Serangkaian Cara Senam Kegel untuk Wanita

Dipublish tanggal: Jun 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Serangkaian Cara Senam Kegel untuk Wanita

Perubahan otot vagina yang mengendur terkadang bisa penghalang kenikmatan bercinta dengan pasangan. Kendurnya otot vagina ini umum terjadi pada wanita yang sudah pernah melahirkan. 

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena masih ada cara alami untuk membuat vagina kembali mengencang dan hubungan seks jadi makin nikmat. Caranya adalah melakukan senam kegel.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Apa yang dimaksud dengan Senam Kegel?

Senam ini sangat bermanfaat mengatasi persoalan otot vagina yang mengendur. Senam kegel ini berupa latihan mengencangkan otot panggul bawah. Oleh karena itu, anggota tubuh lain tidak ikut bergerak.

Senam ini awalnya dikembangkan di tahun 1940-an oleh dr. Arnold Kegel, spesialis kandungan dari Amerika Serikat. Tujuan awalnya adalah mengatasi inkontinensia urin yang dialami wanita pasca melahirkan. 

Seiring perkembangannya, senam ini terbukti mengatasi beragam masalah terkait panggul serta organ intim apabila dipraktikkan secara rutin.

Apa sajakah manfaat melakukan Senam Kegel untuk wanita?

Setelah memahami apa itu senam kegel, Anda sudah sedikit membayangkan betapa besar manfaatnya bagi tubuh. Anda dapat melakukannya untuk mengatasi masalah pengenduran otot vagina dan masalah lainnya. Apa sajakah itu? Simak saja beberapa poin di bawah ini.

Merapatkan Vagina Sesudah Melahirkan

Kerapatan vagina bisa kembali seperti semula dengan senam kegel. Senam tersebut juga mampu mempercepat pemulihan usai melahirkan, terlebih pada wanita yang sudah pernah melakukan episiotomi (gunting vagina yang umum dilakukan saat melahirkan). Hal tersebut tidak jarang menyebabkan otot vagina mengendur.

Dengan melakukan senam kegel ini, sirkulasi darah ke area vagina akan lebih lancar. Darah bersih yang mengandung oksigen serta beragam nutrisi tersebut sangat diperlukan dalam regenerasi sel dan jaringan vagina. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Dengan demikian, sel dan jaringan vagina yang rusak karena episiotomi bisa diperbaiki atau mengencang kembali.

Mengatasi Wasir

Wasir juga termasuk salah satu persoalan serius yang tentu saja mengganggu aktivitas keseharian. Senam ataupun latihan kegel ini sangat membantu mengatasi wasir, terutama yang terjadi setelah melahirkan normal. Hal ini terjadi karena senam kegel mampu melancarkan peredaran darah ke vagina dan dubur.

Mengencangkan Vagina yang Kendur karena Faktor Usia

Senam kegel bermanfaat mengencangkan otot vagina yang mengendur, misalnya ketika wanita memasuki masa menopause. Manfaat tersebut dapat membantu merealisasikan performa seksual yang memuaskan.

Bagaimana cara melakukan Senam Kegel?

Senam kegel yang sangat bermanfaat untuk mengencangkan otot vagina yang mengendur merupakan ide bagus. Anda bisa mencobanya demi mengencangkan kembali otot vagina. 

Persoalan lain termasuk berkurangnya kerapatan vagina dan wasir juga bisa diatasi jika mengalaminya. Senam kegel bisa dilakukan sambil berbaring ataupun sambil duduk.

Jika Anda baru pertama kali melakukan senam otot panggul bawah atau kegel ini, maka lebih baik dilakukan sambil berbaring dengan posisi kedua lutut ditekuk. Posisi seperti ini sangat meminimalisasi gaya gravitasi untuk merelaksasi tubuh, sehingga latihan lebih mudah dilakukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Untuk menentukan letak otot dasar panggul, coba lakukan latihan mengencangkan otot di area vagina. Lakukan seolah Anda sedang menahan air kencing saat buang air kecil. Kontraksi otot itulah otot dasar panggulnya. Berikutnya, Anda baru bisa mengikuti langkah senamnya berikut ini.

  • Pertama, mengencangkan otot panggul bawah sekitar 3 sampai 5 detik saja.
  • Selama mengencangkan otot tersebut, janganlah menahan napas ataupun mengencangkan otot paha, perut, dan pantat.
  • Melemaskan kembali otot panggul bawah selama kurang lebih 3 detik.
  • Mengulangi latihan otot sampai 10 kali.
  • Agar hasilnya optimal, lakukan latihan ini sebanyak 3 kali sehari.

Usai terbiasa melaksanakan senam kegel, coba untuk menahan otot dasar panggul lebih lama. Mulai dengan menahannya selama 6 detik dan meningkat sampai nantinya bisa menahan selama 10 detik.

Menjaga kebersihan Organ Intim agar bercinta makin Menyenangkan

Sebenarnya, mengencangkan otot vagina yang mengendur tidak cukup hanya dengan melakukan senam kegel. Agar hubungan intim makin menyenangkan, Anda harus rajin menjaga serta merawat kebersihan vagina. Hal ini berlaku bagi Anda yang belum ataupun sudah pernah melahirkan.

Mulailah dengan rutin mengganti celana dalam, dari dua sampai tiga kali sehari. Gunakan juga produk kewanitaan yang mengandung povodine-iodine. Fungsinya adalah mencegah infeksi vagina, terutama saat menstruasi. Jangan lupa rajin mengganti pembalut saat haid, minimal 4-6 jam sekali.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Kegel exercises for men: Understand the benefits. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/mens-health/in-depth/kegel-exercises-for-men/art-20045074?pg=1)
Mayo Clinic Staff. (2017). Kegel exercises: A how-to guide for women. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/kegel-exercises/art-20045283)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app