Manfaat Melakukan Olahraga Perut Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Melakukan Olahraga Perut Bagi Kesehatan Tubuh

Perut menjadi salah satu bagian penting di dalam tubuh manusia, terletak sebagai bagian tengah dari struktur anggota badan. Dengan demikian perut menjadi pusat tengah yang memiliki fungsi vital bagi keseimbangan setiap orang.

Olahraga perut dapat dipilih sebagai salah satu alternatif supaya dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan terkesan ramping. Apalagi saat ini fenomena perut ramping tengah menjadi tren tersendiri, baik bagi kalangan muda sampai usia lanjut. Sehingga rela melakukan berbagai cara supaya mendapatkan tubuh yang sesuai dengan keinginan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Vitamin & Suplemen via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 13

Akan tetapi dibutuhkan latihan yang konsisten supaya olahraga perut yang anda lakukan dapat membuahkan hasil. Apabila anda masih memiliki berat badan yang belum ideal, maka  anda harus rajin menurunkan berat badan setidaknya 0,25 kg sampai dengan 1 kg per minggu.

Mengenal Lapisan-Lapisan Perut

Otot yang terkandung di dalam perut memiliki tiga lapisan yakni transversus abdominis, rektus abdominis dan obliques internal juga eksternal. Berikut pemaparan singkatnya, antara lain:

  • Transversus abdominis sebagai lapisan otot perut yang berfungsi menahan bentuk perut yang alami. Berperan dalam kegiatan bernafas dan ketika mengalami batuk.
  • Rektus abdominis sebagai lapisan otot perut yang mampu memberikan kelenturan di area tulang belakang manusia.
  • Obliques internal dan eksternal sebagai lapisan otot perut yang berfungsi memutar tubuh dan memberikan gerakan menyamping.

Olahraga Perut Bisa Membentuk Perut Ideal

Pada pembentukan otot perut menjadi ideal, maka fokus utama terjadi pada lapisan rektus abdominis dan transverses abdominis. Inilah beberapa olahraga yang bisa membantu anda memiliki bentuk perut impian.

Pilates

Olahraga pilates yang berfokus pada otot perut anda. Dilakukan secara tenang dan teratur namun memiliki hasil yang memuaskan. Selain itu anda akan memiliki risiko cedera yang lebih rendah pada bagian perut.

Supaya anda lebih mahir dalam melakukan pilates maka dibutuhkan latihan pernafasan. Sehingga dapat melakukan setiap sesi latihan pilates dengan baik dan maksimal.

Plank Pose

Latihan olahraga perut selanjutnya adalah plank pose, dimana salah satu sesi termudah adalah dengan melakukan posisi tengkurap. Akan tetapi tubuh ditopang oleh kaki yang dilipat kemudian tangan yang bertumpu pada lengan sehingga membentuk posisi plank.

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

Tinju

Rekomendasi olahraga perut selanjutnya adalah tinju. Sehingga anda tidak hanya melatih otot bagian perut saja, namun membentuk tubuh secara keseluruhan. Pastikan untuk menggunakan pengaman selama melakukan latihan. Hal tersebut perlu diperhatikan supaya anda terhindar dari risiko cedera.

Manfaat Olahraga Perut

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa melatih otot perut dapat memiliki manfaat yang besar bagi keseimbangan tubuh. Sehingga tidak hanya bentuk perut yang ideal, namun juga manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda peroleh saat melakukan olahraga perut.

Tubuh Menjadi Lebih Stabil

Ketika anda sudah berhasil dengan latihan di bagian perut, maka anda akan memiliki otot pinggul, paha, kaki dan dada yang lebih stabil. Sehingga tubuh semakin mudah untuk digerakkan secara bebas.

Postur Tubuh Lebih Baik

Manfaat selanjutnya adalah tubuh memiliki postur yang lebih baik, sehingga berdampak pada kesehatan organ-organ dalam perut anda sendiri.

Tubuh Lebih Seimbang

Ketika anda terbiasa untuk melakukan latihan di bagian perut, maka dapat dipastikan bahwa risiko pegal dan nyeri dapat dihindari. Sehingga anda tidak perlu merasakan kaku dan sakit karena punggung yang nyeri.

Demikian penjelasan soal rekomendasi latihan dan manfaat melatih otot perut. Pastikan anda selalu menjaga asupan nutrisi tubuh  dan melakukan latihan yang intens.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The real-world benefits of strengthening your core. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/healthbeat/the-real-world-benefits-of-strengthening-your-core)
Exercise: Health benefits, types, and how it works. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/153390)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
5 Gerakan Paling Efektif Untuk Membentuk Paha Bagian Dalam
5 Gerakan Paling Efektif Untuk Membentuk Paha Bagian Dalam

Lakukan semua gerakan-gerakan berikut sebanyak 3 set. Anda dapat melakukan latihan paha ini sebanyak tiga atau empat kali dalam seminggu. Atau, Anda juga dapat memilih beberapa gerakan latihan paha favorit Anda dan menambahkannya ke dalam rutinitas harian untuk latihan ekstra penguatan tubuh bagian bawah.

Buka di app