Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Keluarga Berencana

Jenis Obat Kontrasepsi Darurat untuk Cegah Kehamilan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.110.605 orang

Sebagian dari kamu, yang ingin menghindari kehamilan pasti pernah mengalami saat-saat dimana lupa menggunakan alat pengaman atau kondom atau malah sudah menggunakan namun tidak sengaja robek. 

Untuk menghindari terjadinya kehamilan para ahli medis telah menciptakan alat dan obat kontrasepsi darurat. Adanya pil kontrasepsi darurat membantu mengurangi kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi kriminalis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Postinor-2 adalah kontrasepsi darurat yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan jika digunakan dalam 72 jam (3 hari) setelah hubungan seksual tanpa perlindungan atau kegagalan alat kontrasepsi. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Postinor 750mcg tab 1

Obat kontrasepsi darurat atau juga disebut the morning-after pill adalah obat yang berfungsi mencegah kehamilan setelah berhubungan seksual. Obat ini dikonsumsi oleh wanita segera setelah berhubungan seksual untuk mencegah terjadinya kehamilan. 

Saat ini terdapat tiga macam pencegah kehamilan yang dapat kamu pilih yaitu sebagai berikut:

Levonorgestrel

Pil ini dijual bebas di pasaran tanpa perlu resep dokter. Salah satu merk yang terkenal adalah Postpil Tab 2S. Konsumsi obat ini segera setelah berhubungan seksual dapat mencegah sel telur dibuahi oleh sperma. 

Bahkan ketika sel telur telah dibuahi oleh sperma, obat ini dapat mencegah pelekatan hasil pembuahan pada rahim. Hal ini bisa terjadi karena obat ini mengandung hormon progestin. 

Hormon progestin adalah hormon progesteron yang diproduksi untuk keperluan medis. Hormon ini bertindak dalam penebalan dinding rahim dan vagina mencegah implantasi (penempelan) sel telur yang telah dibuahi. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Saat terbaik mengkonsumsi obat ini adalah sesegra mungkin  setelah berhubungan seksual dan maksimal 72 jam setelah berhubungan meskipun obat ini dapat menurunkan resiko kehamilan sampai dengan 3 hari setelah dikonsumsi.

Karena mengandung hormon, obat ini tidak dikonsumsi harian. Obat ini dianjurkan dikonsumsi saat lupa mengenakan kondom atau kondom robek tanpa kamu tahu. 

Sebaiknya mengkonsumsi obat ini sekali dalam satu bulan karena dapat mengganggu siklus menstruasi. Dosis yang disarankan oleh dokter adalah 1,5 mg. 

Efek samping yang mungkin kamu rasakan setelah meminum obat ini adalah mual, muntah, nyeri pada perut, pusing, peningkatan jumlah darah menstruasi dan diare.

Ulipristal Acetate (Ella)

Berbeda dari levonorgestrel, Ulipristal Acetate merupakan obat kontrasepsi darurat yang memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Obat ini merupakan obat keras dan baru mendapat izin edar oleh BPOM pada bulan Maret 2016. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ulipristal sendiri adalah modulator reseptor progestin yang mencegah hormon luteinizing yang menyebabkan ovulasi. Obat ini juga berfungsi untuk mencegah kinerja hormon progesteron secara normal. Ulipristal Acetate juga digunakan untuk mengobati mioma uteri. Obat ini dapat kamu temukan dalam merk Ellaone.

Dosis aman konsumsi obat ini adalah 30 mg dalam 1 kali minum. Apabila Anda muntah, obat kedua dikonsumsi 3jam setelahnya . Konsumsi Ulipristal dipercaya dapat mengurangi resiko kehamilan 0,8 persen lebih baik dibandingkan konsumsi levonorgestrel.

Keberhasilan obat ini bergantung pada siklus menstruasi dari pengguna. Efek samping dari penggunaan obat ini adalah mual, muntah, sakit kepala, terganggunya siklus menstruasi dan kram perut atau dismenorea.

Intrauterine Device (IUD)

IUD adalah salah satu alat kontrasepsi berbentuk huruf T dengan bahan dasar plastik. Saat ini terdapat dua jenis IUD yaitu berlapis tembaga dan hormon progesteron. 

Pada IUD berlapis tembaga, logam ini berfungsi menghalangi sperma membuahi sel telur. Sementara pada IUD yang mengandung hormon progesteron, menyebabkan cairan serviks menjadi lebih kental dan dinding rahim menipis sehingga meskipun pembuahan terjadi, risiko implantasi berkurang. 

IUD progesteron dapat mengurangi darah yang mengalir keluar pada pasien menorrhagia. IUD dengan tembaga dapat bertahan hingga 12 tahun tergantung dari merk sementara IUD progesteron lebih singkat yaitu 3 hingga 5 tahun. Meski begitu, pengguna alat ini disarankan untuk memeriksa letak alat ini secara rutin.

Penggunaan IUD tercatat efektif mencegah kehamilan. Setidaknya hanya 1 dari 100 pengguna IUD mengalami kehamilan. Para dokter menganjurkan penggunaan IUD karena lebih aman dibandingkan obat kontrasepsi. 

Saat ini terdapat IUD progesteron dengan dosis  rendah yang bisa kamu pilih. Efek samping yang dirasakan setelah penggunaan alat ini adalah menstruasi tidak teratur, kram perut dan darah mens yang lebih banyak pada penggunaan IUD tembaga dan menstruasi singkat bahkan tidak sama sekali pada penggunaan IUD progesteron

Selain efek samping terdapat beberapa masalah yang mungkin kamu hadapi saat memasang alat kontrasepsi ini yaitu alat tiba-tiba keluar, perforasi rahim dan radang panggul akibat infeksi bakteri.

Disclaimer: Artikel ini adalah penjelasan mengenai alat atau obat kontrasepsi darurat secara umum. Untuk mengetahui alat atau obat kontrasepsi darurat yang tepat memerlukan wawancara medis dan pemeriksaan oleh dokter atau bidan. Dengan mengetahui kondisi kamu lebih dalam, dokter atau bidan dapat memberikan pilihan terbaik alat atau obat kontrasepsi darurat yang sebaiknya kamu gunakan.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit