GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Jalan Kaki Sebagai Pilihan Olahraga, Kenapa Tidak?

Dipublish tanggal: Feb 7, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 18, 2020 Waktu baca: 2 menit
Jalan Kaki Sebagai Pilihan Olahraga, Kenapa Tidak?

Berjalan kaki adalah satu satu aktivitas fisik yang sering dilakukan oleh banyak orang sehari-hari. Tapi tanpa disadari, dengan berjalan kaki juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Tetapi aktivitas jalan kaki yang bedampak positif pada kebugaran tubuh juga memerlukan metode yang tepat, salah satunya power walk atau jalan cepat.

Apa itu power walk?

Power walk adalah salah satu teknik olahraga ringan yang memberikan fokus pada kecepatan dan gerakan tangan pada saat berjalan kaki atau dikenal dengan jalan cepat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Jika dilakukan dengan benar dan rutin, power walk akan memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, kesehatan sendi, dan juga kesehatan mental serta menghindari cedera. Pastikan pula untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai berjalan kaki.

Beberapa panduan yang perlu diperhatikan ketika melakukan power walk adalah:

  • Perhatikan postur tubuh

Postur tubuh yang benar akan berpengaruh pada kesehatan tulang dan otot. Perhatikan kepala dan tulang belakang berada pada posisi tegak, tidak membungkuk dan arahkan posisi mata tetap ke depan. Jika terasa ada ketegangan pada bahu dan leher, rileks dan lepaskan. Postur tubuh yang benar akan membantu mempertahankan kecepatan dan melindungi tubuh dari risiko cedera.

  • Ayunkan lengan dengan perlahan

Dengan tangan yang ditekut dan membentuk sudut 90 derajat (siku-siku), gerakkan lengan ke atas dan belakang sehingga lengan dan kaki bergerak berlawanan. Jika kaki kanan yang melangkah ke depan, maka lengan kiri yang ikut bergerak ke depan, begitupun sebaliknya. Menambah gerakan lengan akan ikut membantu Anda berjalan lebih cepat.

  • Langkahkan kaki dengan benar

Setiap langkah kaki ketika berjalan pun penting diperhatikan, begitupun dengan tumit yang menjadi tumpuan pendaratan. Jangan melangkah terlalu lebar, sesuaikan dengan postur tubuh agar terhindar dari cedera. Melangkah lebih banyak dipercaya dapat memberikan hasil positif dalam mengontrol kadar insulin, massa tubuh, dan lingkar pinggang.

Manfaat jalan kaki cepat (power walk)

Salah satu manfaat jalan cepat atau power walk adalah menjaga berat badan ideal dengan membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan jalan kaki biasa, sehingga bisa diterapkan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Menurut hasil penelitian, power walking juga dapat membantu mencegah kecacatan pada penderita masalah sendi serta menurunkan risiko patah tulang pinggul pada wanita yang mengalami pramenopause. Selain itu, manfaat jalan kaki lainnya adalah meningkatkan fungsi otak, termasuk kemampuan berpikir serta mempertajam memori dan daya ingat.

Selain itu, manfaat jalan kaki yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika berjalan sambil mengayunkan lengan, tubuh membutuhkan langkah lebih cepat sehingga mempercepat denyut jantung. Kebiasaan ini yang membuat otot dan daya tahan kardiovaskular menjadi lebih kuat.

Power walking (jalan kaki dengan cepat) sendiri tak hanya bermanfaat bagi kebugaran dan kekuatan fisik, tetapi juga diklaim dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes.

Tips lain untuk mendapatkan manfaat jalan kaki

Tips lain yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaat jalan kaki bagi kesehatan, antara lain:

  • Tentukan tujuan olahraga, durasi waktu, dan tempat olahraga
  • Awali dengan pemanasan sekitar 10 menit
  • Gunakan sepatu olahraga yang nyaman dan ringan
  • Melangkah perlahan, tak perlu terburu-buru
  • Lakukan pendinginan dengan berjalan lambat
  • Istirahat sejenak jika merasa kelelahan atau lemas
  • Siapkan botol air minum untuk mencegah dehidrasi
  • Kombinasikan dengan latihan lain, seperti push up, jumping jacks

Dengan berjalan kaki, Anda tidak memerlukan beragam alat olahraga, Anda pun dapat melakukannya di manapun dan kapanpun. Penelitian juga menunjukkan jumlah langkah kaki yang disarankan setiap harinya berkisar 10.000 langkah. Maka dari itu, mulai kebiasaan sehat ini demi kesehatan yang lebih baik.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Livestrong. Level Up Your Low-Impact Workouts With Power Walking. (https://www.livestrong.com/article/505074-how-to-do-power-walking/). 19 November 2019
Verywellfit. How to Walk Faster for Better Workouts. (https://www.verywellfit.com/how-to-walk-faster-3432918). 24 Juni 2019

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app