HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Panduan Latihan Squat Jump yang Tepat

squat jump merupakan salah satu latihan yang dapat dibilang aman dilakukan oleh segala usia dan jenis kelamin. Namun hal ini berlaku kalau anda melakukan latihan squat jump ini dengan teknik yang benar. Apabila anda masih bingung melakukan teknik squat jump, maka ikuti panduan ini :
Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Panduan Latihan Squat Jump yang Tepat

Latihan squat jump merupakan salah satu latihan fisik yang terdiri dari dua gerakan yaitu jongkok dan lompatan. Latihan squat jump ini dilakukan biasanya untuk melakukan pemanasan. 

Apabila latihan squat jump ini anda lakukan secara teratur dan tepat maka latihan ini mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat melakukan squat jump ini yaitu dapat membantu mengencangkan otot paha dan bokong anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

squat jump merupakan olahraga yang menumpu pada kekuatan otot kaki. Olahraga ini termasuk olahraga pliometrik. Arti sederhananya yaitu jenis olahraga yang mengharuskan anda untuk melakukan lompatan atau gerakan aktif. 

Olahraga squat jump ini dapat dilakukan sebagai latihan tunggal dan dapat juga dikombinasikan dengan gerakan lainnya. Selain itu squat jump juga dapat dilakukan dengan atau tanpa alat seperti melompat di atas boks, lompat tali, atau sambil memegang bola dan lainnya.

Mengingat latihan squat jump ini dominasi dengan gerakan melompat secara berulang-ulang maka beban tubuh akan banyak bertumpu pada kekuatan otot kaki. Nah, inilah yang membuat latihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan refleks peregangan otot kaki. 

Setiap kali anda mendarat setelah melakukan gerakan melompat maka otot-otot kaki anda akan meregang dan kontraksi lagi untuk melakukan gerakan lompatan selanjutnya. Sehingga akibatnya lompatan yang kedua dan selanjutnya akan jauh lebih tinggi dan lebih kuat.

Mengenal manfaat melakukan latihan squat jump

Latihan squat jump ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda. biasanya para atlet akan memanfaatkan latihan squat jump ini untuk latihan kelincahan dan kekuatan terutama pada otot kaki dan persendian.  

Manfaat latihan squat jump lainnya yaitu dapat membantu anda dalam memperbaiki postur tubuh yang kurang baik. Apabila anda pekerja kantoran maka lebih banyak menghabiskan waktu hanya untuk duduk di depan layar komputer. Latihan squat jump ini adalah salah satu latihan yang dapat anda coba.

Iklan dari HonestDocs
Beli Vitamin & Suplemen via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 13

Semakin sering dan teratur dalam melakukan latihan squat jump maka tubuh anda akan semakin terbiasa dengan melakukan gerakan yang lebih lincah. Dengan begitu anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan mudah beradaptasi dengan berbagai jenis latihan olahraga lainnya.

Cara melakukan latihan squat jump

Berikut ini akan dijelaskan cara melakukan squat jump yang tepat

1. Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Gerakan pemanasan merupakan kunci utama sebelum anda melakukan latihan inti di dalam olahraga. Pemanasan ini berfungsi untuk menyiapkan tubuh apabila akan melakukan aktivitas fisik. 

Sesuai saja dengan namanya, gerakan pemanasan ini bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh sebelum anda melakukan olahraga sehingga tubuh anda dapat beradaptasi dengan baik sesuai dengan peningkatan intensitas gerakan fisik yang akan anda lakukan. 

Tujuan utama melakukan pemanasan ini yaitu agar anda terhindar dari cedera. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan performa tubuh ketika berolahraga.

2. Melakukan latihan squat jump dengan cara yang benar

squat jump merupakan salah satu latihan yang dapat dibilang aman dilakukan oleh segala usia dan jenis kelamin. Namun hal ini berlaku kalau anda melakukan latihan squat jump ini dengan teknik yang benar. Apabila anda masih bingung melakukan teknik squat jump, maka ikuti panduan ini :

  • Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu
  • Kedua tangan diletakkan di belakang kepala dengan siku menghadap luar
  • Tekuk lutut hingga paha anda sejajar dengan lantai
  • Silahkan angkat tubuh anda dan loncat tinggi semampu anda dengan mendorong ujung kaki ke lantai
  • Mendarat secara perlahan dengan posisi jongkok
  • Lakukan latihan ini secara berulang-ulang

Itulah tadi cara squat jump yang benar. Silakan untuk Anda praktikkan.

 

 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Guide to the 8 Best Plyometric Exercises to Try. Healthline. (https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/plyometric-exercises)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app