Makanan Tinggi Kolesterol

Lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh itu pada akhirnya akan menimbulkan penyakit yang serius misalnya saja serangan jantung hingga stroke. Sehingga anda juga harus memperhatikan dan mengetahui dengan baik macam-macam makanan dan minyman yang mungkin mengandung kolesterol.
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Agu 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
Makanan Tinggi Kolesterol

Kolesterol ialah semacam lemak berlilin dan banyak terdapat pada organ tubuh yakni hati yang umumnya didapat dari berbagai makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari. 

Bisa saja makanan yang selama ini anda konsumsi sehari-hari menyumbang cukup banyak kolesterol dan juga membuat kerja organ hati semakin berat. Kemudian tanpa anda sadari lemak jahat yang masuk kedalam tubuh kian menumpuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh itu pada akhirnya akan menimbulkan penyakit yang serius misalnya saja serangan jantung hingga stroke. Sehingga anda juga harus memperhatikan dan mengetahui dengan baik macam-macam makanan dan minuman yang mungkin mengandung kolesterol.

Bukan hanya itu saja, jika anda sudah tahu maka anda juga harus membatasi dalam mengonsumsi makanan atau minuman tinggi kolesterol.

Beda kolesterol baik dan jahat

Pada dasarnya kolesterol dalam tubuh manusia ada dua jenis, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Pada kolesterol baik sangat dibutuhkan guna menjalankan beragam sistem dalam tubuh. 

Kolesterol dalam kadar yang normal bisa membantu dalam membangun sel-sel yang baru dan juga bisa membantu memproduksi hormon, vitamin D dan juga asam empedu yang bisa membantu mencerna lemak.

Sedangkan kolesterol jahat dengan kadar yang cukup tinggi, apabila terus menumpuk maka tentu kolesterol ini akan menghambat proses kerja organ dalam tubuh. Perbedaan yang lain ialah pada keberadaan pada tubuh dan juga kinerja kolesterol tersebut. 

Pada umumnya kolesterol memang terdapat pada darah dan oleh zat protein dibawa dan dialirkan pada organ-organ tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Tentukan kadar kolesterol normal

Jumlah kolesterol dalam tubuh ialah hal yang cukup riskan dan juga harus diperhatikan tiap saat, utamanya bagi mereka yang punya riwayat kolesterol tinggi. Untuk mengetahui jumlah kolesterol di dalam darah yang paling mudah ialah dengan cara melakukan uji laboratorium, terutama tes darah

Anda dinyatakan sehat apabila kadar kolesterol total dibawah 200 mg/dl. Dan jika kadar kolesterol 200 – 239 mg/dl, artinya dalam tahap mengkhawatirkan.

Daftar makanan tinggi kolesterol

Kolesterol tinggi bukan hanya diderita oleh orang tua saja, bahkan anak muda juga bisa terkena kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi pada usia muda akan lebih rentan terkena penyakit jantung dan stroke. 

Sehingga sebaiknya berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mengatur dan menjaga pola makan anda. Gaya hidup yang tidak sehat inilah yang menjadi faktor utama penyebab dari tingginya kadar kolesterol.

Jika sudah didiagnosa mempunyai kadar kolesterol tinggi, umumnya dokter akan langsung memberi saran agar bisa hidup sehat dan juga melakukan diet. 

Mengubah untuk melakukan gaya hidup sehat umumnya dilakukan dengan cara berolahraga, menjaga berat badan ideal, menghindari makanan tinggi lemak, mengonsumsi makanan sehat dan yang paling penting ialah mengurangi konsumsi makanan cepat saji.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Pada umumnya, jika ingin mengatasi masalah kolesterol tinggi, maka dokter akan memberi saran untuk menjalankan diet yang rendah lemak trans dan rendah lemak jenuh

Selain itu anda juga akan disuruh agar menghindari setiap jenis makanan yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi dan tidak menggunakan gula, garam dan minyak pada makanan.

Makanan seperti otak, daging merah, jeroan, telur, daging bebek dengan kulit dan sebagainya tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Sedangkan penderita kolesterol tinggi harus membatasi seafood, mentega, makanan cepat saji, keju, susu, kerupuk, biskuit, belut, es krim dan coklat

Untuk makanan yang dianjurkan ialah makanan yang kaya akan serat, kacang-kacangan, susu rendah atau bebas lemak dan lainnya.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 foods that lower cholesterol. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol)
High-cholesterol foods: Foods to avoid and include. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317332)
Foods to Buy or Avoid If You Have Low or High HDL. WebMD. (https://www.webmd.com/cholesterol-management/heart-health-foods-to-buy-foods-to-avoid#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app