Kesehatan Fisik

Tips Cara Menurunkan Kolesterol Darah

Update terakhir: Mar 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 462.431 orang

Tips Cara Menurunkan Kolesterol Darah

Secara normal kolesterol memang ada dalam tubuh kita dengan kadar total < 200 mg/dl. Kolesterol terdiri dari kolesterol baik dan jahat. Kadar normal kolesterol baik, HDL > 50 mg/dl; Kolesterol jahat, LDL < 150 mg/dl; dan Trigliserida < 150 mg/dl.

Sebenarnya kolesterol ini berperan penting untuk pembentukan senyawa-senyawa organik dalam tubuh yang bermanfaat, di antaranya sebagai pembentuk hormon.

Kenapa Kolesterol diturunkan?

Kadar kolesterol yang tinggi dalam artian melebihi kadar normal jika dibiarkan berlama-lama akan mengendap dalam pembuluh darah membuat pembuluh darah yang tadinya lancar menjadi menyempit dan semakin menyempit hingga dapat tersumbat. Kondisi inilah yang menjelaskan mengapa kolseterol tinggi berbahaya.

Sebagai akibatnya dapat menimbulkan penyakit-penyakit, di antaranya stroke, penyakit jantung koroner, dan macam-macam penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Bagamaimana cara menurunkan Kolesterol?

Sesuai dengan judul di atas, berikut beberapa tips menurunkan kolesterol darah yang bisa Anda lakukan :

Tentukan target

Yang Anda inginkan tentunya kadar kolesterol turun, tapi berapa kadar kolesterol yang diinginkan? Berapa kadar koleterol yang ideal untuk Anda tergantung pada beberapa faktor, termasuk riwayat keluarga, penyakit jantung, serta apakah Anda memiliki faktor risiko kardiovaskular, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan merokok.

Jika risiko Anda dianggap tinggi, kebanyakan dokter akan menargetkan LDL kurang dari 70. Jika risiko Anda adalah moderat, target LDL di bawah 130 umumnya OK. Jika risiko Anda rendah, kurang dari 160 adalah target yang wajar.

Konsumsi obat

Modifikasi gaya hidup adalah hal yang masuk akal bagi siapa pun dengan kolesterol tinggi. Tetapi jika risiko kardiovaskular Anda tinggi, mungkin juga perlu mengonsumsi obat penurun kolesterol. Terapi obat adalah satu-satunya hal yang akan bekerja cepat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Namun sebaiknya aetiap orang hendaknya melakukan hal-hal yang mendasar, seperti berhenti merokok dan menurunkan berat badan.

Beberapa jenis obat penurun kolesterol yang tersedia, termasuk niacin, resin asam empedu, dan fibrates. Tetapi statin adalah terapi pilihan untuk sebagian besar individu. Statin dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 20% sampai 50%.

Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, hingga 10%. Bahan manfaat tersebut dapat diperoleh dengan olahraga ringan, seperti jalan cepat. Apapun jenis olahraga yang Anda lakukan keteraturan adalah kunci utama kesuksesan. Beberapa ahli menyarankan olahraga 7 hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit.

Hindari lemak jenuh

Telur merupakan contoh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, terutama pada kuning telur. Lemak terbaik untuk penyandang kolesterol adalah minyak zaitun, dan ikan.

Makanan kaya serat

Buah-buahan dan sayuran, termasuk biji-bijian, merupakan sumber yang baik tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan untuk jantung agar tetap sehat, tetapi juga penurun kolesterol. serat dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat bertindak seperti spons untuk menyerap kolesterol dalam saluran pencernaan.

Perbanyak makan ikan

Ikan dan minyak ikan yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 sebagai penurun kolesterol. Dianjurkan setidaknya makan ikan 2 atau 3 kali dalam seminggu. Tanaman sumber omega-3 termasuk kedelai, kanola, biji rami, kenari, dan minyaknya, tetapi mereka tidak memberikan omega-3 yang sama seperti ikan.

Jangan merokok

Merokok menurunkan tingkat kolesterol "baik"  HDL dan merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Demikianlah beberapa tips cara menurunkan kolesterol, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit