Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Amnesia - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.314.001 orang

Apakah kamu pernah menyaksikan acara 50 first dates yang dibintangi oleh Adam Sanddler dan Drew Barrymore?.

Kisah romantis yang dibalut dengan peristiwa tragis yang menimpa Drew karena mengalami kehilangan ingatan jangka pendek, sehingga harus membuat Adam membuat Drew jatuh cinta setiap hari kepadanya. Keadaan ini lah yang disebut dengan amnesia.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Berbeda dengan amnesia yang selama ini Anda ketahui dari sinetron layar kaca, yang dimana jika seseorang mengalami amnesia, mereka pasti lupa akan jati diri mereka seutuhnya.

Jadi bagaimana sebenerannya yang dimaksud dengan amnesia? Amnesia merujuk pada hilangnya sebagian atau sepenuhnya memori. Kebiasaan pelupa memang umum dan normal terjadi pada orang tua

Namun, ketika kehilangan memori mulai mengganggu kegiatan kehidupan sehari-hari, pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui tanda-tanda penyakit yang lebih dalam sangat diperlukan. 

Tanda-tanda Amnesia yang harus kamu ketahui

Ada beberapa tanda-tanda amnesia. Amnesia adalah hilangnya memori, seperti fakta-fakta, informasi dan pengalaman. Amnesia umumnya tidak menyebabkan hilangnya identitas diri.

Seseorang dengan amnesia yang disebut dengan sindrom amnestik - biasanya jernih dan tahu siapa mereka, tetapi mungkin mengalami kesulitan mempelajari informasi baru dan membentuk kenangan baru. Amnesia bisa disebabkan oleh kerusakan area otak yang penting untuk proses memori. 

Tidak seperti episode sementara kehilangan memori (transient global amnesia), amnesia bisa bersifat permanen. Tidak ada pengobatan khusus untuk amnesia, tapi teknik untuk meningkatkan memori dan dukungan psikologis dapat membantu orang dengan amnesia dan keluarga mengatasinya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kebanyakan orang dengan amnesia memiliki masalah dengan memori jangka pendek – mereka tidak dapat menyimpan informasi baru. Kerap kali orang dengan amnesia akan melupakan kenangan-kenangan yang terjadi dalam waktu dekat, namun tetap mengingat kenangan-kenangan yang terjadi pada waktu lampau.

Orang dengan amnesia biasanya bisa memahami kata-kata tertulis dan lisan dan dapat belajar keterampilan seperti naik sepeda atau yang lainnya. 

Beberapa jenis Amnesia yang mungkin tidak kamu ketahui

Walaupun umumnya seseorang yang amnesia masih bisa mengingat identitasnya sendiri, namun perlu diingat bahwa ada beberapa tipe amnesia, sehingga tingkat keparahan dari gejala “lupa”nya sendiri bermacam-macam, yakni :

  • Emotional/hysterical amnesia (fugue amnesia)
    hilangnya memori karena trauma psikologis seperti kejahatan seksual. Kondisi ini biasanya tidak menetap.
  • Anterograde amnesia
    kejadian baru dalam ingatan jangka pendek tidak ditransfer ke ingatan jangka panjang yang permanen. Penderitanya tidak akan bisa mengingat apapun yang terjadi setelah munculnya amnesia ini walaupun baru berlalu sesaat.
  • Retrograde amnesia
    ketidakmampuan memunculkan kembali ingatan masa lalu yang lebih dari peristiwa lupa biasa.
  • Lacunar amnesia
    ketakmampuan mengingat kejadian tertentu, seperti ingatan jangka pendek.
  • Posthypnotic amnesia
    hilangnya memori yang disebabkan oleh hipnotis. Bisa meliputi ketakmampuan mengingat peristiwa-peristiwa yang terjadi selama hipnotis atau informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang.
  • Korsakoff syndrome
    hilangnya memori karena konsumsi alkohol jangka panjang.
  • Transient global amnesia
    hilangnya memori spontan yang bisa berlangsung antara beberapa menit hingga beberapa jam dan biasanya dialami oleh orang berusia baya dan lanjut.

Selain itu juga ada jenis amnesia lain yang cukup parah yaitu:

  • Amnesia parsial
    ketidakmampuan mengingat beberapa orang dalam jangka waktu 3 tahun bahkan selamanya, kejadian ini biasanya disebabkan oleh seseorang tersebut mengalami operasi transplantasi sum-sum tulang belakang.
  • Kejadian ini cukup langka karna tidak banyak orang yang mau untuk melakukan tranplantasi sum-sum tulang belakang untuk pengobatan penyakit Thalassemia Mayor.

Apakah Amnesia sama dengan Demensia?

Amnesia tidak sama dengan demensia. Demensia sering mencakup kehilangan memori, tetapi juga melibatkan masalah kognitif yang signifikan yang mengarah pada penurunan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pola kelupaan juga merupakan gejala umum dari penurunan kognitif ringan tapi memori dan masalah kognitif lainnya di penurunan kognitif ringan tidak separah seperti yang dialami dalam demensia.

Kapan penderita Amnesia harus memeriksakan dirinya ke dokter?

Beberapa gejala yang membahayakan dan harus segera mendapatkan penanganan dokter seperti hilangnya memori secara tiba-tiba, mengalamigt;cedera kepala, bigung dan disorientasi serta tidak bisa mengenal lokasi. Harus segera mendapat perawatan medis.

Seperti yang disinggung sebelumnya, amnesia tidak bisa disembuhkan, oleh karena itu, dukungan dari keluarga sangat diperlukan untuk menjaga kualitas hidup seseorang yang mengalami amnesia.


Referensi

Allen, RJ. (2018). Classic and Recent Advances in Understanding Amnesia. F1000Research, DOI: 10.12688/f1000research.13737.1.

Barclay, R. Healthline (2016). Amnesia.

Better Health (2014). Amnesia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini