Kenali Keratosis Pilaris Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 267.128 orang

Apakah Anda memiliki masalah kulit yang tampak seperti kulit ayam? Jika iya, Anda tidak sendirian, kulit tampak seperti kulit ayam mungkin disebabkan oleh suatu kelainan kulit yang dikenal dengan istilah keratosis piloris.

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang bisa terjadi pada siapa saja, kelainan kulit ini muncul sebagai tonjolan kecil pada kulit. Beberapa orang mengatakan tampak bentol yang terlihat seperti saat permukaan kulit seseorang yang sedang “merinding” atau kulit ayam yang akan dimasak. 

Beberapa orang juga mengira bahwa bentol-bentol ini adalah jerawat kecil.

Kulit kasar ini sebenarnya adalah sumbatan sel-sel kulit mati. Bentol bentol kecil ini paling sering muncul pada lengan atas dan paha (depan). Pada Anak-anak  bentol-bentol kecil mungkin muncul di pipi mereka.

Keratosis pilaris tidak berbahaya. Jika rasa gatal, kekeringan, atau munculnya bentol bentol kecil ini mengganggu Anda, Kelainan kulit ini dapat diatasi dengan mudah.

Gejala apa saja yang dapat Anda temui pada kelaianan kulit keratosis pilaris?

Gejala yang paling menonjol dari keratosis pilaris adalah rupanya yang tampak seperti “kulit ayam." Benjol/bentol dapat muncul di mana saja pada kulit di mana terdapat akar rambut, dan karena hal ini, keratosis pilaris tidak akan pernah muncul di telapak kaki atau telapak tangan anda. 

Keratosis pilaris biasanya ditemukan di lengan atas dan paha, kelainan kulit ini juga dapat meluas ke lengan bawah dan kaki bagian bawah.

Gejala lain yang mungkin muncul pada kelainan ini adalah :

  • Kemerahan di sekitar bentol
  • kulit gatal, iritasi
  • kulit kering
  • gundukan yang bisa muncul dalam warna berbeda tergantung pada warna kulit (berwarna daging, putih, merah, merah muda, coklat, atau hitam)

Apa yang menyebabkan kelainan kulit ini terjadi?

Seperti yang terlah dibahas sebelumnya, kondisi kulit terjadi karena adanya penumpukan keratin - protein rambut - di dalam pori-pori. Tapi apa yang menjadi penyebab pasti penumpukan keratin masih belum diketahui, para ilmuan berpikir hal ini mungkin berkaitan dengan kondisi kulit lain seperti dermatitis atopik dan penyakit genetik. 

Tetapi. Ada beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda memiliki kelaianan kulit ayam jika Anda memiliki kondisi kulit atau kondisi medis lain, seperti:

  • kulit kering
  • eksim
  • Penyakit kulit ichthyosis
  • Alergi
  • melanoma
  • kegemukan
  • wanita
  • anak-anak atau remaja

Kondisi kulit ini dapat terjadi pada semua umur, namun kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Keratosis pilaris sering dimulai pada akhir masa bayi atau selama masa remaja. Kondisi Ini biasanya hilang pada pertengahan 20-an, dengan sebagian besar kasus benar-benar hilang pada usia 30 tahun.

Perubahan hormonal dapat menyebabkan kekambuhan kembali selama kehamilan untuk wanita dan selama pubertas untuk remaja. Keratosis pilaris paling sering terjadi pada orang dengan kulit yang cerah.

Bagaimana cara menghilangkan keratosis pilaris?

Belum ada obat yangdiketahui dapat secara efektif mengobati kondisi ini. Biasanya kondisi kulit ayam ini sembuh sendiri seiring dengan pertambahan usia. 

Ada beberapa perawatan yang dapat anda lakukan jika kondisi kulit ayam ini mengganggu aktivitas anda sehari-hari, namun keratosis pilaris biasanya resisten terhadap pengobatan. Pengobatan bisa memakan waktu berbulan-bulan, Untuk mendapatkan kondisi yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak menyukai penampakan kulit ayam pada kulit Anda, ada beberapa teknik yang dapat Anda coba untuk menghilangkannya di rumah. Meskipun kondisi ini tidak dapat disembuhkan, beberapa perawatan diri dapat membantu meminimalkan gejala yang ada.

  • Mandi air hangat. Mandi singkat dan hangat dapat membantu mengendurkan pori-pori. Melakukan scrubbing pada kulit bisa menghilangkan bentol-bentol kecil pada kulit. Perlut diingat, penting untuk membatasi waktu Anda di kamar mandi, karena waktu mandi yang lama dapat menghilangkan minyak alami tubuh.
  • Pengelupasan kulit.
  • Minyak kelapa. Minyak kelapa dikenal karena sifat anti-peradangannya.Minyak kelapa dapat digunakan sebagai dasar untuk scrub untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit yang gatal dan kering.
  • Hindari pakaian ketat. Mengenakan pakaian ketat dapat menyebabkan gesekan yang dapat mengiritasi kulit.
  • Humidifiers. Humidifiers menambahkan kelembapan ke udara di ruangan, yang dapat mempertahankan kelembapan di kulit Anda dan mencegah gatal.

Jika Anda menginginkan hasil yang optimal, Anda dapat pergi ke dokter spesialis kulit atau klinik-klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan ekstra. Dokter mungkin akan melakukan skin peeling atau memberikan krim retinoid atau perawatan menggunakan laser untuk menghilangkan bentol-bentol kecil pada kulit Anda.

Penyakit kulit ini umumnya tidak berbahaya, dan akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit