Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Jahe, Dapat Membantu Anda Berhenti Merokok

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.282.910 orang

Anda seorang perokok, tapi ingin berhenti dari jeratan tersebut? Sudah mencoba beberapa cara tapi sulit untuk dihentikan? Ya, berhenti merokok memang sulit untuk dilakukan, apalagi jika dilakukan hanya dalam waktu singkat untuk mengubahnya. 

Berhenti merokok harus dilakukan secara bertahap. Jika banyak treatment yang sudah Anda lakukan, mungkin saatnya Anda beralih menggunakan bahan-bahan alami yang selain menyehatkan tubuh Anda, juga dapat membantu Anda untuk berhenti merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Kegagalan sebelumnya bukan alasan Anda untuk terus berusaha agar mencapai tetap mencapai tujuan Anda.

Hal-hal umum yang sering dilakukan saja sulit untuk diubah ketika sudah menjadi sebuah kebiasaan, seperti kebiasaan minum air putih 8 gelas sehari, atau hal lainnya yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika Anda ingin berhenti merokok. 

Berhenti merokok artinya Anda berhenti dari kebiasaan dan berhenti dari kecanduan. Keduanya memang berkaitan dan wajib dihilangkan. Anda harus tetap optimis melakukannya.

Terkait bahan-bahan alami, mungkin Anda baru mengetahui jika salah satu bahan ini dapat digunakan untuk membantu Anda berhenti merokok. Siapa sangka ternyata jahe lah yang bisa membantu Anda mengatasinya.

Gejala-gejala yang muncul saat berhenti merokok

Kecanduan karena merokok disebabkan oleh zat adiktif yang terkandung dalam tembakau, sehingga tidak heran jika Anda menginginkannya lagi dan lagi. Saat Anda memutuskan untuk berhenti merokok pertama kali, maka yang akan Anda rasakan yaitu perasaan gelisah, cemas, dan sakit kepala

Sehingga peluang keinginan untuk kembali merokok sangat besar jika tidak dibarengi dengan tekad yang kuat. Kecanduan tersebut tentu saja berasal dari nikotin, zat ini dapat mengatur tingkat ketergantungan dari setiap orang, sehingga tubuh akan membentuk seberapa banyak kebutuhan nikotin yang Anda perlukan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Percayalah, efek menenangkan yang disebabkan oleh nikotin hanya bersifat sementara.

Saat Anda mulai berhenti merokok, muncul beberapa gejala yang mungkin Anda akan alami, salah satunya yaitu ‘gejala fisik’. Gejala tersebut meliputi rasa mual, berkeringat, kesemutan di tangan, sakit kepala, juga gejala yang berhubungan dengan sistem pernapasan seperti paru-paru yang menyebabkan batuk dan sakit di tenggorokan.

 Anda tidak perlu khawatir karena gejala ini biasanya hanya terjadi dalam kurun waktu – hingga 12 minggu untuk kembali normal dan merasa terbiasa. Memang bukan merupakan hal mudah untuk dijalankan, tapi saat Anda sudah berhasil melewatinya tentu saja perjuangan tersebut sangat terbayar. 

Anda hanya perlu bersabar dan terus berusaha menggunakan berbagai cara alternatif lainnya yang belum pernah Anda coba

Apakah menggunakan jahe efektif?

Banyak orang yang sudah mengetahui berbagai manfaat dan khasiat dari jahe. Jahe terkenal dapat menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti mengatasi nyeri, kehilangan nafsu makan, rasa mual, dan muntah

Jahe tentu saja aman jika Anda konsumsi. Selain itu, jahe dapat digunakan saat Anda sedang merasa nyeri akibat menstruasi, flu, migraine, sakit dada dan perut, serta berbagai masalah lainnya yang berhubungan dengan

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Jahe memiliki senyawa yang bernama phenolic yang bekerja untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sistem pencernaan. Ketika Anda mengalami kontraksi lambung, jahe dapat menekan jalannya makanan dan minuman di saluran pencernaan. 

Hal lainnya, jahe bekerja untuk menstimulasi air liur dan juga empedu. Jahe sangat baik untuk digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan.

Ketika  Anda mual, senyawa jahe mampu mengontrolnya melewati otak dan nervous system. Pada beberapa kasus, bahkan jahe digunakan untuk meredakan rasa mual yang diderita oleh penderita kanker setelah menjalani kemoterapi

Selain itu, jahe juga dapat mengatasi morning sickness yang diderita ibu hamil.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa jahe dapat mengatasi sakit kepala. Penelitian tersebut dilakukan oleh salah satu universitas di Georgia dengan melibatkan peserta sebanyak 74 orang untuk meminum suplemen jahe yang dilakukan setiap harinya. 

Hasilnya didapatkan jika rasa sakit setelah latihan stimulasi otot menjadi berkurang sebanyak 25 persen. Hal tersebut sama halnya ketika Anda mengalami gangguan pernapasan akibat merokok, salah satunya seperti mengobati penyakit bronchitis. 

Oleh sebab itu, jahe memang efektif untuk digunakan.

Bagaimana mengkonsumsinya?

Anda dapat mengkonsumsinya dengan olahan dalam bentuk teh. The jahe merupakan solusi yang tepat untuk Anda gunakan ketika gejala fisik akibat berhenti merokok mulai menyerang. 

Minum teh jahe dalam keadaan hangat dapat mengurangi rasa mual dan sakit, Selain itu, jahe dapat mendetoksifikasi racun-racun yang berada di tubuh Anda, sehingga dapat dikeluarkan dengan baik. 

Lalu, jahe dapat membuat Anda berkeringat saat dikonsumsi langsung, tapi hal ini tentu saja baik untuk membantu proses pengeluaran racun di tubuh Anda.

Selain dalam bentuk teh, jahe dapat Anda konsumsi dalam bentuk kapsul dan suplemen herbal yang lain, tapi Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Lakukan secara berulang-ulang

Jangan khawatir jika cara ini belum berhasil, Anda harus bersabar dan menjalaninya secara berulang hingga muncul perubahan yang didapatkan. 

Sebaiknya Anda juga menyertainya dengan melakukan beberapa cara seperti mencoba menemukan pemicu atau sumbernya, apa alasan Anda merokok, kapan keinginan merokok mulai muncul, dan lain sebagainya.

Anda juga dapat mengalihkan perhatian dari rokok dengan berjalan-jalan sebentar atau membuat olahan teh jahe di dapur. Kuncinya Anda harus menyibukan diri. 

Namun, jika Anda ternyata juga memiliki kebiasaan minum kopi, sebaiknya mulai mengganti dengan olahan teh jahe saat ini. Selain rasanya hangat, jahe juga mengandung vitamin yang dapat menyehatkan dibandingkan rokok dan kopi.

Perkuat dalam diri Anda beberapa alasan mengapa Anda harus berhenti merokok, selain menjaga kesehatan, Anda juga tentu saja ingin melindungi anak, keluarga, atau pasangan dari asap rokok yang memberikan ancaman perokok pasif. 

Uang yang Anda gunakan untuk membeli rokok, bisa Anda gantikan untuk menabung hal lainnya. Anda harus berkomitmen dengan hal tersebut.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit