Makanan dan Diet Sehat

18 Jus Penurun Kolesterol Plus Resep Membuatnya

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 6 menit
18 Jus Penurun Kolesterol Plus Resep Membuatnya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Kombinasi apel, wortel, dan seledri mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal dalam tubuh.
  • Bagi Anda pecinta sayuran, bisa membuat jus penurun kolesterol yang terbuat dari apel, wortel, jahe, bayam, bawang putih, dan peterseli.
  • Kandungan zat flavonoid dan vitamin C pada jeruk nipis mampu menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.
  • Minum jus delima dapat meningkatkan produksi oksidan nitrat yang berfungsi untuk mengurangi plak dalam pembuluh darah. Baik untuk kesehatan jantung.
  • Bila perlu, konsumsi obat kolestrol sesuai dosis dan aturan penggunaan serta tetap lakukan pemeriksaan kadar lemak darah (kolesterol) secara rutin.

Langsung cemas hasil cek kolesterol menunjukkan Anda mengalami kolesterol tinggi? Jangan buru-buru minum obat kolesterol. Mengapa tidak Anda coba mengonsumsi jus penurun kolesterol yang rasanya sudah pasti enak dan segar? Yuk, intip resep lengkapnya berikut ini.

Berbagai jenis jus penurun kolesterol

Kolesterol tinggi adalah penyebab utama penyakit seperti stroke, serangan jantungaterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan angina. Itulah sebabnya, mengapa menjaga kadar kolesterol tetap stabil itu amat penting.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dibutuhkan disiplin diri dan perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Hal tersebut dapat dimulai dengan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh, seperti makanan dan minuman.

Ada beberapa resep yang dapat Anda buat untuk membuat jus penurun kolesterol. Jangan takut untuk bereksperimen dengan jumlah buah atau sayur yang akan Anda masukkan. Lebih banyak buah dan sayuran, maka lebih banyak manfaat yang Anda dapatkan.

Berikut berbagai resep jus penurun kolesterol yang bisa Anda coba buat hari ini, yaitu:

1. Resep 1 - Apel, wortel, dan seledri

Resep kombinasi apel, wortel, dan selederi diyakini dapat menurunkan kolesterol. Anda cukup menyediakan 2 buah wortel, 2 lembar daun seledri, dan 2 buah apel hijau.

Caranya, potong seledri sekitar ½ sampai ¾ bagian, kemudian potong wortel dan apel menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, masukan dalam juicer atau blender hingga halus. Resep ini akan menghasilkan sekitar 375 ml.

Kalau ingin lebih banyak, Anda juga bisa menambahkan sayuran berair seperti mentimun. Rasa jus ini sedikit pahit karena ada campuran daun seledri di dalamnya. Namun, jangan khawatir sebab khasiatnya sangat 'manis' untuk menurunkan kolesterol.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

2. Resep 2 - Apel, lemon, paprika, dan seledri

Campuran buah dan sayur dalam resep kedua ini hampir sama dengan resep sebelumnya. Hanya saja buah wortel diganti dengan lemon dan paprika.

Begini cara membuatnya:

  • Siapkan 2 buah apel hijau, 2 lembar daun seledri, 2 buah paprika, dan 1 iris lemon (tidak dikupas).
  • Potong seledri sekitar ½ sampai ¾ bagian, lalu potong apel dan paprika menjadi potongan-potongan kecil.
  • Tambahkan irisan lemon sebelum semua bahan dimasukkan ke dalam juicer atau blender. 

Resep ini memberikan 400 ml jus yang siap diminum. Agar lebih segar, tambahan 1 iris buah lemon dan menyamarkan rasa pahit.

3. Resep 3 - Apel, wortel, jahe, bayam, bawang putih, peterseli

Resep jus penurun kolesterol ini sedikit berbeda dengan resep-resep sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan resep ini mengandung lebih banyak jenis sayuran.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 genggam bayam, 1/2 sendok makan daun peterseli,  4 buah wortel, 1/2 jahe, 1 siung bawang putih, dan 1 buah apel.
  • Potong  bayam, peterseli, dan jahe sekitar ½ sampai ¾ bagian agar tidak menyumbat mesin penggiling.
  • Potong apel dan wortel menjadi potongan-potongan kecil, serta tambahkan 1 siung bawang putih yang telah dikupas kulitnya. 
  • Masukkan ke dalam blender dan haluskan sampai membentuk jus.

Dengan mengonsumsi jus ini setiap hari selama 4 minggu, maka dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dari 300 mg/dl menjadi 190 mg/dl. Uniknya, tubuh Anda akan merasakan sedikit hangat atau pedas karena kandungan jahe di dalamnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Bagi Anda yang suka manis, Anda juga dapat memasukkan satu buah apel lagi di dalamnya untuk menambah rasa manis.

4. Resep 4 - Apel, seledri, jahe, lemon, bayam, jeruk

Resep jus penurun kolesetrol yang ini merupakan perkembangan dari resep sebelumnya. Hanya saja ditambahkan buah jeruk dan lemon untuk mengurangi sensasi pedas yang ditimbulkan oleh jahe.

Ambil 3 buah apel, 4 daun seledri, 1/4 jahe, 1/2 buah lemon (dengan kulit), 2 genggam bayam, dan 1 buah jeruk yang telah dikupas. Potong semua bahan menjadi kecil-kecil agar mudah diblender. Hasilnya, Anda akan mendapatkan jus sebanyak 790 ml atau sekitar 2 gelas besar.

Rasa jus ini sedikit lebih manis dan tidak terlalu pedas. Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, jus alami ini juga dapat mengatasi masalah gangguan tidur.

