Insect Bite Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali Insect Bite lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Jul 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Insect Bite Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Hernia inguinalis adalah tonjolan jaringan di dekat lipatan antara perut dan paha bagian dalam anak. 

Sebelum lahir, normal bagi bayi untuk memiliki kantung kecil dan tipis yang menahan usus mereka. Kantung itu seharusnya tertutup rapat sebelum kelahiran. Kadang kantung tidak tertutup rapat, meninggalkan lubang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Jaringan kemudian dapat meluncur ke dalam kantung dan jatuh ke terowongan alami di dinding perut. Jaringannya bisa berupa usus atau, pada anak perempuan, ovarium. Ini disebut hernia inguinalis.

Pada anak laki-laki, kadang-kadang cairan memasuki lubang di kantung. Ini disebut hidrokel.

Jika anak menderita hernia, terowongan di dinding perut dan lubang di kantung muncul ketika bayi Anda lahir (bawaan). Tetapi Anda mungkin tidak melihat tonjolan selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun.

 Jika kantung tidak menutup dengan benar, jaringan dapat membesar pada usia berapa pun.

Apakah hernia inguinalis merupakan keadaan darurat?

Ada 2 jenis hernia inguinalis yang umum. Satu merupakan keadaan darurat, dan satunya tidak:

  • Pada reducible hernia, tonjolan akan hilang-timbul. Anda mungkin melihatnya hanya ketika anak menangis, batuk, tegang, berlari atau berdiri. Jenis hernia ini tidak menyebabkan kerusakan, tetapi membutuhkan pembedahan untuk mencegah masalah yang lebih serius.
  • Pada incarcerated hernia, tonjolan selalu ada dan terasa sakit. Jenis hernia ini membutuhkan perawatan segera. Jaringan yang tergelincir mungkin terperangkap. Pasokan darah ke jaringan mungkin terputus, menyebabkannya mati. Atau, jika usus telah tergelincir, ada kemungkinan tersumbat.

Apakah laki-laki dan perempuan dapat mengalami hernia inguinalis?

Baik anak laki-laki maupun perempuan dapat mengalami hernia inguinalis, tetapi anak laki-laki 10 kali lebih mungkin mengalami hernia. Antara 1% dan 5% anak laki-laki yang baru lahir menderita hernia inguinalis.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Gejala Hernia Inguinalis 

Gejala utama hernia inguinalis adalah tonjolan atau pembengkakan yang dapat Anda lihat di bawah kulit anak. Tonjolan itu berada di dekat lipatan antara perut dan paha anak. 

Pada anak laki-laki, pembengkakan dapat meluas ke skrotum. Pada anak perempuan, dapat meluas ke labia.

Banyak anak dengan hernia tampak nyaman dan bertindak normal. Anak-anak lain akan rewel atau mengeluh sakit saat berolahraga. Jika tonjolan muncul tiba-tiba, anak mungkin menjadi rewel, menangis kesakitan atau tidak mau makan.

Gejala dapat tergantung pada jenis hernia:

  • Pada reducible hernia, tonjolan dapat muncul hanya ketika anak menangis, batuk, tegang, berlari atau berdiri. Ini menciptakan lebih banyak tekanan di perut anak. Ketika anak santai atau beristirahat, hernia mungkin tampak bersembunyi (ketarik).
  • Jika anak menderita incarcerated hernia, tonjolan itu selalu ada. anak mungkin akan merasakan sakit. Mereka mungkin muntah, dan tonjolan itu terasa keras. (Incarcerated hernia adalah keadaan darurat, dan anak akan perlu segera dioperasi.)

Mendiagnosis hernia inguinalis

Dokter akan meninjau riwayat medis anak dan melakukan pemeriksaan fisik yang cermat. Jarang pengujian atau pencitraan apa pun diperlukan untuk mendiagnosis hernia inguinalis.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kebanyakan hernia terjadi di sisi kanan. Tetapi hernia inguinalis dapat terjadi di sisi kiri atau di kedua sisi secara bersamaan. Dokter akan memeriksa kedua sisi pada anak.

