Cara Merawat Bekas Luka Operasi Caesar dengan Mudah

Dipublish tanggal: Mei 29, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Merawat Bekas Luka Operasi Caesar dengan Mudah

Saat melakukan operasi caesar mungkin Anda tidak merasakan sakit karena pengaruh obat bius. Namun, setelah operasi selesai dan pengaruh obat bius menghilang, maka Anda akan mulai merasakan sakit. 

Oleh karena itu, Anda harus menginap dulu di rumah sakit hingga kondisi Anda benar-benar sembuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Tidak hanya itu, operasi caesar akan meninggalkan luka di perut Anda karena ketika operasi perut disayat memakai alat khusus lalu ditutup kembali, sehingga meninggalkan bekas luka.

Bagaimana bekas luka operasi caesar?

Mulanya, bekas luka akan sedikit membengkak dan berwarna lebih gelap daripada kulit lainnya. Panjangnya sekitar 10-15 cm dengan lebar 0,3 cm. Lama-kelamaan bekas luka ini akan menyusut dan butuh waktu sekitar 6 minggu agar warna kulit Anda kembali ke warna yang sebenarnya.

Ada dua bentuk bekas luka operasi caesar, yaitu:

  • Horizontal

Lebih dari 95% operasi caesar menerapkan operasi caesar yang meninggalkan bentuk sayatan horizontal. Sayatan ini dibuat melingkar pada perut bagian bawah atau bagian terendah dari rahim. 

Anda akan punya kemungkinan lebih besar untuk melahirkan secara normal setelah melakukan operasi caesar.

  • Vertikal

Sayatan dalam bentuk vertikal banyak ditemukan pada operasi zaman dulu. Sayatan ini biasanya diterapkan pada kasus-kasus tertentu, misalnya jika Anda punya bekas luka operasi caesar sebelumnya dalam bentuk vertikal, jika bayi berada rendah di dalam rahim atau posisi yang tak biasa, dan dalam keadaan darurat yang membutuhkan persalinan segera seperti pendarahan hebat karena plasenta previa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Sayatan ini dilakukan pada bagian bawah perut, dibawah pusar hingga ke garis kemaluan Anda dan membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhannya. 

Setelah operasi dengan sayatan vertikal, jika Anda ingin melahirkan secara normal, maka resiko mengalami komplikasi lebih besar karena biasanya dokter melakukan sayatan sebanyak dua kali pada perut dan rahim ketika operasi caesar.

Cara merawat luka bekas operasi caesar

Berikut 3 cara dokter menutup luka sayatan saat operasi caesar,diantaranya:

  • Staples

Staples adalah cara menutup sayatan yang paling mudah dan sebelum Anda meninggalkan rumah sakit dokter akan mencabut staples tersebut dari sayatan di perut Anda.

  • Jahitan

Menutup luka dengan cara menjahitnya kembali membutuhkan waktu sekitar 30 menit yang dilakukan dengan menggunakan jarum dan benang. Jahitan ini nanti akan menyatu dengan kulit dan penelitian mengatakan bahwa jahitan merupakan cara yang lebih baik untuk menutup luka bekas operasi caesar.

Pada penelitian tahun 2014, seorang wanita yang lukanya ditutup dengan cara menjahit mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk terjadi komplikasi dibandingkan dengan wanita yang menggunakan staples.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22
  • Lem

Terdapat lem khusus yang digunakan untuk menutup luka bekas jahitan caesar agar kulit menyatu kembali. Beberapa ahli mengatakan bahwa cara ini dapat menyembuhkan luka lebih cepat dan meninggalkan bekas luka lebih baik. 

Dokter memilih menggunakan lem karena beberapa faktor, seperti bagaimana operasi caesar dilakukan, apakah dengan sayatan horizontal, serta melihat konsistensi kulit dan lemak di perut Anda.

Sebelum keluar dari rumah sakit, bekas sayatan Anda akan ditutupi menggunakan kertas seperti pita atau Steri-Strips yang berfungsi untuk melindungi luka Anda agar tetap bersih dan tertutup dan akan terlepas dengan sendirinya sekitar 1 minggu kemudian. 

Pada masa penyembuhannya, mungkin akan ada rasa gatal dan hal itu adalah normal.

Agar bekas luka cepat sembuh, maka Anda dianjurkan untuk tidak mengangkat barang-barang yang berat selama kurang lebih 2 minggu pertama setelah operasi caesar. 

Selama menunggu bekas luka sembuh, Anda dapat mandi menggunakan sabun tanpa menggosok bekas luka karena pita penutup luka tidak masalah jika terkena air namun disarankan untuk tidak berendam ataupun berenang.

Setelah 6 minggu kemudian, bekas luka Anda akan sembuh dan mengering, maka Anda akan bisa menjalankan aktivitas seperti biasa, namun mungkin warnanya masih agak kemerahan dan hal tersebut adalah normal. 

Untuk memudarkan bekas luka hingga menyamai warna kulit sebenarnya, Anda butuh waktu sekitar 6  bulan.

Apa yang harus dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka sayatan?

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu penyembuhan luka bekas sayatan operasi caesar:

  • Jangan sampai kelelahan.
  • Gunakan postur tubuh yang baik ketika berjalan.
  • Makan dengan yang baik dan minum banyak cairan.
  • Jaga kebersihan luka.
  • Jaga sirkulasi udara pada luka.
  • Rutin memeriksa ke dokter.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Going home after a C-section. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000624.htm)
10 Common Questions About C-Section Scars. Verywell Family. (Accessed via: https://www.verywellfamily.com/cesarean-scars-2758511)
C-Section Scar Care: Your Guide to Helping It Heal. Parents. (Accessed via: https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/cesarean/c-section-scar-care/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app