Kembar Siam: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 28, 2019 Waktu baca: 6 menit
Kembar Siam: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu kembar siam?

Ketika kembar lahir dengan tubuh mereka terhubung, mereka disebut kembar siam. Beberapa anak kembar hanya memiliki sedikit jaringan, dan kedua anak mungkin memiliki semua organ dan struktur lain yang mereka butuhkan.

Biasanya, koneksi lebih kompleks. Dalam beberapa kasus, anak-anak dapat berbagi:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  • Organ vital, seperti 1 jantung
  • Banyak struktur, seperti beberapa bagian dari sistem pencernaan, genital dan kemih
  • Sebagian besar tubuh, seperti semua tubuh bagian bawah
  • Bagian otak dan tengkorak

Apa yang menyebabkan kembar siam?

Kembar siam dimulai sebagai sel telur tunggal yang dibuahi. Terkadang satu telur terbelah dua untuk membuat 2 kembar identik yang terpisah. Biasanya ini terjadi sekitar 2 minggu setelah sel telur dibuahi.

Ada 2 ide tentang apa yang menyebabkan kembar siam:

  • Telur membelah terlambat dan tidak membelah sepanjang jalan.
  • Telur membelah tetapi kemudian bergabung kembali.

Harapan untuk Si kembar siam

Saat ini kembar siam lebih banyak yang bertahan hidup daripada di masa lalu. Ini merupakan hasil dari kemajuan dalam studi pencitraan, teknik bedah dan anestesi. Meski begitu, sekitar 40% dari kembar siam tidak berhasil hidup ketika mereka lahir. Sekitar 35% meninggal dalam sehari setelah mereka lahir karena organ mereka tidak dapat menunjang kehidupan mereka.

Tujuan perawatan rumah sakit adalah memberi kedua anak kesempatan terbaik untuk kualitas hidup yang baik. Kadang pembedahan untuk memisahkan si kembar adalah pilihan terbaik. Keberhasilan operasi pemisahan tergantung pada banyak faktor, terutama di mana si kembar terhubung dan struktur mana yang mereka bagi. Seringkali, kedua kembar bertahan hidup. Tetapi kadang-kadang 1 atau keduanya mati, biasanya karena cacat lahir yang serius.

Terkadang operasi pemisahan tidak mungkin dilakukan. Beberapa kembar siam memiliki kehidupan yang bahagia, sehat, meski tubuhnya tetap terhubung.

Gejala si kembar siam

Kembar siam dapat terhubung satu sama lain dengan berbagai cara. Kesehatan mereka dan gejala apapun tergantung pada:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  • Bagaimana setiap bayi berkembang.
  • Struktur mana yang mereka saling berbagi.
  • Seberapa baik organ mereka bekerja.
  • Perkembangan paru-paru mereka. Kembar siam biasanya lahir lebih awal dan memiliki masalah pernapasan.

Kelompok dokter menggabungkan kembar ke dalam kategori berikut berdasarkan bagian mana mereka menyatu.

1. Menyatu di dada

Ini adalah tipe yang paling umum, terhitung ada sekitar 40% dari kembar siam. Kembar tipe ini biasanya saling berhadapan muka. Jenis ini disebut thoracopagus.

Dalam sekitar 75% kasus, si kembar berbagi hati. Kembar yang menyatu di dada juga dapat berbagi hati, saluran empedu (yang membawa empedu) dan saluran pencernaan bagian atas (kerongkongan, lambung dan usus kecil).

2. Menyatu dari tulang dada ke pinggang

Kembar tipe ini juga bertatap muka. Jenis ini disebut omphalopagus atau xiphopagus. Si kembar dapat berbagi hati, saluran empedu dan saluran pencernaan bagian atas. Sekitar 34% dari kembar siam ada di grup ini.

3. Menyatu di punggung bawah (sakrum) dan area bokong

Kembar tipe ini saling membelakangi. Jenis ini disebut pygopagus. Si kembar dapat berbagi bagian dari saluran pencernaan bagian bawah (usus besar, rektum dan anus) dan bagian dari kerangka, sistem saraf dan alat kelamin. Sekitar 18% dari kembar siam ada di grup ini.

