Makanan dan Diet Sehat

Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Diet

Memang tidak ada makanan yang bisa menurunkan berat badan dengan instan, semua harus dikombinasikan dengan pola hidup sehat. Berikut ini adalah berbagai manfaat jeruk nipis terhadap program diet Anda.
Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Sep 17, 2020 Waktu baca: 3 menit
Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Diet

Dalam menurunkan berat badan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi berbagai bahan alami yang mudah didapatkan, seperti jeruk nipis. 

Siapa yang tidak mengetahui? Jeruk nipis memang populer digunakan oleh banyak orang untuk membantu menurunkan berat badan. Ingin tahu bagaimana jeruk nipis dapat menurunkan berat badan? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Fungsi jeruk nipis untuk program diet

Memang tidak ada makanan yang bisa menurunkan berat badan dengan instan, semua harus dikombinasikan dengan pola hidup sehat. Berikut ini adalah berbagai manfaat jeruk nipis terhadap program diet Anda.

1. Mengoptimalkan pembakaran lemak

Lemak di dalam tubuh Anda tidak serta merta hilang setelah Anda mengonsumsi jeruk nipis. Satu fakta yang harus Anda ketahui, sebenarnya tidak ada satu makan pun yang memiliki kemampuan untuk membakar lemak. Semua harus diikuti dengan olahraga berupa aktivitas fisik.

Jeruk nipis memiliki banyak kandungan vitamin C, asam sitrat, dan juga antioksidan. Penelitian membuktikan bahwa zat-zat tersebut bisa membakar lemak hingga 30% lebih banyak ketika Anda beraktivitas dan berolahraga.  

Kandungan dalam jeruk nipis juga dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh. Ketika Anda beraktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh Anda akan diubah lebih cepat menjadi sumber energi. Hal ini membantu mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh.

2. Dapat menunda rasa lapar

Jeruk nipis memiliki kandungan serat yang mumpuni. Sejumlah penelitian membuktikan jika pengkonsumsian sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama. 

Jenis serat pada jeruk nipis jeruk nipis berupa serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis serat dapat membuat Anda merasa kenyang tanpa asupan kalori yang berlebihan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

3. Melancarkan pencernaan

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan Anda secara alami karena kandungan zat flavonoid. Zat ini dapat meningkatkan produksi enzim dalam tubuh yang diperlukan untuk mengurai makanan.

Flavonoid membantu tubuh agar tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan, yang dapat mengakibatkan bertambah nya ukuran lingkar perut dan pinggang Anda.

Cara mengkonsumsi jeruk nipis untuk diet

Agar diet jeruk nipis benar-benar membawa hasil sesuai harapan, coba ikuti beberapa saran sederhana di bawah ini:

  • Banyaklah minum air setiap harinya.
  • Minumlah 1-2 gelas air jeruk nipis setiap hari.
  • Minumlah 250-500 ml air pada 15-30 menit sebelum makan.
  • Hindari minum apapun selama makan. Kalaupun memang harus minum, seruput sedikit saja air atau teh hangat.
  • Batasi konsumsi minuman manis seperti soda, jus, serta latte.
  • Semaksimal mungkin konsumsilah makanan segar yang berkualitas baik, yang mengandung protein tanpa lemak dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, salmon, dan sayuran berdaun hijau.
  • Hindari mengkonsumsi makanan kemasan atau hasil proses.
  • Meminimalisir konsumsi makanan yang sarat dengan zat tepung seperti roti, pasta, keripik, kue, muffin, dan lain sebagainya.
  • Kurangi juga makanan manis.
  • Rajinlah berolahraga minimal 15 menit setiap hari.

Penyajian jeruk nipis untuk diet

1. Gunakan air hangat

Air hangat dapat membantu meningkatkan kecepatan proses metabolisme dalam tubuh, selain itu juga lebih mudah dicerna oleh tubuh

2. Tak perlu menambahkan gula

Anda juga tak perlu menambahkan gula ke dalam air perasan jeruk nipis. Namun kalau memang belum terbiasa dengan rasanya, maka tambahkan gula sedikit saja atau Anda bisa mengurangi takaran gulanya sedikit demi sedikit sampai lidah Anda terbiasa dengan rasanya jika tidak terbiasa sebelumnya. 

3. Kombinasikan dengan jahe

Jahe membantu merangsang metabolisme tubuh dan membantu tubuh Anda membakar kalori menjadi lebih cepat. Anda juga bisa mengkombinasikan diet Anda dengan mencampur jeruk nipis dengan jahe. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Anda bisa membuatnya dengan cara memblender 2 inci jahe yang masih segar dengan segelas air, kemudian ampasnya disaring. Kemudian, Anda tambahkan satu buah jeruk nipis yang sudah diperas. 

4. Gunakan sebagai topping

Anda dapat menggunakan jeruk nipis sebagai topping atau bumbu makanan seperti memeras buahnya ke dalam kuah, salad, dan makanan lainnya selain diminum. 

Anda hanya perlu melakukan tips-tips di atas untuk menurunkan berat badan dalam waktu 1 minggu. 


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Poor Digestion & Weight Gain - Livestrong.com (https://www.livestrong.com/article/496197-poor-digestion-weight-gain/)
Citric Acid & Weight Loss - Healthfully (https://www.livestrong.com/article/299007-citric-acid-weight-loss/)
Does Drinking Lime Water Make You Lose Weight? - Livestrong.com (https://www.livestrong.com/article/299222-does-drinking-lime-water-make-you-lose-weight/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app