Kebiasaan Sehat

16 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Yang Terbukti Ilmiah

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Apr 1, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
16 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Yang Terbukti Ilmiah

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan kulit dan wajah. Oleh karena itu, kalau Anda memiliki dana lebih tak ada salahnya menginvestasikan sedikit dana tersebut untuk membeli minyak zaitun (olive oil) untuk dikonsumsi.

Minyak zaitun umumnya diambil dari buah pohon zaitun. 1 sendok makan minyak zaitun mengandung 120 kalori, 14 gram lemak (9,8 gram merupakan lemak tak jenuh), 1 mg vitamin K, serta 9 mg vitamin E. Minyak yang bebas kandungan gula, karbohidrat dan protein ini juga tinggi kandungan vitamin A-nya. Zat-zat ini yang membuat minyak zaitun banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Baca juga: 15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Salah satu komponen yang paling berguna di dalam minyak zaitun adalah asam oleat. Asam ini mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Lebih lengkap soal manfaat minyak zaitun bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa studi mendapati pola makan yang melibatkan lemak tak jenuh mampu menurunkan kadar LDL (kolestrol jahat) serta trigliserida, dan menaikkan kadar HDL (kolesterol baik). Hasil ini jauh lebih baik dibandingkan diet rendah lemak atau tinggi karbohidrat. Semua ini berkat antioksidan polifenol yang bersifat anti radang dan baik untuk kesehatan kardiovaskuler. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cardiovascular Pharmacology, infeksi kronis yang biasanya membahayakan kesehatan arteri dan jantung pun bisa dihindari karena minyak zaitun membantu memutarbalikkan efek peradangan tersebut.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Riset serupa menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan hipertensi, karena minyak ini membuat nitrit oksida lebih aktif sehingga kapasitas pembuluh darah jadi lebih luas dan bersih.

3. Mencegah Infeksi

Banyak faktor yang bisa memicu imun seseorang melawan tubuhnya sendiri, contohnya seperti kurang gizi dan stres. Apabila tidak segera diatasi maka tubuh akan mengalami infeksi yang berujung pada munculnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, hal ini dapat dicegah dengan konsumsi rutin minyak zaitun yang memiliki khasiat anti radang.

4. Mencegah dan Mengatasi Kanker

Menurut riset tahun 2004 yang dipublikasikan dalam European Journal of Cancer Prevention, baik zaitun maupun minyaknya, mengandung kadar antioksidan yang tinggi seperti acteoside, hydroxytyrosol, tyrosol, serta asam fenil propionat. Selain itu, zaitun juga mengandung substansi anti-kanker seperti squalene, lignan, terpenoid, dan asam oleat. Kandungan tersebut menjadi alasan mengapa khasiat minyak zaitun dapat membunuh sel kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

5. Mencegah Obesitas

Mengonsumsi banyak lemak sehat merupakan salah satu kunci utama dalam mengontrol insulin berlebih. Hal ini karena lemak sehat bersifat mengenyangkan sehingga tidak membuat perut mudah lapar. Inilah salah satu alasan mengapa diet rendah lemak jarang berhasil.

Setelah melakukan 5 percobaan yang melibatkan 447 partisipan, para ahli dari Universitas Hospital Basel (Switzerland) mendapati mereka yang menerapkan diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat mengalami penurunan berat badan lebih banyak ketimbang pelaku diet rendah lemak.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Women’s Health Journal menemukan diet yang melibatkan minyak zaitun selama 8 minggu mampu menurunkan berat badan lebih banyak ketimbang diet rendah lemak.

6. Menyehatkan Otak

Sebagian besar otak tersusun dari asam lemak. Oleh karenanya, minyak zaitun bisa dijadikan makanan otak yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat dalam membantu mencegah melemahnya kemampuan kognitif yang biasanya dipicu oleh stres oksidasi maupun ADDL (jenis protein beracun yang menjadi penyebab demensia atau Alzheimer).

