Cara Mencegah Kadar Gula Darah Rendah Pada Malam Hari

Cara lain untuk mencegah kadar glukosa menjadi terlalu rendah adalah dengan mengonsumsi karbohidrat sebelum tidur. Hipoglikemia pada malam hari juga dapat dicegah dengan beberapa cara sebagai berikut:
Dipublish tanggal: Agu 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 22, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mencegah Kadar Gula Darah Rendah Pada Malam Hari

Hipoglikemia nokturnal atau gula darah rendah pada malam hari sering terjadi pada orang yang mengobati diabetesnya dengan insulin. Hipoglikemia secara resmi didefinisikan sebagai kadar glukosa darah di bawah 70 miligram per desiliter (mg / dL).

Hipoglikemia dapat menyebabkan masalah serius, apalagi jika turun drastis di malam hari. Meski kondisi tersebut jarang terjadi, kadar gula darah rendah di malam hari dapat mematikan jika tidak terdeteksi dan cepat ditangani. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Oleh karena itu orang-orang dengan diabetes bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka mengalami hipoglikemia di malam hari, jadi sangat penting untuk dapat menemukan tanda dan gejala hipoglikemia nokturnal.

Gula darah rendah di malam hari dapat menyebabkan serangkaian gejala seperti, bangun dengan sakit kepala, merasa sangat lelah saat bangun, berkeringat deras sepanjang malam, terbangun tengah malam, gemetar, jantung berdebar, cemas, sulit berkonsentrasi, rasa lapar segera sesaat bangun, badan lemas.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara mengatasi dan mencegah terjadinya hipoglikemia di malam hari. Berikut penjelasannya.

Penyebab hipoglikemia di malam hari

Jika Anda menderita diabetes, kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin akan terganggu. Sehingga menyebabkan glukosa dapat menumpuk dalam aliran darah dan dapat mencapai tingkat yang sangat berbahaya (hiperglikemia). 

Untuk memperbaikinya, Anda dapat menggunakan suntikan insulin atau serangkaian obat lain yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar gula darah. 

Jika Anda menggunakan terlalu banyak insulin relatif terhadap jumlah glukosa dalam aliran darah, maka Anda mungkin akan mengalami penurunan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan terjadinya hipoglikemia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Kemungkinan penyebab lain terjadinya hipoglikemia pada malam hari yaitu:

  • Kelebihan dosis insulin basal (saat puasa atau sebelum makan)
  • Dosis insulin yang tidak disesuaikan setelah sakit. Pada pengguna insulin, apabila jatuh sakit maka dosis insulin yang dibutuhkan tubuh akan meningkat. Setelah sembuh sebaiknya dosis insulin kembali diturunkan.
  • Jika Anda minum obat diabetes atau menggunakan suntikan insulin, tetapi Anda tidak makan sebanyak yang seharusnya.
  • Berolahraga terlalu banyak di siang hari
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Tidak makan malam

Cara mengobati hipoglikemia di malam hari

Pengobatan untuk hipoglikemia di malam hari sama dengan pengobatan hipoglikemia pada umumnya. 

Ada dua cara untuk mengobati hipoglikemia di malam hari yaitu apa yang perlu segera dilakukan untuk mengembalikan kadar gula darah menjadi normal, dan apa yang perlu dilakukan dalam jangka panjang untuk mengidentifikasi dan mengobati penyebab hipoglikemia.

Pengobatan segera

Pengobatan awal untuk hipoglikemia tergantung pada gejala apa yang Anda alami. Biasanya dengan mengonsumsi gula, seperti permen atau jus buah, atau mengkonsumsi tablet glukosa dapat mengobati gejala awal dan meningkatkan gula darah kembali ke tingkat yang normal. 

Namun, jika terjadi gejala yang lebih parah, dan tidak dapat mengkonsumsi gula melalui mulut, Anda mungkin memerlukan suntikan glukagon atau infus dengan glukosa yang diberikan baik di rumah sakit atau oleh layanan kegawatdaruratan medis .

Pengobatan jangka panjang

Dokter biasanya ingin mengidentifikasi apa yang menyebabkan hipoglikemia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Jika kondisi hipoglikemia berterkaitan dengan diabetes, dokter mungkin menyarankan Anda untuk mulai menggunakan obat-obatan, menyesuaikan dosis jika Anda sudah dalam pengobatan, atau menemukan pendekatan baru untuk manajemen gaya hidup yang sehat. 

Jika hipoglikemia yang Anda alami adalah akibat dari masalah lain yang tidak terkait dengan diabetes Anda, seperti tumor atau penyakit lain, dokter mungkin merekomendasikan Anda ke dokter spesialis untuk mengobati kondisi tersebut.

Cara mencegah hipoglikemia di malam hari

Langkah pertama yang bermanfaat untuk mencegah hipoglikemia adalah dengan menguji kadar glukosa darah Anda sebelum tidur.

Orang yang menggunakan dua atau lebih suntikan insulin per hari dapat mencegah hipoglikemia malam hari dengan menjaga kadar glukosa darah di atas 5,5 mmol / L sebelum tidur.

Jika kadar glukosa turun terlalu rendah pada malam hari, Anda mungkin perlu menyesuaikan dosis insulin Anda. Bicaralah dengan dokter jika Anda memerlukan bantuan untuk mengatur insulin Anda dengan benar.

Cara lain untuk mencegah kadar glukosa menjadi terlalu rendah adalah dengan mengonsumsi karbohidrat sebelum tidur. Hipoglikemia pada malam hari juga dapat dicegah dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Memastikan dosis insulin basal tidak terlalu tinggi
  • Menurunkan dosis insulin sore hari setelah aktivitas fisik yang berat di siang hari
  • Mengkonsumsi karbohidrat sebelum tidur
  • Tidak melewatkan makan malam atau cemilan malam

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Willliamson L. (2015). 13 best sleep tips. (http://www.diabetesforecast.org/2015/jan-feb/13-best-sleep-tips.html)
Tweak your workout time to maximize those zzz’s. (n.d.) (http://sleep.org/articles/exercise-time-of-day/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app