Dokter anak akan memeriksa perut anak dan daerah antara perut dan paha bagian dalam. Pada anak laki-laki, dokter kemungkinan besar akan memeriksa skrotum untuk merasakan hernia.

Dokter akan memeriksa untuk melihat apakah tonjolan bertambah besar ketika anak menangis, batuk atau mengejan, atau jika tonjolan itu ada sepanjang waktu. Ini dapat membantu Anda dan dokter anak menentukan waktu perawatan.

Mengobati hernia inguinalis

Hernia inguinalis, apakah hilang-timbul atau selalu ada, tidak akan hilang jika dibiarkan sembuh sendiri. 

Bahkan tonjolan yang tampaknya sudah hilang bisa timbul lagi dan menjadi lebih besar ketika anak menangis, batuk, berlari atau tegang selama buang air besar. Ini bisa membuat anak tidak nyaman.

Langkah pertama dalam merawat hernia inguinalis adalah dengan mencoba menekan dengan lembut jaringan yang menggembung kembali melalui terowongan di perut. Ini disebut mengurangi hernia. 

Jika dokter dapat melakukan ini (anak menderita reducible hernia), rumah sakit sarankan anak segera dioperasi, mungkin dalam beberapa minggu, untuk menutup lubang sehingga hernia tidak kembali.

Jika dokter tidak dapat menekan jaringan yang menggembung kembali ke tempatnya, anak akan perlu segera dioperasi. Ini keadaan darurat karena itu berarti jaringannya terperangkap (anak menderita incarcerated hernia). 

Jaringan tidak mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup.

Jika anak menderita hernia di kedua sisi (atau jika dokter bedah mencurigai anak mungkin mengalaminya), dokter bedah akan berdiskusi dengan Anda tentang opsi untuk evaluasi dan perawatan.

Operasi untuk hernia inguinalis

Pada saat operasi, rumah sakit akan memberikan obat pada anak (anestesi umum) untuk membuat mereka tidur tanpa rasa sakit. Selama operasi untuk hernia inguinalis, ahli bedah anak membuat sayatan yang sangat kecil di perut bagian bawah. 

Dokter bedah dengan lembut mendorong jaringan yang menggembung kembali ke dalam perut. Kemudian ahli bedah menjahit menutup kantung yang menyembul melalui terowongan di perut.

Pada anak perempuan, dokter bedah kemudian menjahit menutup terowongan di perut. Pada anak laki-laki, dokter bedah meninggalkan terowongan, yang berada di antara perut dan skrotum. 

Mereka meninggalkannya karena pembuluh darah untuk testis dan tabung yang membawa sperma berjalan melalui terowongan. Terowongan itu bukan masalah; hernia diperbaiki hanya dengan menutup kantung yang menembus.

Akhirnya, dokter bedah akan menutup sayatan di kulit anak.

Operasi ini memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. anak akan berada di ruang pemulihan selama 30 menit hingga satu jam.

Biasanya anak bisa pulang pada hari yang sama dengan operasi. Bayi prematur yang menjalani pembedahan mungkin perlu menginap di rumah sakit agar rumah sakit dapat mengawasi mereka dengan cermat.

Anda akan diberi nomor telepon sehingga Anda dapat menghubungi staf rumah sakit. Anda dapat menelepon siang atau malam dengan masalah apa pun.

Perawat klinik bedah akan menghubungi Anda 5 hingga 7 hari setelah operasi untuk tindak lanjut. Jika semuanya baik-baik saja, Anda tidak perlu kembali ke klinik. 

Jika Anda atau perawat memiliki masalah untuk penyembuhan anak, rumah sakit akan mengatur kunjungan untuk Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Treatment for Insect Stings and Bites. Parents. (https://www.parents.com/baby/injuries/bug-bites/insect-bites/)
Insect bites and stings - Treatment. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/insect-bites-and-stings/treatment/)
How To Treat Bites & Stings From Spiders, Insects, & Bugs. WebMD. (https://www.webmd.com/first-aid/insect-bites-and-and-stings-children)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app