Ini Ciri-Ciri Sperma Sehat dan Kelainan Sperma yang Bikin Istri Susah Hamil

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ini Ciri-Ciri Sperma Sehat dan Kelainan Sperma yang Bikin Istri Susah Hamil

Selama ini, kaum wanita sering kali dikambinghitamkan sebagai penyebab pasangan suami istri belum juga dikaruniai anak. Padahal, masalah kesuburan juga bisa terjadi dari sisi pria. Ya, masalah sulit hamil juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada sperma si suami. Lantas, sebetulnya seperti apa ciri-ciri sperma sehat dan apa saja kelainan sperma yang membuat istrinya susah hamil? Berikut informasi lengkapnya.

Seperti ini ciri-ciri sperma sehat

Sperma terkandung di dalam air mani pria yang akan dikeluarkan ketika pria ejakulasi. Sperma ini akan disalurkan menuju vagina dan rahim ketika berhubungan intim.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Sperma yang sehat tentu akan semakin optimal dalam membuahi sel telur hingga terjadi kehamilan. Sperma pria dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pola hidup, pola makan, stres, dan sebagainya. 

Ada 3 hal yang menentukan sehat atau tidaknya sperma pria, yaitu kemampuan gerak, jumlah, dan bentuk sperma. Nah, berikut ini ciri-ciri sperma sehat pada pria, yakni:

1. Kemampuan gerak

Sperma harus melewati beberapa organ reproduksi wanita yang cukup panjang agar bisa masuk ke tuba falopi. Karena itulah, sperma yang sehat harus memiliki kemampuan gerak yang lincah untuk mencapai dan membuahi sel telur di dalam tuba falopi. 

Secara umum, jumlah keseluruhan sperma dalam air mani yang dapat bergerak adalah minimal 40 persen dengan 25 persen di antaranya dapat bergerak maju dengan cepat.

2. Jumlah sperma

Ciri sperma normal bisa dilihat dari jumlahnya. Jumlah sperma yang tergolong normal adalah sekitar 15 juta sperma dalam setiap 1 mililiter (ml) air mani yang dikeluarkan pria ketika ejakulasi. Ketika jumlah sperma sedikit, maka hal ini dapat menyebabkan wanita lebih sulit hamil.

3. Bentuk dari sperma

Normalnya, sperma terdiri dari kepala dan ekor. Kepala sperma berbentuk lonjong dengan ekor di bagian belakangnya yang berbentuk panjang untuk membantu sperma 'berenang' menuju sel telur.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Dari seluruh sperma yang dihasilkan, minimal 30 persennya harus memiliki bentuk yang normal. Jika kurang, maka sangat dimungkinkan wanita kesulitan untuk hamil karena ketidaknormalan bentuk sperma.

Baca Selengkapnya: 15 Makanan Kesuburan yang Meningkatkan Jumlah Sperma dan Volume Semen

Apa saja kelainan sperma yang bisa bikin istri susah hamil?

Ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan sperma sulit membuahi sel telur. Berikut ini adalah beberapa kelainan sperma yang membuat wanita sulit hamil, antara lain:

1. Oligospermia

Oligospermia adalah kondisi ketika jumlah sperma lebih sedikit daripada yang seharusnya, yakni kurang dari 15 juta sel sperma/ml air mani. Padahal, jumlah spemra yang normal adalah sekitar 20 juta sel sperma/ml air mani pada saat ejakulasi. Penyebab oligospermia pada pria bisa bermacam-macam, bisa karena kebiasaan merokok, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga terkena penyakit menular seksual.

Sebetulnya, masih ada kemungkinan pria yang mengalami oligospermia bisa membuahi sel telur hingga menyebabkan kehamilan. Akan tetapi, peluangnya bisa dibilang cukup kecil mengingat jumlahnya yang kurang dari normal. 

2. Teratozoospermia

Teratozoospermia adalah kelainan sperma berupa bentuk yang tidak normal sehingga sperma tidak dapat membuahi sel telur. Normalnya, sperma memiliki bentuk kepala yang lonjong dengan ekor yang panjang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli AFOLAT TAB 100S via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Afolat tab 100s 1

Penyebab teratozoospermia bisa karena faktor penyakit seperti penyakit celiac dan Hodgkin hingga faktor usia. Ketika seorang pria mengalami teratozoospermia, maka istrinya masih memungkinkan untuk hamil dengan bantuan prosedur bayi tabung

3. Asthenozoopermia

Asthenozoopermia adalah kelainan sperma yang ditandai dengan ketidakmampuan sperma untuk bergerak cepat. Padahal, dibutuhkan sekurang-kurangnya 25 persen dari sperma yang dapat bergerak cepat agar dapat mencapai sel telur di dalam rahim. Penyebab asthenozoopermia bisa karena terlalu sering berendam air hangat, merokok, kelainan kromosom, dan faktor usia.

4. Azoospermia

Lain dengan oligospermia yang masih memungkinkan istrinya bisa hamil dan punya anak, pria yang mengalami azoospermia tidak demikian. Pasalnya, kelainan sperma ini menyebabkan pria tidak memiliki sperma sama sekali pada cairan air mani yang dikeluarkannya.

Akibatnya, pria tentu tidak dapat membuahi sel telur pasangannya. Untuk mengobati kelainan sperma ini, biasanya dibutuhkan prosedur operasi tertentu untuk merangsang pembentukan sperma dalam air mani. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Pria Mandul Secara Fisik yang Bisa Kamu Amati

65 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 Ways to Increase Male Fertility When You're TTC. Parents. (https://www.parents.com/getting-pregnant/trying-to-conceive/tips/better-babymaking-sperm-healthy/)
Low sperm count. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/low-sperm-count/)
What Can You Do to Improve Your Quality and Quantity?. WebMD. (https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/guide/sperm-count#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app