Layanan Terapi Okupasi Dan Siapa Saja Yang Membutuhkan

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Layanan Terapi Okupasi Dan Siapa Saja Yang Membutuhkan

Apa itu terapi Okupasi?

Terapi okupasi adalah profesi kesehatan yang berpusat pada klien yang peduli dengan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan melalui pekerjaan. Tujuan utama terapi okupasi adalah untuk memungkinkan orang berpartisipasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Terapis okupasi mencapai hasil ini dengan bekerja dengan orang-orang dan masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk terlibat dalam pekerjaan yang mereka inginkan, perlu, atau diharapkan lakukan, atau dengan memodifikasi pekerjaan atau lingkungan untuk lebih mendukung keterlibatan kerja mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa yang dilakukan oleh terapis di bidang Okupasi?

Terapis okupasi memiliki pendidikan luas dalam bidang kesehatan, sosial, psikologis dan ilmu pekerjaan yang membekali mereka dengan sikap, keterampilan, dan pengetahuan untuk bekerja secara kolaboratif dengan orang-orang, secara individu atau dalam kelompok, untuk menghasilkan perubahan kehidupan yang positif.

Terapis okupasi bekerja dengan orang-orang dengan berbagai kebutuhan kesehatan, termasuk mereka yang memiliki gangguan struktur atau fungsi karena kondisi kesehatan, mereka yang dibatasi dalam keikutsertaannya atau mereka yang secara sosial dikecualikan karena keanggotaan budaya minoritas.

Terapis okupasi bekerja di banyak pengaturan praktik yang berbeda termasuk rumah sakit, fasilitas penitipan anak, panti jompo, sekolah, universitas, pusat komunitas dan tempat kerja. Banyak juga yang bekerja dalam praktik pribadi dan menyediakan terapi okupasi di rumah atau tempat tinggal. 

Fokus pada pekerjaan

Fokus unik dari Terapi okupasi adalah pada pekerjaan seseorang. Terapis okupasi menggunakan istilah okupasi untuk menggambarkan semua hal yang kita lakukan untuk menjaga diri kita sendiri dan orang lain bersosialisasi dan bersenang-senang; dan bekerja serta berkontribusi pada masyarakat.

Melancarkan kemampuan individu

Terapis okupasi memahami bagaimana penyakit, cedera, kecacatan, atau peristiwa kehidupan yang menantang dapat memengaruhi kemampuan orang untuk melakukan hal-hal sehari-hari yang penting bagi mereka.

Mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan pekerjaan

Terapis okupasi ahli dalam menilai bagaimana kondisi kesehatan yang berbeda dapat memengaruhi kemampuan orang dan membantu orang mengatasi atau mengatasi kesulitan yang memengaruhi pekerjaan sehari-hari mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dengan menyesuaikan program yang merespons situasi dan kebutuhan unik, Terapi Okupasi membantu orang untuk menjalani kehidupan mereka dengan cara yang bermakna dan memuaskan bagi mereka.

Siapa saja yang memerlukan terapi okupasi? 

Beberapa orang yang dapat dibantu melalui terapi okupasi seperti:

Autisme

Seorang anak dengan autisme yang membutuhkan bantuan bersiap-siap di pagi hari dan mengalami kesulitan dalam mengatasi perubahan dalam rutinitas mungkin melihat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan motorik kasar, pengaturan diri sendiri, pemrosesan sensorik, dan keterampilan komunikasi. 

Beberapa gangguan kognitif dan mental lainnya seperti cacat intelektual, cacat perkembangan, sindrom Down, gangguan belajar, depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, PTSD, kecanduan, penyalahgunaan zat juga dapat dikonsultasikan ke terapi okupasi. 

Remaja ADHD

Seorang remaja dengan ADHD yang memiliki masalah fokus di sekolah, menyelesaikan tugas, dan berteman mungkin berusaha untuk meningkatkan perhatian, memori, kontrol impuls, perencanaan, manajemen waktu, dan keterampilan sosial.

Depresif 

Orang dewasa dengan kecemasan dan depresi mungkin melihat dipandu untuk mendapatkan keterampilan mengatasi, mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat, dan belajar bagaimana mengelola gejala untuk berpartisipasi penuh dalam pekerjaan, rekreasi, dan kegiatan sosial.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gangguan saraf

Orang dewasa tua yang mengalami stroke yang telah melemahkan satu sisi tubuhnya dapat dipandu untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, rentang gerak, dan belajar bagaimana menggunakan peralatan adaptif untuk berpakaian, memasak, membersihkan, dan merawat diri. 

Gangguan saraf lain yang dapat dikonsultasikan ke terapi okupasi seperti cerebral palsy, cedera sumsum tulang belakang, stroke, cedera otak traumatis, multiple sclerosis, epilepsi, penyakit Alzheimer, demensia, ALS, gangguan spektrum autisme, gangguan koordinasi perkembangan / dyspraxia

Praktisi terapi okupasi adalah pakar dalam mengatasi efek defisit kognitif pada kehidupan sehari-hari. Menggunakan perspektif orang-berpusat, mereka bekerja dengan klien, keluarga, dan melibatkan orang lain untuk menetapkan tujuan kolaborasi dan prioritas intervensi.

Ini biasanya dimulai dengan kegiatan dasar kehidupan sehari-hari seperti berpakaian, mandi, dan merawat, dan dapat berkembang ke tugas-tugas yang lebih sulit seperti menyiapkan makanan, mencuci pakaian, mengemudi, atau kembali bekerja. 

Mereka dapat menggunakan satu atau lebih dari pendekatan berikut, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi. 

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Occupational therapy. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/occupational-therapy/)
Ankylosing Spondylitis and Occupational Therapy: Benefits and Exercises. Healthline. (https://www.healthline.com/health/ankylosing-spondylitis/occupational-therapy-and-as)
Occupational Therapy & Therapists Explained. WebMD. (https://www.webmd.com/pain-management/occupational-rehab)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Terapi Okupasi, Perawatan untuk Orang Berkebutuhan Khusus Agar Lebih Mandiri
Terapi Okupasi, Perawatan untuk Orang Berkebutuhan Khusus Agar Lebih Mandiri

Terapi okupasi adalah satu-satunya terapi yang dapat membantu orang pada semua kalangan untuk melakukan hal-hal yang mereka inginkan dan perlu lakukan dalam menjalani kegiatan sehari-hari (pekerjaan). Praktisi terapi okupasi memungkinkan orang dari segala usia untuk menjalani kehidupan mereka sepenuhnya dengan membantu mereka meningkatkan kesehatan, dan mencegah atau hidup lebih baik dengan cedera, penyakit, atau kecacatan yang mereka alami.

Buka di app