7. Mengatasi Gangguan Mood dan Depresi

Lemak sehat, termasuk minyak zaitun, mampu menyeimbangkan kadar hormon sehingga mencegah disfungsi transmiter saraf. Hal ini bertolak belakang dengan diet rendah lemak yang justru seringkali menimbulkan depresi dan kegelisahan. Gangguan mood atau kognitif bisa menjadi pertanda bahwa otak tidak mendapatkan asupan ‘hormon bahagia’ yang cukup seperti serotonin atau dopamin.

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Las Palmas (Spanyol), didapati bahwa konsumsi lemak baik jenuh maupun tak jenuh mampu mencegah gangguan mood dan merawat depresi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

8. Menyehatkan Kulit

Diet tinggi minyak zaitun juga dapat menjauhkan kulit dari berbagai efek berbahaya. Tak hanya itu, konsumsi minyak tinggi vitamin E ini juga dapat menghidrasi kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, melawan infeksi, dan ketidakseimbangan hormon yang berimbas pada munculnya gangguan kulit seperti jerawat dan eksim. Maka tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun untuk kecantikan.

9. Mencegah dan Merawat Diabetes

Asam lemak mempengaruhi metabolisme glukosa dengan cara mengubah fungsi membran sel dan aktivitas enzim. Berbagai bukti ilmiah menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun mampu mencegah risiko diabetes tipe 2. Karena saat karbohidrat meningkatkan gula darah, lemak justru membantu menstabilkannya dan meregulasi insulin. Bahkan saat Anda mengonsumsi makanan tinggi gula, menambahkan minyak zaitun bisa memperlambat dampak kenaikan kadar gula pada aliran darah.

10. Membantu Menyeimbangkan Kadar Hormon

Saat kadar hormon seimbang, maka Anda dapat meminimalisir gangguan kesehatan akibat haid, infertilitas, atau menopause. Hal ini karena minyak zaitun menyuplai lemak esensial yang dapat meregulasi kelenjar tiroid, adrenal, dan pituitari. Semua kelenjar ini bekerjasama dalam memproduksi dan menyeimbangkan hormon seksual.

11. Mencegah Stroke

Menurut penelitian yang diadakan di Perancis, para lansia yang mengonsumsi minyak zaitun setiap hari memiliki risiko terkena stroke lebih kecil. 

12. Mencegah Osteoporosis

Berkurangnya massa tulang membuatnya menjadi lebih rapuh, namun ternyata minyak zaitun mampu mencegah osteoporosis sejak dini.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Jika dikombinasikan dengan bahan lain seperti madu dan kuning telur, minyak zaitun bisa menjadi masker yang menyehatkan rambut. Anda tinggal mencampurkan ½ cangkir minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu madu dan sebutir kuning telur. Aplikasikan masker ke rambut, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat sebelum mengaplikasikan kondisioner.

14. Meningkatkan Kesehatan Kuku

Kuku kerap menjadi cerminan seberapa sehat seseorang. Untuk meningkatkan kesehatannya, Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke kuku, diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

15. Mengatasi Konstipasi

Konsistensi dan tekstur minyak zaitun dapat membantu merangsang sistem pencernaan sehingga makanan bisa berjalan mulus melewati usus besar.

16. Membantu Mengeluarkan Batu Ginjal

Tak hanya meredakan sembelit, konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat menghancurkan batu ginjal. Didihkan 1 liter air, tambahkan 29 ml perasan lemon dan 29 ml minyak zaitun ke dalamnya, aduk rata lalu simpan dalam lemari es. Konsumsilah secara teratur hingga batu ginjal berhasil dikeluarkan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 Health Benefits of Extra Virgin Olive Oil That You Can’t Ignore. Olive Wellness Institute. (https://olivewellnessinstitute.org/article/11-health-benefits-of-extra-virgin-olive-oil-that-you-cant-ignore/)
Are olives good for you?. BBC Good Food. (https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/are-olives-good-you)
Olive oil: Health benefits, nutritional information. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/266258.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app