4. Menyatu di daerah panggul, mungkin hingga tulang dada

Biasanya, si kembar ini sebagian saling berhadapan. Tetapi mereka mungkin berorientasi satu sama lain dengan cara yang berbeda. Mereka dapat berbagi hati dan saluran empedu, bagian dari saluran pencernaan bagian bawah dan semua yang lebih rendah, sistem genital dan kemih dan bagian dari kerangka. Sekitar 6% dari kembar siam ada di grup ini. Jenis ini termasuk kembar ischiopagus dan pygopagus.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

5. Menyatu di kepala

Si kembar siam ini dapat berbagi tengkorak, otak, dan bagian lain dari sistem saraf. Tipe ini disebut craniopagus. Sekitar 2% dari kembar siam ada di grup ini.

Mendiagnosis Kembar siam

Selama masa kehamilan

Dalam kebanyakan kasus, dokter menemukan bahwa kembar menempel atau menyatu selama USG rutin pada akhir trimester pertama kehamilan atau pada trimester kedua. 

Studi yang dapat dilakukan meliputi:

  • Ultrasonografi
  • Ekokardiografi
  • MRI prenatal (magnetic resonance imaging)

Dokter yang merawat kembar siam akan berdiskusi dengan Anda tentang apa yang perlu dipersiapkan, termasuk apakah prosedur pemisahan memungkinkan untuk dilakukan. Beberapa orang tua melanjutkan kehamilan mereka. Yang lain memutuskan untuk mengakhiri kehamilan mereka.

Jika kehamilan berlanjut, rumah sakit akan dengan cermat memantau kondisi bayi. Ini membantu Anda dan tim kesehatan Anda mempersiapkan tes diagnostik dan perawatan yang dibutuhkan si kembar begitu mereka dilahirkan. 

Setelah persalinan

Biasanya persalinan melalui operasi caesar (operasi caesar) akan dijadwalkan sebulan sebelum tanggal jatuh tempo kelahiran si kembar. Ini karena persalinan melalui vagina terlalu sulit untuk ibu dan bayi. Rumah sakit merekomendasikan persalinan bayi di University of Washington oleh dokter kandungan yang berpengalaman dengan kehamilan berisiko tinggi. 

Rumah sakit memiliki keahlian untuk melakukan ini dan tes lainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang kondisi kembar siam:

  • Arteriografi untuk memeriksa bagian dalam pembuluh darah (arteri) menggunakan sinar-X dan pewarna khusus
  • Ekokardiografi untuk memeriksa seberapa baik otot jantung bekerja
  • Elektrokardiografi untuk mempelajari detak jantung dan ritme
  • Ultrasonografi untuk membuat gambar organ dan struktur di dalam tubuh menggunakan gelombang suara
  • CT scan (computed tomography), menggunakan komputer dan sinar-X untuk membuat gambar di dalam tubuh
  • MRI (magnetic resonance imaging), yang menghindari radiasi yang digunakan dalam CT scan

Tes-tes ini memberikan informasi penting kepada tim kesehatan rumah sakit tentang kesehatan bayi dan bagaimana mereka terhubung. Ini akan membantu Anda dan tim perawatan kesehatan memutuskan cara merawat si kembar.

Mengobati Kembar Siam

Bayi akan mendapatkan perawatan di Unit Perawatan Intensif Neonatal (NICU) Tingkat IV. NICU menyediakan tingkat perawatan tertinggi, termasuk alat bantu canggih untuk bernafas.

Perawatan bayi akan tergantung pada kesehatan setiap kembar dan posisi tempat mereka menyatu.

1.Membuat rencana perawatan

Perawatan untuk setiap pasangan kembar adalah unik. Koneksi antara tubuh si kembar dapat berkisar dari cukup sederhana hingga sangat kompleks.

