Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Ketahui Cara dan Manfaat Olahraga Tabata untuk Kesehatan Tubuh

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.033.863 orang

Tabata menjadi jenis olahraga yang diciptakan oleh dr. Izumi Tabata seorang ilmuwan Jepang dari National Institute of fitness and Sport. 

Olahraga ini menggabungkan latihan kekuatan otot dan kardio yang diselesaikan dalam waktu singkat, termasuk ke dalam olahraga intensitas tinggi yakni 4 menit namun kalori yang terbakar 5 kali lebih banyak dari Aerobik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Aturan Tabata

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan berikut ini:

  • Lakukan pemanasan dan peregangan.
  • Lakukan olahraga Tabata selama 20 detik pertama.
  • Kemudian istirahat selama 10 detik. 1 kali olahraga dan 1 kali istirahat dihitung sebagai 1 set olahraga.
  • Lakukan 8 set olahraga Tabata hingga selesai.
  • Kemudian istirahat selama 1 menit dan dilanjutkan dengan gerakan Tabata yang berbeda.

Gerakan Olahraga Tabata

Anda tidak membutuhkan peralatan khusus untuk olahraga Tabata, sesekali hanya membutuhkan Dumbel dalam beberapa set saja. Dengan demikian olahraga ini bisa dilakukan sendiri dri rumah.

Set Pertama

1. Burpees

Mulai dengan posisi berdiri dan turunkan tubuh secara perlahan hingga menjadi setengah jongkok dengan kedua tangan berada di lantai. Selanjutnya lakukan tendangan ke belakang seperti hendak melakukan push Up. Kemudian kembali jongkok dan melompat ke posisi semula.

2. Mountain Climber

Lakukan dengan posisi Push Up kemudian arahkan lutut bergantian menuju dada seperti hendak berlari.

Gerakan Burpees dan Mountain Climber masing dilakukan selama 20 detik dan istirahat selama 10 detik. Kemudian ulangi gerakan selama 4 menit dengan istirahat selama 1 menit.

Set Kedua

1. Squat Jump

Lakukan pada posisi berdiri dan kaki terbuka lebar dan letakkan kedua tangan di belakang kepala. kemudian tekuk lutut hingga paha sejajar dengan lantai. Setelah itu Anda harus melompat setinggi mungkin dan kembali mendarat pada posisi jongkok.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

2. High Knee Jog

Awali dengan posisi berdiri dan kaki terbuka selebar pinggul lalu letakkan lengan di kedua sisi tubuh. Angkat lutut setinggi pinggul diikuti dengan gerakan lengan kemudian turunkan kembali secara perlahan.

Lakukan Squat Jump dan High Knee Jog masing-masing selama 20 detik dan 10 detik istirahat. Kemudian ulangi gerakan selama 4 menit dengan istirahat selama 1 menit.

Set Ketiga

1. Jump Kicks

Awali posisi berdiri kemudian ayunkan tungkai kaki sejajar dengan pinggang dan kombinasikan bersama kepalan tangan yang ditekuk ke atas. Ulangi gerakan dengan posisi kaki lainnya.

2. Side to Side Jumping Lunge

Awali posisi berdiri tegak dengan kaki terbuka. Kemudian sentuh kaki kiri dengan tangan kanan dan pastikan tangan kiri berada tegak lurus di atas kepala. Lakukan Jump Kicks dan Side to Side Jumping Lunge masing-masing selama 4 menit dengan istirahat selama 1 menit.

Manfaat Olahraga Tabata

1. Mampu Tingkatkan Stamina

Olahraga Tabata akan meningkatkan kekuatan Aerobik sebesar 14%, yakni kemampuan tubuh dalam penyerapan oksigen menjadi lebih maksimal. Kemudian Anaerobik sebesar 28%, yakni kadar maksimum energi yang diproduksi tanpa bantuan oksigen.

2. Ampuh Membakar Lemak

Olahraga Tabata akan membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan jenis olahraga yang dilakukan selama 60 menit. Mampu meningkatkan kemampuan paru-paru dan jantung menjadi lebih maksimal, hal itu akan melancarkan aliran pembuluh darah dan membantu oksigen mengalir pada otot.

3. Ampuh Menghemat Waktu

Olahraga Tabata sangat cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki waktu singkat untuk berolahraga, hal itu bisa diakibatkan oleh sibuknya jam kerja atau terlalu malas untuk menghabiskan waktu berolahraga lebih lama. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit