Jangan Lupakan Pentingnya 4 Sehat 5 Sempurna Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Jangan Lupakan Pentingnya 4 Sehat 5 Sempurna Bagi Tubuh

Ya, siapa anak Indonesia yang tidak mengetahui akan slogan atau sebutan 4 sehat 5 sempurna? Pastinya sedari kamu masih di bangku Sekolah Dasar, guru-guru sudah mendidik Anda mengenai makanan yang baik ialah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. 

Namun masih ingatkah kamu akan apa itu 4 sehat 5 sempurna dan apa sajakah makanan-makanan yang termasuk di dalamnya? Yuk kita bahas lagi mengenai topik makanan 4 sehat 5 sempurna yang menjadi hafalan wajib setiap kamu pas di bangku SD dahulu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

Apa itu 4 sehat 5 sempurna?

Slogan 4 sehat 5 sempurna merupakan acuan dasar atau pedoman makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan diikuti oleh setiap masyarakat Indonesia untuk melengkapi syarat makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan dan susu. 

Dikatakan 4 sehat 5 sempurna karena sebenarnya 4 faktor utama (makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur dan buah) sudah cukup untuk menjadi syarat makanan sehat bagi tubuh kita, namun dengan adanya tambahan susu yang dianjurkan dikonsumsi, dipercaya akan menyempurnakan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk selalu menjadi sehat. 

Inilah asal muasal mengapa acuan makanan sehat disebut 4 sehat 5 sempurna.

1. Makanan Pokok

“Kalau tidak makan nasi namanya ya belum makan”, tentunya Anda sering banget mendengar perkataan ini keluar dari mulut masyarakat Indonesia. Ya tidak salah juga karena makanan pokok di Indonesia umumnya ialah nasi. 

Namun tidak semua negara memilih nasi menjadi makanan pokoknya, seperti di Negara-negara bagian Barat dunia lebih memilih makanan pokok yang berasal dari kentang dan Negara tirai bambu China lebih memilih makanan yang berasal dari tepung seperti bakmi menjadi makanan pokoknya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

Sebenarnya tidak masalah apa yang merupakan makanan pokok Anda, asal dapat berfungsi sebagai karbohidrat dan sumber tenaga bagi tubuh sehingga tubuh mampu melakukan berbagai aktifitasmu sehari-hari. 

2. Lauk Pauk

Lauk Pauk, mungkin kategori ini ialah kategori favorit dari seluruh makanan 4 sehat 5 sempurna yang akan dipilih untuk dimakan lebih dahulu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. 

Lauk pauk pada sistem 4 sehat 5 sempurna memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh seperti zat protein yang dapat mengganti sel sel tubuh yang rusak dengan sel sel baru (memperbaharui sel). Makanan yang termasuk dalam kategori lauk pauk umumnya sangat variatif seperti tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain. 

3. Sayur Mayur

Berbanding terbalik dengan kategori lauk pauk, kategor sayur mayor justru mungkin akan menjadi kategori dengan tingkat kepopuleran yang lebih rendah. Ya, pastinya tidak semua dari Anda suka sayuran bukan? Terutama anak-anak dimana umumnya memakan sayur merupakan hal yang paling tidak disukai mereka. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Zat pengatur berguna untuk  mengatur tindakan yang ingin kita lakukan. 

Berikut ini adalah sayur-sayuran yang baik untuk kamu konsumsi yaitu bayam, kangkung, labu siam, kacang pajang, kol, buncis, tomat, cabe, terong, kol gepeng, labu siam, dan masih banyak lagi.

4. Buah-buahan

Buah buahan biasa digunakan sebagai pencuci mulut setelah kita selesai memakan makanan berat yang terdiri dari 3 faktor utama yang telah disebutkan diatas yaitu makanan pokok, lauk-pauk dan sayur mayur. 

Fungsi dari buah buahan sebenarnya hampir sama dengan sayur – sayuran yaitu melengkapi kebutuhan zat pengatur pada tubuh manusia. Variasi buah-buahan yang dapat dikonsumsi tentunya banyak sekali seperti: jeruk, apel, manggis, markisa, pepaya, mangga, pisang, jambu salak pondoh, durian dan berbagai macam buah lain yang dapat dikonsumsi.

5. Susu

Susu, inilah faktor pelengkap dan penyempurna dalam acuan dasar makanan sehat 4 sehat 5 sempurna. Susu merupakan suatu minuman pelengkap yang sebenarnya tidak wajib di konsumsi namun mengingat manfaat susu sangat besar bagi tubuh kita maka tidak ada salahnya kita mengkonsumsi susu setelah makan. 

Salah satu manfaat mengkonsumsi susu adalah menguatkan tulang kita sehingga kita dapat terhindar dari penyakit tulang yaitu osteoporosis. Banyak jenis susu yang dapat kita konsumsi terutama ialah susu sapi merupakan susu yang paling sering di konsumsi oleh setiap manusia. 

Bagi kamu yang alergi terhadap susu sapi kamu dapat mencoba meminum susu lainnya seperti susu domba, susu onta, susu kerbau atau susu yang tidak berasal dari hewan yaitu susu kedelai.

Nah, apakah makanan yang Anda konsumsi selama ini sudah memenuhi acuan makanan 4 sehat 5 sempurna? Kalau iya, ayo terus lanjutkan, namun kalau belum, yuk segera lengkapi lagi makananmu sesuai dengan prinsip 4 sehat 5 sempurna, karena bila asupan makanan dalam tubuhmu benar dan sempurna, niscaya tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan segar. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Top 5 best foods for a long and healthy life. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320743)
5 Simple Rules for Amazing Health. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/nutrition/5-simple-rules-for-amazing-health)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app