  • Kedua anak mungkin memiliki semua organ dan struktur lain yang mereka butuhkan.
  • Mereka mungkin berbagi beberapa struktur atau organ vital, seperti jantung. Kemungkinan dokter tidak perlu memisahkan si kembar.
  • Tubuh mereka kemungkinan dapat mendukung kehidupan keduanya, atau mungkin sulit bagi 1 atau keduanya untuk bertahan hidup karena masalah kesehatan.
  • Tim layanan kesehatan anak kembar Anda akan melakukan tes selama kehamilan dan setelah lahir untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang anatomi bayi dan seberapa baik tubuh mereka bekerja. Tim akan menggunakan informasi ini untuk membuat rencana perawatan terperinci. 

2. Memutuskan tentang operasi pemisahan

Keputusan melakukan operasi untuk memisahkan bayi kembar Anda tergantung pada peluang mereka untuk bertahan hidup dan kualitas hidup pada setiap bayi.

Kadang-kadang operasi pemisahan tidak dimungkinkan karena berbagai alasan, jadi tetap melekat seperti ini adalah satu-satunya pilihan nyata. Beberapa kembar siam memiliki kehidupan yang bahagia, sehat, meskipun tubuhnya saling menempel.

Pembedahan bisa jadi merupakan pilihan terbaik:

  • Untuk kesehatan fisik kedua anak, sekaligus memberi mereka kesempatan untuk memiliki tubuh dan kehidupan yang mandiri
  • Karena 1 kembar tidak dapat bertahan hidup karena cacat lahir yang parah dan perpisahan adalah satu-satunya cara untuk memberi kembar lainnya kesempatan untuk hidup

Biasanya, kembar menjalani operasi pemisahan dalam 3 bulan pertama hingga 12 bulan kehidupan. Keberhasilan operasi pemisahan tergantung pada banyak faktor, terutama di mana si kembar terhubung dan struktur mana yang mereka bagi.

Tim kesehatan Anda akan berbicara dengan Anda tentang seperti apa kehidupan saudara kembar Anda apakah mereka bergabung atau berpisah. Mereka akan membantu Anda mempertimbangkan opsi mana yang terbaik untuk anak kembar Anda.

3. Memisahkan si kembar

Saat rumah sakit merencanakan dan mempersiapkan operasi, anak kembar Anda akan mendapatkan perawatan dari berbagai jenis pakar. Mereka akan bekerja sama untuk merencanakan langkah-langkah dan waktu operasi serta perawatan yang dibutuhkan anak-anak sebelum dan sesudah. Seorang dokter akan mengawasi tim dan mengkoordinasikan semua rencana.

Dalam kebanyakan kasus, dokter akan melakukan operasi pemisahan setelah si kembar Anda setidaknya berusia 3 bulan. Ini memungkinkan dokter untuk:

  • Melakukan studi pencitraan dan tes lain yang diperlukan untuk mempelajari tentang tubuh bayi kembar Anda.
  • Prosedur apa pun yang dibutuhkan bayi untuk mempersiapkan pemisahan mereka. 
  • Tubuh bayi berkembang dan menjadi lebih kuat. Ini akan mempermudah dokter untuk melakukan operasi dan mempermudah si kembar untuk bertahan selama operasi.

Dalam beberapa kasus, kembar siam harus dipisahkan sebelum mereka berusia 3 bulan karena keadaan kesehatan yang darurat atau masalah yang tidak bisa menunggu.

Dua tim akan bekerja sama untuk memisahkan kembar. Setiap tim termasuk ahli bedah, ahli anestesi dan perawat.

Perawatan-tindak lanjut

Entah mereka tetap terhubung atau berpisah, anak kembar Anda akan memerlukan kunjungan tindak lanjut jangka panjang selama masa kanak-kanak dan masa dewasa awal mereka. Tim layanan kesehatan akan memeriksa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. 

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Conjoined twins separated at the University of Minnesota. Health Sciences - University of Minnesota. (https://www.health.umn.edu/news/features/conjoined-twins-separated-university-minnesota)
Conjoined Twins - an overview. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/conjoined-twins)
Dialogue on Genetic Catastrophe: The 3,000-year history of conjoined twins. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1071535/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app