Sering Cepat Lupa Akhir-akhir Ini? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Sering Cepat Lupa Akhir-akhir Ini? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Apakah Anda sering lupa meletakkan sesuatu dan bingung mencarinya? Seperti bingung di mana menaruh kunci, kapan ulang tahun pasangan atau anak, atau lupa membawa tas atau dompet? Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh faktor usia. Namun, penyebab sering lupa juga bisa karena hal-hal lain yang perlu Anda waspadai.

Berbagai penyebab sering lupa

Semua orang bisa mengalami lupa. Tak hanya orang yang sudah lanjut usia, anak muda dan orang di usia produktif pun juga bisa sering lupa. Mulai dari hal-hal kecil sampai besar, seperti lupa menaruh barang atau bahkan deadline pekerjaan yang ternyata sudah mepet.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Sering lupa tidak selalu menjadi dampak dari penuaan. Pasalnya, ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab sering lupa dan mungkin sedang Anda alami sekarang, antara lain:

1. Kurang istirahat atau tidur

Bila Anda merasa sering lupa akhir-akhir ini, maka bisa jadi tandanya Anda kurang istirahat atau tidur. Badan yang kecapekan bisa memicu rasa cemas dan mengganggu suasana hati. Bila terus dibiarkan, hal ini dapat menurunkan kemampuan Anda dalam berkonsentrasi, sehingga menjadi penyebab Anda sering lupa.

Baca Juga: Ini Tanda Tubuh Terlalu Lelah dan Butuh Istirahat

2. Minum obat tertentu

Apakah Anda sedang minum obat-obatan tertentu, khususnya antihistamin atau antidepresan? Kalau iya, maka inilah penyebab sering lupa yang Anda alami.

Obat-obatan antidepresan seperti paroxetine dan amitryptiline bisa menjadi pemicu seseorang untuk menjadi pelupa. Begitu juga dengan obat-obatan antihistamin seperti cimetidine, brompheniramine, atau chlorpheniramine yang tanpa disadari bisa memengaruhi daya ingat. 

Bila Anda jadi semakin sering lupa setelah minum obat-obatan tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat pengganti.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Dampak cemas dan stres

Penyebab sering lupa juga bisa karna Anda diliputi rasa cemas dan stres berkepanjangan. Pasalnya, kedua kondisi tersebut membuat Anda susah untuk menerima informasi sehingga jadi sulit konsentrasi hingga berujung pada sering lupa. Keadaan ini juga bisa memicu depresi sampai mengganggu pola tidur Anda.

4. Karena kondisi medis tertentu

Gangguan dalam menerima dan mengolah informasi bisa saja terjadi karena sejumlah penyakit, seperti gangguan pada hati, ginjal penyumbatan pembuluh darah, infeksi otak, tumor, hingga cedera pada bagian kepala.

5. Minum minuman beralkohol yang terlalu banyak 

Alkohol bisa mempengaruhi ingatan jangka pendek. Dampak ini bisa terus muncul bahkan setelah efek alkoholnya hilang. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa orang yang mabuk sering kali lupa dengan apa saja yang ia lakukan pada saat itu. 

Baca Juga: 8 Tanda Gejala Penyakit Alzheimer Pada Usia Muda

Bagaimana cara mengatasi mudah lupa?

Untuk mengatasi mudah lupa, Anda tentu harus tahu dulu apa penyebabnya. Pasalnya, setiap penyebab sering lupa memiliki penanganan yang berbeda-beda.

Masalah daya ingat juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin serta mineral tertentu, salah satunya vitamin B12. Bila ini penyebabnya, maka Anda dianjurkan untuk memperbanyak asupan makanan sumber vitamin B12 agar daya ingatnya semakin kuat dan tak lagi gampang lupa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Baca Selengkapnya: Ini 8 Gejala Tubuh Anda Kekurangan Vitamin B12

Jika nutrisi yang diserap oleh tubuh seimbang, maka tubuh Anda juga akan lebih prima dan tak lagi mudah lupa akan hal-hal penting. Anda juga bisa menambahkan rutinitas berolahraga guna memaksimalkan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Sementara bila masalah sering lupa berlangsung dalam waktu lama dan makin parah dari waktu ke waktu, maka segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan memberikan konseling atau obat-obatan, bisa juga gabungan keduanya, untuk membantu mempertajam daya ingat sesuai dengan penyebab sering lupa yang Anda alami.

Baca Selengkapnya: Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tak Mudah Lupa

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Forgetfulness — 7 types of normal memory problems. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/forgetfulness-7-types-of-normal-memory-problems)
7 common causes of forgetfulness. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/7-common-causes-of-forgetfulness-201302225923)
See Why We Forget Things. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/explanations-for-forgetting-2795045)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app