Infeksi Bakteri Apa Saja yang Bisa Diobati dengan Gentamicin?

Dipublish tanggal: Nov 5, 2020 Update terakhir: Nov 5, 2020 Waktu baca: 3 menit
Infeksi Bakteri Apa Saja yang Bisa Diobati dengan Gentamicin?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pada kasus infeksi bakteri yang cenderung berat dan atau sulit diatasi dengan antibiotik lini pertama, dokter mungkin akan memberikan antibiotik kelas aminoglikosida. Salah satu contoh antibiotik kelas aminoglikosida adalah gentamicin;
  • Gentamicin bekerja dengan memengaruhi produksi bakteri protein tertentu yang diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka. Obat ini dapat membunuh bakteri dan membersihkan infeksi yang terjadi;
  • Hal pertama yang perlu digarisbawahi adalah gentamicin hanya bisa dipakai untuk kondisi atau penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, bukan infeksi virus dan jamur;
  • Beberapa kondisi yang dapat diobati dengan gentamicin adalah impetigo, folikulitis, pioderma, infeksi kulit ringan yang berhubungan dengan beberapa kondisi kulit, blefaritis dan konjungtivitis akibat infeksi bakteri, otitis eksterna, meningitis bakterial, infeksi darah, perut, paru-paru, tulang, sendi, serta saluran kemih;
  • Klik untuk membeli obat-obatan yang mengandung gentamicin dan antibiotik lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Antibiotik terdiri atas beberapa kelas obat yang digunakan dokter untuk mengatasi infeksi bakteri. Pada kasus infeksi bakteri yang cenderung berat dan atau sulit diatasi dengan antibiotik lini pertama, dokter mungkin akan memberikan antibiotik kelas aminoglikosida. Salah satu contoh antibiotik kelas aminoglikosida adalah gentamicin.

Mengenal aminoglikosida

Aminoglikosida adalah kelas antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri berat. Obat ini menjadi pilihan jika bakteri yang menginfeksi tubuh pasien bereproduksi dengan cepat dan tidak bisa diatasi dengan obat-obatan lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Aminoglikosida diresepkan dokter untuk melawan infeksi yang disebabkan bakteri gram negatif. Namun, antibiotik dalam kelas ini juga dilaporkan efektif untuk beberapa bakteri gram positif, seperti Staphylococci. 

Aminoglikosida merupakan antibiotik bakterisidal. Artinya, antibiotik ini dapat membunuh bakteri secara langsung. Kelas antibiotik ini bekerja dengan mencegah bakteri untuk tidak menghasilkan protein yang dibutuhkan mikroba ini untuk bertahan hidup.

Selain diberikan secara intravena, aminoglikosida tersedia dalam bentuk oral, tetes telinga, maupun tetes mata. Pemberian antibiotik aminoglikosida biasanya dikombinasikan dengan antibiotik lain. 

Memahami gentamicin

Well, saatnya membahas gentamicin. Obat ini bekerja dengan memengaruhi produksi bakteri protein tertentu yang diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka. Obat ini dapat membunuh bakteri dan membersihkan infeksi yang terjadi. Kombinasi gentamicin dan antibiotik penisilin bahkan dapat dipakai mengobati endokarditis alias infeksi jantung.

Untuk menentukan apakah pasien bakal menggunakan gentamicin atau tidak, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan mendalam dengan mengambil contoh jaringan, baik lewat sampel darah, urine, maupun dahak. Tindakan ini bertujuan untuk memastikan bakteri yang menginfeksi pasien tersebut rentan terhadap gentamicin atau tidak.

Baca juga: Jenis-jenis Golongan Antibiotik dan Fungsinya

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Penyakit yang dapat diobati dengan gentamicin

Infeksi kulit

Gentamicin untuk mengobati infeksi kulit biasanya berbentuk salep. Namun, yang harus diingat, gentamicin hanya digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Artinya, obat ini tidak akan mempan untuk mengatasi infeksi virus dan jamur. Jangan lupa bahwa penggunaan antibiotik yang tidak perlu atau berlebihan dapat menurunkan efektivitasnya di kemudian hari.

Berangkat dari situ, infeksi kulit yang bisa diatasi dengan gentamicin adalah:

Infeksi mata dan telinga

Gentamicin juga digunakan dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang menyerang mata maupun telinga. Penyakit infeksi mata dan telinga yang bisa diobati dengan gentamicin adalah blefaritis serta konjungtivitis pada mata dan kulit di sekitar mata (seperti kelopak mata). Catatannya, gentamicin hanya bisa dipakai untuk blefaritis dan konjungtivitis akibat infeksi bakteri. Perlu digarisbawahi bahwa kedua kondisi tersebut tidak hanya disebabkan oleh bakteri. Karena itu, perlu pemeriksaan lebi

Blefaritis adalah peradangan (inflamasi) pada kelopak mata yang menyebabkan kelopak mata menjadi memerah dan bengkak. Penyakit kelopak mata ini bisa bersifat akut atau sementara, tetapi biasanya bersifat kronis yang cenderung lebih sulit untuk diobati bahkan kambuhan. Namun, blefaritis biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan dan tidak menular. 

Konjungtivitis adalah mata merah akibat peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam (konjungtiva mata). Selain mata merah, konjungtivitis dapat disertai dengan rasa gatal pada mata dan mata berair. Tak hanya untuk mengobati dua kondisi tersebut, gentamicin pun dipakai untuk mengantisipasi infeksi setelah cedera dan operasi mata.

Sementara, kasus infeksi telinga yang dapat diobati dengan gentamicin adalah otitis eksterna. Kondisi ini dapat didefenisikan sebagai radang liang telinga bagian luar yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan menyebabkan telinga terasa nyeri atau sakit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Saluran telinga luar merupakan bagian telinga yang terdiri dari gendang telinga sampai bagian luar telinga. otitis eksterna yang dapat diobati dengan gentamicin adalah yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa. Untuk pengobatan infeksi telinga, dokter mungkin saja akan meresepkan gentamicin yang juga mengandung hidrokortison.

Baca juga: Waspadai Penyakit Telinga Saat Berenang dan Menyelam

Meningitis

Penyakit meningitis merupakan suatu peradangan yang disebabkan oleh infeksi yang menyerang bagian otak bernama meninges. Meninges sendiri adalah lapisan yang ada di otak yang berfungsi sebagai pembatas antara otak dan tulang tengkorak. Meninges terdiri dari 3 lapisan utama mulai dari yang paling luar yaitu durameter, araknoid, dan pia meter di bagian paling dalam.

Penyakit meningitis akan memberikan tanda dan gejala yang khas karena adanya interaksi virus dan bakteri yang berkembang di lapisan otak. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki dan perempuan, dengan tingkat kerentanan penyakit terjadi pada anak usia di bawah 4 tahun.

Selain meningitis, gentamicin dipakai dalam pengobatan infeksi darah, perut, paru-paru, tulang, sendi, serta saluran kemih.

Baca juga: Mewaspadai Gejala Awal Meningitis Sejak Dini


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
E medicine health (2019). Gentamicin. (https://www.emedicinehealth.com/drug-gentamicin/article_em.htm)
Health Service Executive (2017). Medication Guidelines for Obstetrics and Gynaecology. Antimicrobial safety In Pregnancy and Lactation. (https://www.hse.ie/eng/services/publications/clinical-strategy-and-programmes/antimicrobial-safety-in-pregnancy-and-lactation.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app