Kebutuhan Minum Air untuk Perokok, Harus Berapa Banyak?

Jika Anda berolahraga, terutama jika Anda berolahraga secara rutin, Anda perlu meningkatkan asupan air hingga 50 persen. Rata-rata, Anda harus minum setidaknya enam hingga delapan gelas air setiap hari. Tetapi jika Anda telah berolahraga, menangis, berkeringat atau buang air kecil lebih banyak dari biasanya, Anda mungkin perlu minum lebih banyak, bahkan hingga 16 gelas per hari.
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kebutuhan Minum Air untuk Perokok, Harus Berapa Banyak?

Tubuh manusia terdiri dari 65 persen hingga 70 persen air, dengan wanita memiliki lebih sedikit kadar air dan lebih banyak kadar lemak dalam tubuh mereka. Setiap sel dan setiap sistem dalam tubuh bergantung pada air untuk fungsi tubuh yang sehat. 

Tanpa air, seseorang akan cepat mengalami dehidrasi bahkan kematian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Setiap hari, seseorang dapat kehilangan empat liter air melalui napas, air liur, air mata, air seni, kotoran dan keringat. Cairan yang hilang tersebut harus segera diganti. Jika Anda berolahraga, terutama jika Anda berolahraga secara rutin, Anda perlu meningkatkan asupan air hingga 50 persen. 

Rata-rata, Anda harus minum setidaknya enam hingga delapan gelas air setiap hari. Tetapi jika Anda telah berolahraga, menangis, berkeringat atau buang air kecil lebih banyak dari biasanya, Anda mungkin perlu minum lebih banyak, bahkan hingga 16 gelas per hari.

Perokok Harus Minum Lebih Banyak Air Putih

Namun kondisi tersebut hanya berlaku pada seseorang yang bukan perokok. Lalu bagaimana dengan seseorang yang merokok? Apakah harus minum banyak air dari orang yang bukan perokok?

Seperti yang semua orang ketahui, Merokok merupakan suatu kebiasaan yang dapat berujung pada rasa kecanduan. Rokok mengandung berbagai macam zat berbahaya didalamnya. Salah satu zat yang terkandung di dalam rokok yaitu nikotin. 

Nikotin adalah zat atau obat yang sangat membuat ketagihan dan dikenal sebagai penyebab berbagai macam penyakit paru-paru dan tekanan darah tinggi. Jadi, jika Anda merokok dalam waktu lama mungkin ada kemungkinan zat tersebut sudah mulai mempengaruhi tubuh Anda dari dalam.

Bagaimanapun, jika Anda ingin menghidupkan kembali tubuh Anda maka Anda harus segera mulai mengkonsumsi makanan yang dapat membantu Anda menghilangkan residu nikotin dari tubuh Anda dan membantu Anda berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi banyak air. Salah satu efek berbahaya dari nikotin adalah zat tersebut dapat membuat tubuh Anda dehidrasi. Minum banyak air diperlukan untuk memastikan tubuh Anda terhidrasi. 

Untuk Membantu Menghilangkan Racun

Selain itu, mengkonsumsi banyak air dapat membantu menghilangkan racun melalui kulit.

Sampai saat ini masih belum ada takaran pasti berapa banyak kebutuhan minum untuk para perokok aktif. Namun, usahakan minum air putih setidaknya 6-12 gelas per hari, untuk membantu mengeluarkan nikotin di dalam tubuh.

Sebagian air yang dibutuhkan umumnya berasal dari makanan. Umumnya cairan berbasis air apa pun dapat membantu memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh, kecuali minuman yang mengandung kafein, garam, karbohidrat, atau gula. 

Minuman yang mengandung bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. Minuman yang bermanfaat termasuk air, air mineral, teh herbal, jus buah atau jus sayuran.

Minum air tidak hanya dapat membersihkan bagian dalam tubuh, tetapi juga membersihkan bagian luar tubuh dan dapat menjadi terapi kecanduan yang sering menyertai perubahan kebiasaan merokok Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika Anda berencana untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok Anda, pastikan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih pada kehidupan Anda!

Bahan Makanan Lain untuk Membantu Membersihkan Nikotin dari Tubuh

Selain mengkonsumsi banyak air, Berikut daftar makanan dan minuman yang dapat membantu Anda membersihkan nikotin di dalam tubuh Anda:

1. Susu

Menurut penelitian mengungkapkan bahwa perokok yang minum segelas susu sebelum merokok tidak menyukai rasa rokok mereka. Hal tersebut pasti dapat membantu perokok dalam memerangi nikotin.

2. Herbal kering

Herbal Kering kaya akan vitamin A dan B. Vitamin tersebut terbukti sangat berguna dalam mengurangi nikotin dari tubuh.

3. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang berlimpah yang meningkatkan metabolisme dan juga mengurangi stress.

4. Bayam

Bayam mengandung asam folat dan vitamin yang akan membuat tubuh seorang perokok tidak menyukai rasa tembakau. Bayam juga dianggap sebagai salah satu sayuran paling sehat.

5. Brokoli

Brokoli adalah gudang penyimpanan vitamin B5 dan vitamin C. Vitamin tersebut banyak membantu melindungi paru-paru dari nikotin.

6. Jus wortel

Nikotin dikenal dapat merusak kulit. Jus wortel baik untuk kulit, juga keberadaan vitamin A, C, K dan B dalam jus wortel terbukti efisien dalam menghilangkan nikotin dari tubuh.

7. Buah beri

Buah beri memiliki fungsi yang sangat baik dalam menghilangkan racun dari tubuh.

8. Kiwi

Buah kiwi dapat mengembalikan vitamin yang hilang dikarenakan kebiasaan merokok. Vitamin A, C, dan E juga dapat membantu menghilangkan nikotin dari tubuh.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cigarette smoking and drinking water source: correlation with clinical features and pathology of superficial bladder carcinoma. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19440021)
Gestational exposure to nicotine in drinking water: teratogenic effects and methodological issues. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2879318/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app