Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Li-Fraumeni Syndrome Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.546.686 orang

Li-Fraumeni Syndrome (LFS) pertama kali ditemukan pada tahun 1969 oleh Drs. Frederick Li dan Joseph Fraumeni, Jr, saat mempelajari kanker anak dan keluarga di National Cancer Institute

Sindrom ini pertama kali dilaporkan dalam publikasi sebagai "sindrom Li-Fraumeni" pada tahun 1982 oleh para peneliti di Inggris yang menggambarkan dua keluarga dengan berbagai bentuk kanker pada orang muda.

Apa itu Li-Fraumeni Syndrome dan apa tanda-tandanya?

Li-Fraumeni Syndrome (LFS) adalah penyakit keturunan yang dapat menyebabkan berbagaigt;tumor, LFS  jarang terjadi. Ini disebabkan LFS disebabkan oleh perubahan (mutasi) pada gen penekan tumor yang dikenal sebagai TP53. 

Protein p53 yang dihasilkan oleh gen rusak (atau dinyatakan tidak berfungsi), dan tidak dapat membantu mencegah berkembangnya tumor ganas. 

Anak-anak dan dewasa muda rentan terkena beberapa kanker multipel, terutama jaringan lunak dan sarkoma tulang, kanker payudara, tumor otak, karsinoma adrenokortikal, dan leukemia akut. 

Kanker lain yang terlihat pada pasien LFS termasuk kanker saluran pencernaan dan kanker paru-paru, ginjal, tiroid, dan kulit, serta pada organ gonad (ovarium, testis, dan prostat.)

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dengan mutasi gen TP53 akan mengalami kanker, tetapi risiko mereka menderita kanker akan lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain. 

Diagnosis LFS sangat penting sehingga keluarga yang terkena dapat mencari konseling genetik yang tepat serta skrining untuk deteksi dini kanker.

LFS dapat dicurigai jika seseorang memiliki riwayat kanker pada keluarga. Selain itu, ada beberapa jenis kanker langka tertentu yang merupakan karakteristik dari sindrom LFS. 

Beberapa jenis kanker pada anak dan kanker langka seperti kanker adrenocortical atau choroid plexus carcinoma, berpotensi disebabkan oleh LFS. Meskipun memiliki ciri khas, tidak semua dokter menyadari diagnosis LFS.

Kanker yang paling terkait (kanker inti) dengan LFS meliputi:

  • Sarkoma jaringan lunak
  • Osteosarkoma (kanker tulang)
  • Kanker payudara
  • Tumor otak dan SSP (glioma, karsinoma pleksus koroid, subtipe medulloblastoma SHH, neuroblastoma)        
  • Karsinoma adrenokortikal
  • Leukemia akut (kanker sel darah putih)
  • Kanker lain mungkin juga muncul, tetapi risikonya lebih rendah daripada kanker inti:
  • Adenokarsinoma paru
  • Melanoma (kanker kulit)
  • Tumor gastrointestinal (seperti usus besar, pankreas)
  •  Kanker Ginjal
  •  Kanker Tiroid
  •  Sel-sel kuman gonad (seperti ovarium, testis, dan prostat)

Pemeriksaan apa yang perlu dilakukan untuk mengetahui jika Anda menderita LFS?

Di masa lalu, diagnosis LFS dibuat berdasarkan kriteria klinis, artinya didasarkan pada tanda dan gejala yang dimiliki pasien dan keluarga. Sekarang, Anda dapat melakukan pemeriksaan genetik untuk mengetahui apakah seseorang membawa salinan mutasi TP53 sebelum tanda-tanda fisik LFS muncul.

Jika pengujian genetik menunjukkan bahwa seseorang memiliki mutasi TP53, maka Dokter dapat mengambil langkah penatalaksanaan selanjutnya dengan merekomendasikan pengawasan, yang berarti seseorang dengan hasil tes yang positif membutuhkan pemeriksaan secara teratur untuk jenis kanker yang berhubungan dengan LFS. Proses ini adalah proses seumur hidup yang dilakukan secara berkala.

Apa penanganan yang dapat dilakukan mengenai LFS?

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa rencana skrining intensif meningkatkan kelangsungan hidup individu dengan mutasi TP53 yang tidak memiliki tanda atau gejala kanker. Orang-orang yang mengikuti protokol skrining ini memiliki siklus pengujian rutin setiap tahun, termasuk: pemeriksaan MRI seluruh tubuh, MRI otak, USG perut, dan penanda biokimia fungsi korteks adrenal. 

Mungkin Anda perlu pergi ke kota besar dengan fasilitas yang lebih lengkap untuk menjalani skrining ini, karena beberapa tes, seperti MRI seluruh tubuh yang cepat, mungkin tidak tersedia di beberapa daerah. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengatur strategi pengawasan ini pada orang dewasa dan anak-anak yang terkena dampak.

Bagaimana dengan harapan kesembuhan bagi orang yang menderita LFS?

Orang dengan LFS memiliki potensi untuk mengembangkan semua jenis kanker sebesar 90%. Sekitar 50% kanker ini akan didiagnosis sebelum usia 30 tahun. 

Dalam sebuah penelitian terhadap 200 orang dengan mutasi gen TP53 yang memiliki diagnosis kanker sebelumnya, 15% mengembangkan kanker kedua, 4% mengembangkan kanker ketiga, dan 2% mengembangkan kanker keempat, dengan risiko tertinggi kanker tambahan pada mereka yang didiagnosis dengan kanker pertama mereka selama masa kanak-kanak. Namun pada kasus yang jarang, beberapa orang dengan LFS tidak menderita kanker apapun.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit