Makanan dan Diet Sehat

Inilah Fakta Menarik Mengenai Kalori Makanan

Update terakhir: Jul 3, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 680.587 orang

Banyak orang yang menganggap kalori sebagai suatu hal yang buruk dan bisa menyebabkan kegemukan seperti halnya lemak. Faktanya untuk bisa bertahan hidup, manusia membutuhkan kalori

Setiap jenis makanan atau minuman yang Anda konsumsi pasti mengandung kalori sekecil apapun kadarnya. Tanpa kalori, tubuh tidak akan memiliki cukup energi untuk beraktivitas dan lambat laun kerja organ vital juga semakin melemah. Kalori memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Ada beberapa hal menarik seputar kalori yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Ulasan lebih lengkapnya bisa Anda temukan di bawah ini.

Makna dari label “0 kalori”

Beberapa produk minuman dan makanan menyertakan label 0 kalori pada kemasannya. Lantas apakah benar dalam minuman dan makanan tersebut tidak mengandung kalori sama sekali? 

Faktanya dalam produk yang mencantumkan label 0 kalori masih terdapat kandungan kalori di dalamnya hanya saja jumlahnya sangat sedikit yaitu kurang dari 5 kalori. Adalah hal yang wajar bagi produk makanan ataupun minuman yang kandungan kalorinya dibawah 5 kalori menuliskan label “0 kalori” pada kemasannya.

Meski diam, tubuh tetap membakar kalori

Meski Anda sedang diam, atau bahkan tidur, tubuh tetap akan melakukan pembakaran kalori. Ini terjadi karena tubuh tetap memerlukan energi untuk melakukan berbagai aktivitas yang sangat vital misalnya mengalirkan darah, jantung berdenyut, bernapas, menghubungkan setiap syaraf, dan berbagai kegiatan lainnya yang bergerak secara tidak sadar.

Kalori yang dibakar secara otomatis tersebut dinamakan dengan BMR singkatan dari Basal Metabolic Rate. Kalori yang dibakar melalui BMR pun berbeda jumlahnya untuk masing-masing orang, bergantung pada berat badan, usia, komposisi tubuh, dan jenis kelamin

Jadi sekalipun Anda diam dan tidak melakukan gerakan apapun, tubuh tetap membakar kalori untuk memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan oleh badan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Setiap sumber Zat Gizi memiliki kandungan Kalori yang berbeda

Zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dibagi menjadi 3 jenis yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Masing-masing dari zat gizi tersebut memiliki kandungan kalori yang berbeda di setiap gramnya. Untuk satu gram karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori. Sementara dalam satu gram lemak mengandung 9 kalori.

Mengurangi Asupan Kalori secara berlebihan akan membuat Diet Gagal

Ketika Anda mengurangi asupan kalori secara berlebihan, tubuh akan membacanya sebagai sebuah ancaman. Akibatnya pembakaran kalori justru akan dikurangi untuk menghemat energi. 

Tubuh akan menggunakan energi dari otot sehingga massa otot menjadi menurun. Kondisi seperti ini akan membuat sistem metabolisme menjadi melambat dan menyebabkan berat badan sulit turun. 

Diet yang benar adalah dengan mengurangi asupan kalori lebih sedikit dari biasanya agar sistem metabolisme bisa tetap berjalan lancar.

Makanan ringan ternyata kandungan Kalorinya tidak ringan

Meski bentuknya kecil, kandungan kalori pada makanan ringan tidak selalu sedikit. Untuk mengetahuinya, Anda harus membaca informasi gizi yang terdapat pada kemasan. Pada umumnya, snack mengandung 200 kalori atau setara dengan 10-15% kebutuhan kalori setiap hari.

Cara diet Kalori yang benar

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan menjalankan diet kalori. Namun diet yang Anda lakukan haruslah benar agar tubuh tidak kehilangan tenaga. 

Caranya adalah dengan menghitung jumlah kalori harian yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya untuk wanita dewasa jumlah kalori yang diperlukan berkisar 1800-2000 kalori perhari. 

Supaya berat badan turun, Anda harus menurunkan sedikit konsumsi kalori yaitu kurang dari 2000 kalori setiap hari. Awalnya memang terlihat mudah, namun untuk menjalankan diet ini butuh niat dan konsistensi yang kuat.

Kalori sangat diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi energi. Jika asupannya berkurang, bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah. Begitu pula jika berlebihan, dapat mengakibatkan berat badan bertambah. Karena itu cukupi asupan kalori sesuai dengan porsinya agar kondisi badan Anda tetap terjaga. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Anda
Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Anda

Ada dua cara untuk menghitung kebutuhan kalori harian Anda. Menghitung kebutuhan kalori dapat Anda lakukan dengan menggunakan rumus Harris Benedict dan rumus WHO. Berikut ini penjelasan dan contoh perhitungannya.