Panduan Merawat Bekas Luka Operasi Caesar Agar Cepat Sembuh

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Panduan Merawat Bekas Luka Operasi Caesar Agar Cepat Sembuh

Persalinan caesar adalah prosedur bedah yang dilakukan dengan memberikan sayatan di perut dan rahim untuk melahirkan bayi. Proses persalinan ini dapat direncanakan sebelumnya jika ibu hamil mengalami komplikasi kehamilan seperti diabetes, darah tinggi, atau kemungkinan kelahiran prematur.

Setelah menjalani operasi caesar, bekas sayatan tersebut akan ditutup kembali dan meninggalkan bekas luka pada perut Anda. Luka bekas operasi caesar ini memerlukan perawatan khusus supaya luka cepat kering dan bekasnya tersamarkan. Sudah tahu bagaimana cara merawat bekas luka operasi caesar? Simak uraian berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Cara dokter menutup sayatan operasi caesar

Ada beberapa cara yang dilakukan dokter untuk menutup sayatan operasi caesar, di antaranya:

1. Lem

Sejumlah ahli bedah menyatakan bahwa menutupi luka bekas operasi caesar dengan lem dapat sembuh lebih cepat, bila dibandingkan dengan penggunaan bahan lainnya. Selain itu, bekas luka yang ditinggalkan oleh metode ini juga lebih baik. 

Namun, tidak semua ibu dapat menerima metode pengeleman untuk menutupi bekas luka operasi caesar. Hal ini tergantung dari bentuk sayatan saat operasi serta konsistensi kulit dan lemak pada perut Anda.

2. Staples

Cara menutup luka bekas operasi caesar dengan staples adalah cara yang paling mudah dan cepat. Sebelum Anda pulang dari rumah sakit, dokter akan mencabut staples dari luka sayatan pada perut Anda.

3. Jahitan

Metode menutup sayatan ini menggunakan jarum dan benang. Benang akan hilang dan menyatu dengan kulit Anda seiring berjalanannya waktu.

Cara ini banyak digunakan karena kemungkinan untuk terjadi komplikasi lebih kecil dibandingkan dengan metode staples.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Baca Juga: Luka Bekas Operasi Sulit Hilang, Ini yang Bisa Dilakukan

Cara merawat bekas luka operasi caesar agar cepat kering

Bekas luka operasi caesar biasanya akan sembuh dalam waktu kurang lebih 6 minggu. Warna luka yang tadinya kemerahan akan berubah jadi lebih pucat dan menyerupai warna kulit perut Anda. Setelah itu, Anda pun dapat beraktivitas dengan normal seperti biasanya.

Bila tak ingin menunggu hingga 6 bulan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka bekas operasi caesar. Berikut caranya: 

1. Hindari kelelahan dan mengangkat beban berat

Anda perlu banyak istirahat pasca menjalani operasi caesar. Untuk sementara waktu, hindari mengangkat beban yang berat karena akan memberi tekanan pada perut Anda dan rentan melepas jahitan operasi.

Letakan barang-barang keperluan Anda dan bayi dekat dengan Anda untuk mengurangi pergerakan dan kelelahan tubuh. Hindari mengerjakan pekerjaan rumah yang terlalu berat dan gerakan yang bisa menyebabkan bekas luka Anda merenggang.

2. Jaga kebersihan dan sirkulasi bekas luka 

Untuk menghindari infeksi pada bekas luka Anda, menjaga kebersihan adalah hal yang utama. Anda dianjurkan untuk rutin membersihkan area bekas luka sayatan dengan cara membasuhnya menggunakan air. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Gosok area sekitar bekas luka operasi caesar dengan lembut. Boleh juga menggunakan sedikit sabun untuk membersihkan bekas luka. Setelahnya, pastikan area bekas luka dalam kondisi kering untuk mencegah risiko infeksi.

Gunakan baju yang agak longgar agar ada pergantian udara yang cukup di daerah bekas luka Anda. Sirkulasi udara yang baik dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

3. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan harian

Merawat bekas luka operasi caesar tidak hanya melulu dari luar, tapi juga harus dari dalam. Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dapat membantu mempercepat pemulihan luka.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya protein. Seimbangkan juga dengan banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga dapat membantu mengganti cairan tubuh Anda yang hilang saat operasi dan menyusui si buah hati.

Baca Juga: Setelah Operasi Caesar, Kapan Boleh Berhubungan?

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Puri N, et al. (2009). The efficacy of silicone gel for the treatment of hypertrophic scars and keloids. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103%2F0974-2077.58527)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app