8 Jenis Sakit Kepala Berkepanjangan dan Gejalanya

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Jenis Sakit Kepala Berkepanjangan dan Gejalanya

Banyak sekali orang yang mengalami sakit kepala dengan intensitas sering dan mengabaikannya. Anda mungkin juga tidak tahu apa penyebab munculnya sakit kepala ini karena terkadang sensasinya berbeda-beda. Ternyata, memang ada banyak tipe sakit kepala dengan penyebab dan gejala yang berbeda-beda.

Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala berkepanjangan atau kronis dibedakan menjadi dua, yaitu sakit kepala kronis primer atau sakit kepala murni tanpa disebabkan penyakit lain, dan sakit kepala kronis non-primer atau sakit kepala kronis yang disebabkan penyakit lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Jenis sakit kepala berkepanjangan dan gejalanya

Banyak kasus sakit kepala kronis primer yang tidak terdeteksi penyebabnya. Sedangkan sakit kepala kronis non-primer mempunyai sejumlah penyebab, antara lain infeksi, peradangan atau gangguan pembuluh darah otak, tumor otak, cedera dan gangguan tekanan pada otak.

Sejumlah jenis sakit kepala berkepanjangan yang biasa dikeluhkan antara lain :

1. Sakit kepala tegang kronis

Sakit kepala jenis ini diawali dengan gejala rasa sakit yang menekan pada dua sisi kepala. Intensitasnya mulai dari ringan sampai menengah. Sakit kepala tegang kronis bisa muncul tanpa pemicu dari aktivitas fisik.

2. Migrain kronis

Migrain jenis ini umumnya terjadi pada orang yang pernah mengalami migrain sebelumnya. Migrain kronis juga bisa diakibatkan oleh aktivitas fisik rutin.

Gejala migrain kronis adalah sakit kepala di satu atau dua sisi kepala, sensasi berdenyut, dan menimbulkan rasa sakit sedang hingga sakit luar biasa. 

Baca Selengkapnya: Kenali Jenis-Jenis Migrain Agar Mudah Mengatasinya

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

3. Sakit kepala yang tiba-tiba muncul dan terjadi terus-menerus

Sakit kepala jenis ini cenderung terjadi mendadak. Gejalanya adalah sakit kepala yang menekan atau kepala terasa mengencang. 

Rasa sakit kepala ini umumnya mulai dari ringan sampai menengah, tanpa dipicu oleh aktivitas tertentu. Biasanya terjadi selama 3 hari berturut-turut di serangan pertama.

4. Hemicrania continua

Gelaja awal sakit kepala jenis hemicrania continua adalah sakit kepala pada salah satu sisi kepala dan terjadi terus-menerus dengan intensitas yang naik turun. Tak jarang, mata ikut berair dan merah pada bagian yang sakit. Hidung pun akan tersumbat dan berair, kelopak mata tampak menurun dan pupil cenderung membesar.

5. Sakit kepala berulang (rebound headaches)

Sakit kepala berulang kerap diakibatkan oleh penggunaan obat pereda nyeri berlebihan. Pemakaian obat pereda nyeri untuk jangka waktu lama dimungkinkan akan mengakibatkan sakit kepala rebound.

6. Sakit kepala karena peningkatan tekanan intrakranial (di dalam rongga kepala)

Jenis sakit kepala ini bisa dipengaruhi oleh tumor otak, kista, atau volume cairan otak yang meningkat sehingga tekanan di kepala ikut meningkat. Gejalanya meliputi sakit kepala yang muncul mendadak, parah, dan diiringi gejala gangguan saraf lain seperti muntah, kejang-kejang, hingga gangguan penglihatan.

7. Sindrom pascatrauma

Sakit kepala berkepanjangan yang terjadi setelah trauma kepala.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

8. Sakit kepala karena usia lanjut

Biasa dialami oleh orang di atas usia 60 tahun, yang dipengaruhi oleh tekanan bola mata yang meningkat atau disebut glaukoma, pasca sembuh dari infeksi herpes, penyakit pembuluh darah seperti arteritis sel raksasa atau alasan psikologis.

Yang perlu dilakukan saat terkena sakit kepala berkepanjangan

Untuk mengatasi beragam sakit kepala berkepanjangan, maka perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab sakit kepala, apakah karena gangguan saraf, riyawat pernah mengalami sakit kepala akut, atau infeksi.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan CT-scan atau MRI. Jika diperlukan, dokter juga akan beker jasama dengan spesialis, seperti neurolog atau psikiater, guna mengetahui penyebabnya dan merumuskan diagnosis. Pada sejumlah kasus, terdapat kemungkinan sakit kepala konstan yang memerlukan pengobatan jangka panjang.

Yang juga perlu dipahami adalah bahwa orang yang menderita sakit kepala berkepanjangan juga berisiko menderita gangguan lain. Contohnya adalah kecemasan, gangguan  tidur, depresi, serta gangguan fisik dan psikologis lainnya. 

Sebaiknya jangan remehkan sakit kepala berkepanjangan yang sedang dialami. Segera berkonsultasi dengan dokter bila sakit kepala yang Anda alami tidak segera membaik. Dokter akan membantu menemukan jenis sakit kepala berkepanjangan yang Anda alami dan memberikan penanganan secepatnya.

Baca Juga: Cara Membedakan Sakit Kepala Biasa, Sinus, dan Migrain

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA approves new treatment for patients with migraine. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-new-treatment-adults-migraine.
FDA approves new treatment for patients with migraine. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-new-treatment-patients-migraine.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. March 30, 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app