5. Resep 5 - Wortel, seledri, brokoli, timun, kangkung, jeruk nipis

Resep yang kelima ini hampir sama khasiatnya dengan resep yang keempat, namun buah lemon diganti dengan jeruk nipis. Jika Anda khawatir dengan kandungan fruktosa yang tinggi, maka gunakan lemon sebagai gantinya karena fruktosanya sangat rendah.

Bahan yang perlu disiapkan adalah 4 buah wortel yang telah dikupas, 3 lembar daun seledri, 1 batang brokoli,  1 buah mentimun, 1 apel hijau, 1 genggam daun kangkung, dan 1 buah jeruk nipis.

Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam blender dan giling hingga haus. Jus penurun kolesterol ini rasanya lebih asam daripada resep keempat karena terdapat jeruk nipis di dalamnya.

6. Resep 6 - Apel, seledri, timun, jahe, jeruk nipis

Resep jus penurun kolesterol yang satu ini merupakan variasi rasa dari resep keempat dan kelima. Resep ini menggunakan jahe dan jeruk nipis untuk mendapatkan sensasi hangat dan sedikit rasa asam.

Anda cukup menyiapkan 3 buah buah apel, 2 buah daun seledri, 1 buah mentimun, 1 buah jahe, dan 1 jeruk nipis. Potong semua bahan tersebut menjadi kecil-kecil, kemudian haluskan semua bahan dalam blender.

Anda akan menghasilkan kira-kira 410 ml jus penurun kolesterol dan bisa dikonsumsi oleh 2 orang. Namun apabila jumlah tersebut masih kurang, maka Anda dapat menambahkan bahannya 2 kali lipat lebih banyak.

Namun, bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi campuran buah dan sayur, Anda bisa memilih salah satunya saja. Bisa jus buah atau jus sayuran saja sesuai selera. Rasanya juga akan lebih nikmat daripada jus campuran buah dan sayur, karena Anda bisa memilih sesuai selera.

7. Jus jeruk nipis

Jeruk nipis banyak mengandung zat flavonoid. Zat tersebut dapat menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga mampu mencegah kerusakan akibat kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung. Dengan rutin mengonsumsi jus jeruk nipis, kadar kolesterol dapat menurun.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

8. Jus mangga

Jus mangga juga dapat dijadikan sebagai jus penurun kolesterol. Selain rasanya yang manis, mangga juga kaya akan vitamin C yang dapat mencegah produksi kolesterol jahat. Kandungan serat di dalamnya juga dapat mengurangi kolesterol jahat yang masuk ke dalam aliran darah.

9. Jus lemon

Jus buah lemon sangat digemari dan banyak ditemukan di kafe dan restoran. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C-nya yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Satu cangkir jus lemon segar mengandung vitamin C sebanyak 94 mg dan lemon mentah mengandung vitamin C sebanyak 112 mg. Kandungan vitamin C dalam lemon mampu mengurangi produksi apo-B yang memicu bertambahnya jumlah kolesterol dalam darah.

Baca juga: Manfaat Jeruk Lemon dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

10. Jus jambu biji

Buah jambu biji banyak mengandung  likopen, yaitu zat yang dapat membatasi produksi kolesterol. Buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, dan selenium. Zat flavonid sangat berpengaruh dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Baca juga: Terbukti Ilmiah! Inilah 26 Manfaat Buah Jambu Biji yang Menakjubkan

11. Jus delima

Buah delima cocok diolah menjadi jus penurun kolesetrol karena keapuhannya dalam membilas plak dalam pembuluh darah. Hal ini karena buah delima dapat meningkatkan produksi oksidan nitrat yang berfungsi untuk mengurangi plak dalam pembuluh darah, sehingga dapat mengatasi kolesterol tinggi.

12. Jus anggur

Buah anggur juga banyak mengandung flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolestrol, mencegah penggumpalan darah, dan menangkal radikal bebas. Selain itu, buah anggur juga banyak mengandung serat dan zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.

13. Jus blueberry

Buah blueberry juga dapat dijadikan jus penurun kolesterol. Ada kandungan pterostilbene di dalamnya yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah.

 14. Jus alpukat

Jus alpukat merupakan jus yang banyak digemari dan mudah untuk didapatkan. Kandungan lemak dalam buah ini mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang berfungsi melawan kolsterol jahat.

15. Jus semangka

Jus semangka tidak hanya segar, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Hal tersebut dikarenakan, buah ini banyak mengandung zat likopen yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

16. Jus tomat

Tomat merupakan sumber likopen dan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Selain berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, jus ini juga bagus apabila dikonsumsi oleh penderita maag kronis.

17. Jus stroberi

Jus penurun kolesterol selanjutnya adalah jus stroberi. Jus ini kaya akan kandungan zat antioksidan yang mampu melawan kolesterol jahat (LDL). Maka tak heran jika jus stroberi sangat direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

18. Jus apel

Jus apel mengandung beta-glucan yang dapat mengendalikan produksi kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan serat dalam buah ini mampu menurunkan kolesterol, mencegah arteri mengeras, mencegah serangan jantung, dan stroke. Jus apel juga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Baca juga:

Selain mengonsumsi jus buah dan sayur, menjaga kadar kolesterol juga dapat dilakukan dengan menghindari kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang banyak terdapat pada gorengan dan makanan cepat saji. Penting juga untuk terus memantau kadar kolesterol Anda dengan cek kolesterol secara rutin.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Effects of kiwifruit consumption on serum lipid profiles and antioxidative status in hyperlipidemic subjects: International Journal of Food Sciences and Nutrition: Vol 60, No 8 (https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/09637480802063517)
Tomato juice decreases LDL cholesterol levels and increases LDL resistance to oxidation. - PubMed - NCBI (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17617941)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app