Kebiasaan Sehat

Biasa Jadi Hiasan, Daun Mint Punya 3 Manfaat Lho. Sudah Tau?

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Biasa Jadi Hiasan, Daun Mint Punya 3 Manfaat Lho. Sudah Tau?

Tanaman mint merupakan tanaman herbal yang memilki banyak manfaat, Anda dapat dengan mudah menemukan olahan tanaman mint pada produk obat kumur, pasta gigi, minyak aromaterapi, permen hingga seduhan teh. 

Rasanya yang menyegarkan menjadikan tanaman berusia ratusan tahun tersebut banyak ditemukan dalam produk perawatan mulut, minyak olesan untuk kulit. Selain itu tanaman mint juga tergolong tanaman herbal yang aman untuk dikosumsi sehingga banyak digunakan untuk campuran makanan dan minuman. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Daun tanaman mint memiliki segudang manfaat, selain untuk kesehatan fisik, kecantikan, dan kesehatan mental. Kira-kira apa saja manfaat daun mint yang belum Anda ketahui?

Menurunkan berat badan

Daun mint dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak membahayakan. Daun mint dipercaya memiliki kemampuan untuk menstimulasi enzim pencernaan yang menyerap nutrisi dari makanan dan merubah lemak menjadi energi yang dapat digunakan dalam kegiatan harian. 

Jika Anda mengganti minuman bersoda atau minuman manis dengan seduhan tanaman mint, Anda akan mengalami penurunan berat badan karena kalori pada teh mint and kosong, jika diminum tanpa tambahan gula. 

Meringankan depresi dan kelelahan

Mint merupakan stimulan alami, aroma yang timbul dari daun mint sendiri sudah dapat membantu memulihkan kembali energi yang hilang. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menyatakan memasukkan olahan mint dalam makanan atau minuman harian Anda merupakan pilihan yang tepat. 

Jika Anda merasa tertekan, lesu, cemas, atau kehabisan tenaga maka segera oleskan minyak atau balsam mint pada kulit Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Cara lain yang juga dapat membantu adalah meminum teh mint sebelum tidur atau menyemprotkan beberapa tetes minyak mint yang telah dicampur dengan air ke bantal Anda. 

Mencium bau mint  ketika Anda tidur dapat membantu mengembalikan energi yang hilang dan melepaskan stress  setelah seharian  beraktifitas.

Meringankan gangguan pernapasan

Kandungan mentol dalam daun mint dapat meringankan hidung tersumbat. Selain itu mentol juga sangat efektif untuk membersihkan hidung, tenggorokan dan paru-paru dan memberikan rasa lega. 

Rasa dingin dari daun mint lah yang secara langsung dapat memberikan rasa lega. Selain itu mint juga dapat membantu meredakan iritasi yang menyebabkan batuk kronis

Baca juga: Manfaat Daun Mint dalam Kehidupan Sehari-hari 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mint: Benefits, nutrition, and dietary tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/275944.php)
8 Health Benefits of Mint. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/mint-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app