Pentingnya Hormon Insulin Dalam Mengendalikan Gula Darah

Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Hormon insulin merupakan salah satu hormon alami yang penting dan diproduksi oleh pankreas. Sewaktu kita makan, pankreas akan melepaskan hormon insulin agar tubuh bisa mengubah zat glukosa di dalam darah menjadi energi yang nantinya akan disebarkan ke seluruh tubuh. Disamping itu, hormon insulin juga membantu tubuh dalam menyimpang cadangan energi tersebut.

Hubungan gula darah dengan insulin

Salah satu peran penting hormon insulin di dalam tubuh adalah mengontrol kandungan kadar gula agar tidak terlalu berlebih. Caranya sendiri dengan memberikan sinyal kepada sel lemak, otot serta bagian hati agar mengambil glukosa yang ada di dalam darah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Setelah itu, glukosa akan diubah menjadi glikogen atau gula otot di sel otot, trigliserida di dalam sel lemak, dan keduanya di dalam sel hati. Inilah yang dinamakan sumber energi yang disimpan oleh tubuh Anda.

Selama pankreas memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, dan tubuh bisa menggunakannya dengan benar, maka kandungan gula darah yang Anda miliki akan berada pada kisaran yang sehat. Pasalnya, kadar gula terlalu sedikit maupun terlalu banyak tidaklah baik bagi kesehatan tubuh.

Hiperglikemia atau penumpukan glukosa di dalam darah bisa memicu berbagai komplikasi, termasuk kerusakan ginjal dan saraf, hingga permasalahan pada mata. 

Sementara bila seseorang terlalu rendah kadar glukosanya, hal ini akan membuat tubuh menjadi cepat lelah, mudah marah, bingung, hingga bisa membuat seseorang kehilangan kesadaran atau pingsan. Disamping itu, saat kadar hormon insulin tidak cukup, sel-sel yang ada di dalam tubuh akan mulai kelapanan. 

Jika insulin terganggu

Bila produksi atau kerja insulin yang ada di dalam tubuh tergangu, ada berbagai penyakit maupun kondisi yang dapat menyerang Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Resistensi insulin

Kondisi ini dapat dipicu ketika sel otot, lemak dan hati tidak bisa menggunakan hormon insulit yang ada di dalam tubuh dengan baik. Dampaknya, pankreas tentu saja akan bekerja lebih keras karena harus menghasilkan lebih banyak insulin agar zat glukosa bisa digunakan tubuh sebagai energi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Bila kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, lama kelamaan gangguan dari resistensi insulin dapat berkembang menjadi penyakit diabetes.

Diabetes mellitus

Penyakit diabetes mellitus terjadi ketika kadar gula yang ada di dalam darah menjadi terlalu tinggi karena tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi. 

Glukosa tersebut tidak dapat diubah lantaran jumlah hormon insulin yang berada di dalam tubuh kita terlalu sedikit atau sel tubuh tidak mengalami reaksi terhadap hormon insulin. Insulinoma sendiri merupakan tumor kecil di dalam pankreas, yang membuat produksi insulin menjadi berlebihan.

Sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan suatu kondisi yang bisa menikmatkan resiko penyakit jantung dan berbagai gangguan kesehatan lainnya, termasuk stroke dan penyakit diabetes. 

Sebaliknya, kondisi yang membuat hormon insulin tidak bekerja secara efektif  untuk menurunkan kadar gula dalam darah, atau bisa juga disebut dengan istilah resistensi insulin, juga bisa meningkatkan risiko munculnya sindrom metabolik.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah suatu gangguan yang membuat kerja ovarium terganggu. Sindrom ini mengakibatkan kadar beberapa hormon yang ada di dalam tubuh kita menjadi abnormal, termasuk membuat kadar insulin menjadi lebih tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Dalam kasus yang pernah terjadi, banyak wanita dengan gangguan PCOS mengalami resistensi insulin atau hormon insulin di dalam tubuh tidak bisa menurunkan kadar gula yang terlalu tinggi. Akibatnya, tubuh kita akan memperoduksi hormon insulin dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Insulin memang menjadi salah satu hormon paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa keberadaannya, sel-sel akan kekurangan banyak energi dan akhirnya harus mencari alternatif sumber tenaga yang lain. Hal inilah yang memicu penyakit komplikasi yang dapat membahayakan nyawa. 

Oleh karena itu, sangat penting memeriksakan kesehatan Anda secara rutin ke dokter dan mengecek kadar gula dalam darah secara teratur. Bila mendapati tanda-tanda gangguan pada insulin, dokter tentu saja akan menentukan langkah pengobatan yang tepat untuk Anda jalani.


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Mencegah Kadar Gula Darah Rendah Pada Malam Hari
Cara Mencegah Kadar Gula Darah Rendah Pada Malam Hari

Cara lain untuk mencegah kadar glukosa menjadi terlalu rendah adalah dengan mengonsumsi karbohidrat sebelum tidur. Hipoglikemia pada malam hari juga dapat dicegah dengan beberapa cara sebagai berikut:

Buka di app