Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Jenis dan Cara Pengobatan Cedera Lutut

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 582.190 orang

Lutut merupakan bagian tubuh yang bekerja keras saat melakukan aktivitas. Beban pada lutut yang terlalu berat dapat menyebabkan cedera. Cedera pada lutut dapat terjadi pada bagian ligamen, tulang rawan, ataupun tulang keras. Cedera pada lutut biasanya terjadi akibat berolahraga terlalu berat.

Munculnya cedera pada lutut ditandai dengan rasa nyeri, memar, dan bengkak. Rasa sakit yang muncul disebabkan terjepitnya jaringan syaraf, pergeseran atau retaknya tulang lutut, atau robeknya urat di dalam lutut. 

Cedera lutut dapat menyebabkan tungkai lutut menjadi mati rasa, terasa lemah, dingin, kesemutan, dan memar. Selain itu, cedera lutut juga dapat menyebabkan kesulitan berjalan. Agar lebih memahami tentang cedera pada lutut, simak penjelasan berikut ini.

Jenis cedera lutut

Jenis cedera lutut didasarkan pada jaringan yang mengalami kerusakan. Berikut beberapa jenis cedera lutut yang sering terjadi,

Keseleo

Keseleo merupakan cedera yang menimpa ligamen lutut. Ada 3 jenis keseleo, yaitu keseleo tingkat 1 terjadi jika ligamen meregang dan menimbulkan nyeri tetapi ligamen tidak robek; kesleo tingkat 2 jika sebagian serat ligamen mengalami robekan; dan kesleo tingkat 3 jika terdapat robekan parah pada ligamen.

Cedera ligamen atau keseleo dapat disebabkan karena lutut terkena pukulan atau benturan keras, memutar lutut dengan telapak kaki berpijak di tanah, memindahkan beban berat, terlalu jauh melebarkan lutut, mendarat dengan lutut tertekuk, serta tiba-tiba berhenti saat berlari

Cedera ligamen biasanya menyebabkan nyeri, lutut membengkak, sendi lutut melonggar, dan merasakan sakit ketika mengangkat beban.

Buritis

Buritis merupakan cedera yang disebabkan karena iritasi atau peradangan pada bursa. Bursa merupakan kantung yang berisi cairan lutut. Bursa berfungsi untuk meredam tekanan dan mengurangi gesekan antar jaringan pembentuk lutut.

Kerusakan meniskus

Meniskus merupakan cakram berbentuk bulan sabit yang terbuat dari tulang rawan. Meniskus berfungsi untuk meredam gesekan dan sebagai bantalan tulang paha. Kerusakan meniskus biasanya disebabkan karena terlalu sering digunakan atau karena proses pertambahan usia.

Ketegangan otot lutut

Ketegangan otot lutut disebabkan otot dan tendon pada lutut terentang akibat menekuk atau meregang terlalu lebar. Ketegangan otot lutut menyebabkan rasa sakit dan kesulitan bergerak.

Menyembuhkan cedera Lutut

Cedera lutut harus segera ditangani untuk mempercepat pemulihan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan, antara lain mengompres lutut dengan es batu selama 20-30 menit, mengistirahatkan lutut dari aktivitas berlebihan, berbaring dan menaikkan lutut di atas bantal, menggunakan pelindung lutut, dan mengkonsumsi obat pereda nyeri bila dibutuhkan. 

Selain itu ada beberapa hal yang perlu dihindari untuk mempercepat pemulihan, yaitu hindari mengkonsumsi alkohol, hindari memberikan balsem atau air panas, serta hindari memijat di area cedera.

Jika cedera yang dialami terlalu berat, beberapa tindakan berikut akan dilakukan oleh dokter, yaitu:

  • Operasi terbuka. Operasi terbuka dilakukan jika lutut memerlukan perbaikan secara menyeluruh.
  • Operasi artroskopi. Operasi artroskopi dilakukan jika mengalami cedera pada tulang rawan. Operasi ini dilakukan dengan memberikan sayatan pada lutut dan memasukkan instrumen operasi melalui sayatan.
  • Penarikan cairan atau aspirasi. Aspirasi dilakukan untuk mengeluarkan cairan, jika sendi lutut mengalami pembengkakan parah.
  • Fisioterapi. Fisioterapi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan gerak dan kekuatan lutut, serta mengurangi rasa nyeri akibat cedera.

Setelah melakukan tindakan pengobatan cedera, Anda sebaiknya tidak terburu-buru melakukan aktivitas sampai kondisi lutut benar-benar pulih. Anda diperbolehkan beraktivitas jika pembengkakan sudah menghilang, lutut telah kuat, rasa nyeri telah hilang, serta lutut sudah dapat ditekuk dan diluruskan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit