenyak. Sebab selama tidur, katup lambung terbuka dan membuat cairan asam lambung mudah naik ke tenggorokan  sehingga menyebabkan heartburn atau rasa terbakar di perut bagian atas hingga ke tenggorokan. 

Heartburn selama tidur sesudah makan biasanya lebih rentan dialami oleh orang-orang yang sebelumnya telah bermasalah dengan lambung misalnya maag dan GERD.

Tidak hanya bisa memicu heartburn saja, tidur sesudah makan bisa meningkatkan risiko sleep apnea serta stroke. Hal tersebut sudah pernah disampaikan oleh tim peneliti dari University of Ioannina Medical School di Yunani. 

Berdasarkan teori yang disampaikan oleh tim peneliti tersebut diketahui bahwa makan terlalu mepet dengan waktu tidur bisa meningkatkan risiko kenaikan asam lambung ke tenggorokan, kadar kolesterol, gula darah hingga tekanan darah yang memicu meningkatkan risiko stroke dan sleep apnea.

Jeda Waktu Paling Ideal Tidur Sesudah Makan

Mungkin selama ini banyak masyarakat yang belum tahu atau bahkan mengabaikan kebiasaan tidur sesudah makan. Padahal akan ada banyak bahaya penyakit yang mengintai. 

Untuk itulah sebaiknya Anda perlu memperhatikan waktu tidur sesudah makan.Agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan yang sudah disampaikan di atas maka sebaiknya Anda tidur setelah makan dengan jeda dua hingga tiga jam sejak selesai makan terakhir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Jeda waktu tersebut sangat ideal untuk memberikan kesempatan makanan supaya bisa diproses dengan benar sampai di tempat tujuan terakhir. Dengan begitu maka lambung anda tidak harus bekerja keras selama semalaman untuk memproses makanan yang sudah anda makan. 

Bila anda terlanjur merasa ngantuk maka silakan lakukan beberapa aktivitas ringan sambil menunggu jeda waktu yang ideal untuk tidur sesudah makan.

Jangan Lupa Memilih Makanan Sebelum Tidur

Berdasarkan penjelasan di atas memang Anda sangat disarankan untuk memberikan jeda waktu setelah makan untuk tidur. Namun bukan berarti membuat Anda harus tidur sambil menahan rasa lapar. Bila Anda merasa lapar saat malam hari maka sebaiknya Anda tahu jenis makanan yang boleh serta tidak boleh dimakan sebelum tidur.

Jenis makanan yang baik anda konsumsi sebelum tidur sebetulnya merupakan jenis makanan yang tidak begitu berat misalnya pisang atau segelas susu hangat. Dengan minum segelas susu hangat sebelum tidur maka bisa membantu Anda merasa lebih rileks serta membuat kualitas tidur menjadi semakin optimal. 

Selain itu Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan segar sebagai pengganjal perut bila Anda merasa lapar saat malam hari.

Selain mengetahui jenis makanan yang baik dikonsumsi, anda juga perlu mengetahui jenis makanan yang sebaiknya tidak dimakan sebelum tidur. Adapun jenis makanan tersebut yaitu makanan dengan kandungan gula tinggi serta stimulan misalnya kafein

Sebab jenis makanan tersebut bisa membuat anda semakin susah tidur. Tidak hanya itu, hindari juga jenis makanan dengan kandungan lemak tinggi dan pedas. Tujuannya agar anda tidak merasa mulas selama tidur. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Five ways to get a good night's sleep. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319371.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app