Jangan Ditunda-tunda, Ibu Bisa Atasi Batuk Pilek Anak di Rumah

Pemberian pengobatan yang alami di rumah juga dapat meminimalisir efek samping yang mungkin saja ditimbulkan oleh obat-obatan kimia. Yuk, simak informasinya di bawah ini agar si kecil dapat riang kembali setelah menjalani pengobatan batuk dan pilek di rumah.
Dipublish tanggal: Sep 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 1, 2020 Waktu baca: 3 menit
Jangan Ditunda-tunda, Ibu Bisa Atasi Batuk Pilek Anak di Rumah

Meskpun bukan suatu hal yang baru dan mengherankan, melihat si kecil mengalami batuk dan pilek tetap saja membuat sang Ibu merasa khawatir dan sedih. 

Terkadang, rasa khawatir tersebut membuat Ibu memutuskan untuk mencari obat-obatan yang tepat agar batuk dan pilek si kecil segera sembuh. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Padahal, terlalu sering mengonsumsi obat batuk pilek memiliki risiko yang besar terhadap kondisi si kecil. Sebenarnya, batuk pilek yang terjadi pada anak tidak selalu harus diatasi dengan menggunakan obat-obatan. 

Terdapat beberapa cara pengobatan yang bisa Ibu lakukan dirumah dan dinilai manjur untuk mengatasi batuk pilek pada anak, sehingga si kecil dapat segera sembuh. 

Meskipun dapat diatasi dengan melakukan pengobatan dirumah, Ibu perlu tahu jenis pengobatan batuk dan pilek pada si kecil yang sekiranya aman dan baik agar kondisi tersebut segera teratasi. 

Pemberian pengobatan yang alami di rumah juga dapat meminimalisir efek samping yang mungkin saja ditimbulkan oleh obat-obatan kimia. 

Yuk, simak informasinya di bawah ini agar si kecil dapat riang kembali setelah menjalani pengobatan batuk dan pilek di rumah. 

Faktor penyebab batuk dan pilek pada anak 

Mengalami batuk pilek merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada anak-anak. Batuk pilek pada anak disebabkan oleh rhinovirus, yaitu salah satu jenis virus yang dapat membuat si kecil mengalami iritasi pada lapisan hidung dan tenggorokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Penyebaran rhinovirus biasa terjadi melalui udara atau kontak langsung dengan penderita yang mengalami batuk pilek. 

Batuk pilek sangat mudah menyerang anak-anak karena mereka tidak memiliki daya tahan tubuh yang matang seperti yang dimiliki oleh orang dewasa.

Anak-anak biasanya terserang kondisi ini akibat besentuhan langsung dengan temannya yang sedang mengalami batuk pilek dan bermain sehingga virus menyerang melalui udara. 

Bisa juga akibat anak-anak menyentuh atau memegang benda-benda yang telah terkontaminasi virus, seperti mainan anak. 

Cara mengatasi batuk pilek pada anak di rumah 

Perlu diketahui bahwa batuk pilek yang terjadi pada anak merupakan kondisi yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, sehingga Ibu tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi si kecil. 

Walaupun demikian, agar si kecil merasa nyaman dan cepat pulih, Ibu dapat mencoba beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Jika si kecil mengalami batuk pilek dengan gejala yang tergolong ringan, yaitu batuk, bersin, hidung berair atau meler, dan hidung tersumbat, maka Ibu dapat melakukan pengobatan di rumah. 

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengobatan di rumah: 

  • Selalu memastikan bahwa si kecil mendapatkan istirahat dan asupan cairan yang cukup, yaitu air putih karena dapat mempercepat proses pemulihan. 
  • Memberi pemahaman kepada orang di sekitar untuk tidak merokok dekat si kecil.
  • Memberikan si kecil makanan yang sehat dan bergizi. 
  • Memastikan bahwa setiap ruangan di rumah, terutama kamar tidur anak selalu keadaan bersih.
  • Mengurangi aktivitas si kecil di luar rumah untuk sementara. 
  • Menghangatkan tubuh si kecil. 
  • Melakukan terapi uap untuk membantu mengurangi pilek
  • Menjaga kelembaban dalam kamar 

Pastikan bahwa si kecil selalu memakai selimut agar ia merasa nyaman dan hangat. Jangan lupa juga untuk mengatur suhu ruangan agar kondisinya lebih cepat pulih. 

Selain itu, Ibu dapat mengoleskan balsam khusus bayi atau anak yang dibuat dari bahan alami, seperti esktrak chamomile dan eucalyptus, pada tubuh si kecil untuk menghangatkannya. 

Beberapa studi menyatakan bahwa bahan-bahan alami tersebut mampu mengurangi gejala batuk pilek pada si kecil, sekaligus membuatnya merasa lebih nyaman. 

Beberapa cara di atas bisa Ibu lakukan di rumah agar kesehatan si kecil lebih cepat pulih sehingga ia dapat melakukan aktivitasnya seperti biasa. 

Namun, jika cara-cara di atas tidak kunjung memberikan perubahan pada kondisi si kecil, dan justru si kecil kehilangan nafsu makan, sulit tidur, sesak napas, atau mengalami demam tinggi, maka segera bawa si kecil ke dokter anak agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
First Aid: Coughing (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/cough-sheet.html)
10 Tips from Pediatrician Moms on How to Cure Colds. Parents. (https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/health/cold/pediatrician-advice-how-to-cure-colds/)
Health Update: How to Soothe Kids' Colds Without Meds. Parents. (https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/how-to-soothe-kids-colds-without-meds/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app