Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan

Update terakhir: OCT 21, 2019 Tinjau pada OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 588.756 orang

Berjalan kaki merupakan olahraga murah dan paling mudah. Berjalan kaki rutin setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. 

Sayangnya, banyak orang yang mengaku malas untuk berjalan kaki. Padahal, berjalan kaki rutin sebenarnya menyimpan beragam manfaat yang tidak bisa Anda dapatkan jika hanya duduk diam seharian. 

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari berjalan kaki serta tips untuk membiasakan diri berjalan kaki.

Manfaat rutin berjalan kaki

Menurut pakar kesehatan, durasi optimal untuk mendapatkan beragam manfaat dari berjalan kaki adalah dengan berjalan kaki minimal selama 30 menit setiap harinya. Hal ini dikarenakan dalam berjalan kaki tersimpan berbagai manfaat seperti:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rentan terkena penyakit bisa jadi merupakan akibat dari tubuh yang kurang melakukan olahraga. Dengan berolahraga rutin sekurang-kurangnya 30 menit setia hari, dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga dapat mempertahankan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Menurunkan tingkat stress

Tahukah Anda ternyata berjalan kaki memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan tingkat stress pada seseorang? Hal ini disebabkan ketika berjalan kaki, maka hormone endorphin yang berfungsi untuk merilekskan tubuh serta mengurangi cemas akan dilepaskan. 

Sehingga rutin berjalan kaki dapat membuat Anda tetap berpikir positif setiap harinya. Berjalan kaki juga dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Menjaga berat badan ideal

Bagi Anda yang malas berolahraga berat namun ingin berat badan ideal, sebaiknya cobalah untuk membiasakan diri berjalan kaki setiap hari. Berjalan cepat selama 30 menit diketahui membantu membakar 150 kalori setiap harinya. Ketika Anda lebih cepat berjalan, semakin banyak kalori yang dibakar dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Baik untuk jantung

Berjalan kaki dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ketika seseorang berjalan kaki, maka denyut jantung akan meningkat sehingga sirkulasi darah dalam tubuh juga akan meningkat. Hal ini dapat membuat jantung menjadi lebih kuat.

Menurunkan tingkat kolesterol jahat

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, berjalan kaki rutin 30 menit setiap hari juga sangat baik untuk membantu Anda dalam menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. 

Selain itu, jalan kaki juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta gula darah sehingga mencegah diabetes. Menurut penelitian, berjalan kaki 30 menit setiap hari membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persennya.

Tips agar terbiasa berjalan kaki setiap hari

Jumlah langkah kaki minimal yang harus dijalani setiap hari agar tubuh tetap sehat adalah sebanyak 7500 langkah kaki. Dengan melakukan minimal 7500 langkah kaki, dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar serta sehat. Lantas bagaimanakah agar terbiasa berjalan kaki setiap hari? Berikut tipsnya:

Gunakan tangga ketimbang lift

Untuk menyiasati olahraga di sela-sela pekerjaan yang sibuk, Anda dapat memilih untuk menggunakan tangga di kantor ketimbang menaiki lift. Apabila ruangan Anda terletak di lantai yang tinggi, Anda dapat menyiasatinya dengan mengambil lift untuk beberapa lantai kemudian dilanjutkan dengan menaiki tangga.

Berjalan kaki ketika makan siang

Cobalah cari tempat makan yang sedikit jauh letaknya dari kantor ketika makan siang. Dengan melakukan hal ini secara rutin, maka target 7500 langkah setiap hari dapat terpenuhi.

Parkir kendaraan di tempat yang jauh

Anda tidak perlu meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan berjalan kaki ke kantor apabila letak kantor Anda memang sangat jauh. Sebaliknya, Anda tetap menggunakan kendaraan pribadi namun memarkirkannya sedikit jauh agar Anda tetap dapat berjalan kaki rutin setiap hari. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit