Manfaat Asam Lemak Omega 3 Terhadap Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Asam Lemak Omega 3 Terhadap Kesehatan Tubuh

Apakah Anda pernah merasakan atau mengonsumsi minyak ikan? Minyak ikan biasanya dihasilkan dari berbagai jenis ikan laut seperti ikan tuna, ikan makarel, ikan salmon, dan ikan sarden. 

Minyak ikan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Apa itu asam lemak omega-3?

Asam lemak omega 3 merupakan salah satu jenis asam lemak esensial yang sejatinya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Pada dasarnya asam lemak omega-3 dibagi menjadi dua bagian, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) yang terkandung di berbagai ikan laut dan asam docosahexaenoic (DHA) yang terdapat dalam retina mata manusia, sel sperma, dan jaringan otak. 

Sekitar 40% otak manusia memiliki kandungan lemak tak jenuh jamak, termasuk DHA. Oleh karena itu, banyak yang mengklaim bahwa asam lemak omega 3 berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Manfaat minum minyak ikan

Beberapa penelitian telah membuktikan banyak manfaat mengkonsumsi minyak ikan pada tubuh, seperti:

Membantu penderita Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis merupakan penyakit yang mampu menyerang sistem saraf otak dan tulang belakang.  Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti autoimun, faktor genetik, usia dan jenis kelamin. Sebuah penelitian dilakukan Oregon Health and Science University membuktikan bahwa kelompok yang mengonsumsi minyak ikan secara teratur dan rutin selama tiga bulan atau lebih dapat membantu pengobatan pasien multiple sclerosis.

2. Meningkatkan kemampuan kognitif

Penelitian yang pernah dilakukan pada kelompok lansia, membuktikan bahwa konsumsi minyak ikan dapat meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, orang yang sering mengonsumsi minyak ikan memiliki fungsi kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok jarang mengonsumsinya.

3. Mencegah penurunan massa otot pada pasien kanker

Pasien kanker yang menjalani pengobatan seringkali rentan mengalami kehilangan massa otot. Sebuah penelitian terhadap pada pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi, membuktikan 16 pasien mengonsumsi minyak ikan secara rutin dan teratur tidak terlalu mengalami penurunan berat badan signifikan. Sedangkan pada 24 pasien yang tidak mengonsumsi minyak ikan sama sekali, kehilangan berat badan sekitar 2,3 kg.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

4. Meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang

Minyak ikan memiliki manfaat menjaga kepadatan tulang, hal ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada tikus. Penelitian tersebut membandingkan antara kelompok tikus yang diberikan asam lemak omega 3 dan omega 6. 

Hasil yang didapatkan adalah pada kelompok tikus yang diberikan asam lemak omega 6 memiliki tulang yang rapuh dan kandungan mineral dalam tulang lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok tikus yang diberikan asam lemak omega 3.

5. Melindungi tubuh dari polusi

Ternyata, minyak ikan berfungsi juga untuk menjaga kesehatan jantung polutan udara yang sangat tinggi. Penelitian yang pernah dilakukan di Amerika melibatkan 29 orang dewasa sehat dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang mengonsumsi minyak ikan sebanyak 3 gram selama empat minggu dan kelompok yang tidak mengonsumsi minyak ikan selama empat minggu. 

Lalu mereka diminta untuk duduk diam di tempat yang terkena polusi udara selama dua jam. Hasil yang didapatkan menunjukkan kelompok orang yang tidak mengonsumsi minyak ikan sama sekali, mendapatkan lebih banyak dampak negatif pada tubuh dibandingkan dengan kelompok satunya.

6. Mampu meningkatkan efek dari olahraga

Seperti yang kita tahu, olahraga merupakan hal yang cukup penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika Anda mengonsumsi minyak ikan secara rutin dan teratur, kemudian berolahraga, maka manfaat yang akan didapatkan tubuh Anda akan lebih banyak.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
15 omega-3-rich foods: Fish and vegetarian sources. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323144)
Omega-3 Fatty Acids Benefits, Uses, and List of Foods. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/omega-3_fatty_acids/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app