HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

5 Alasan Mengapa Anda Harus Rutin Jalan Kaki

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Alasan Mengapa Anda Harus Rutin Jalan Kaki

Anda pasti sudah tahu bahwa jalan kaki dapat membantu menurunkan berat badan. Satu jam berjalan mampu membakar sekitar 400 kalori dari dalam tubuh. Menurut Sharon Richter, R.D., seorang pakar diet di New York City, jalan kaki memberikan efek baik bagi suasana hati dan emosi, 2 hal yang sangat mempengaruhi nafsu makan. Selain itu, jalan kaki juga memiliki manfaat lain di bidang kesehatan yaitu:

1. Mencegah Nafsu Makan Berlebihan

Richter mengatakan bahwa layaknya jenis olahraga lainnya, jalan kaki juga dapat meningkatkan level hormon endorfin yang membuat perasaan kita senang dan nyaman. Efek ini dapat mengatasi keinginan makan makanan manis atau karbohidrat yang biasa terjadi pada orang yang sedang stres.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

2. Membantu Anda Tidur Nyenyak

Kurang tidur adalah pendorong utama kenaikan berat badan. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menekan produksi hormon leptin yang mengontrol rasa kenyang dan menaikkan kadar hormon ghrelin (hormon pemicu nafsu makan) di dalam tubuh. Jadi tak heran jika sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa orang yang tidur selama 5 jam atau kurang, 15% cenderung lebih gemuk daripada mereka yang tidur setidaknya 7 jam sehari. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jadwalkan olahraga jalan kaki Anda di pagi hari. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal SLEEP menyatakan bahwa orang yang rutin berolahraga di pagi hari akan tidur lebih cepat dan lebih nyenyak pada malam hari.

3. Menyehatkan Pikiran

Richter juga mengungkapkan bahwa ketika berjalan kaki berarti Anda telah melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh Anda. Anda akan termotivasi untuk mempertahankan pola hidup sehat ketika memilih makanan. Selain itu, berjalan kaki juga akan memberikan perasaan puas karena sudah membakar banyak kalori dibandingkan latihan di dalam ruangan.

4. Mencegah Keinginan Ngemil Sebelum Tidur

Banyak orang dapat menerapkan pola makan sehat sepanjang hari namun terjebak oleh keinginan ngemil sebelum tidur. Berjalan kaki dapat mencegah keinginan ini. Penelitian dari Brigham Young University di Provo, Utah, menemukan bahwa orang yang berhenti makan setelah pukul 7 malam, mempu menurunkan berat badan 2.5 kg lebih banyak dibanding mereka yang masih makan setelah waktu tersebut. Berjalan kaki dapat membantu menyalakan sinyal tubuh yang menyatakan bahwa waktu makan sudah lewat. Berjalan kaki juga dapat membuat Anda menjauhi kegiatan bersantai di sofa untuk mengudap makanan manis atau jenis snack lainnya.

5. Mengurangi Kadar Stres

Apakah Anda tipe orang yang terdorong untuk makan lebih banyak saat sedang stres? Jika ya, artinya Anda harus rutin berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari. Sebuah studi di Swedia menemukan bahwa pekerja yang menggunakan 30 menit waktu istirahatnya untuk berjalan kaki, mengaku merasa lebih bahagia dan berenergi sepanjang hari dibanding dengan mereka yang menghabiskan waktu istirahatnya hanya untuk makan siang dan duduk santai. Tak punya waktu selama 30 menit? Tidak apa-apa, berjalanlah selama 15 menit dan itu akan memberikan manfaat kesehatan yang nyata bagi Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Walking for weight loss: 8 tips to burn fat. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325809.php)
10 Benefits of Walking, Plus Safety Tips and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/benefits-of-walking)
Walking Workouts: Benefits, Intensity, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/walking-workouts)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app