Inilah 5 Hal yang Harus Dicek Ketika Memilih Sunblock !

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Inilah 5 Hal yang Harus Dicek Ketika Memilih Sunblock !



Tabir surya atau disebut juga dengan sunblock sudah banyak dipakai orang bahkan untuk keseharian seperti lotion dan alas bedak. Sunblock digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama dari bahaya sinar UV A dan sinar UV B.

Sunblock sekarang ini tidak hanya digunakan saat hendak ke pantai saja, untuk pergi ke kantor, jalan-jalan, semua orang sudah umum memakai sunblock untuk perlindungan kulitnya, terutama lengan dan kaki yang sering terpapar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Menurut sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal bernama Annals of Internal Medicine, para ilmuwan yang meneliti mengatakan bahwa sebaiknya semua orang untuk mengaplikasikan atau menggunakan sunblock setiap harinya dalam aktivitas mereka.

Mengapa demikian ? Karena, penggunaan sunblock secara teratur terbukti tidak hanya mampu mencegah terjadinya kanker kulit, akan tetapi juga mampu menunda terjadinya penuaan kulit.

Namun, sekarang ini banyak sekali produk-produk tabir surya atau sunblock yang beredar dan Anda bingung memilihnya. Terutama manakah produk sunblock yang terbaik dan paling efektif ? Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Sunblock?

5 hal yang harus Anda diperhatikan ketika memilih sunblock terbaik untuk kulit

1. Tingkat perlindungannya

Dalam memilih produk sunblock, sebaiknya Anda pilih produk yang ada tulisan “Broad Spectrum“.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Tulisan ini berarti bahwa produk sunblock nya mampu memberikan perlindungan dengan jangkauan spektrum yang luas/multi-spektrum dari dua jenis sinar matahari yang berbahaya bagi kulit (sinar UV), yaitu sinar UV A (Ultraviolet A) serta UV B (Ultraviolet B).

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan seberapa tinggi tingkat SPF yang dimiliki oleh produk sunblock tersebut, karena hal ini juga sama pentingnya.

Tingkat angka SPF dalam produk sunblock yang makin tinggi menandakan bahwa tingkat kemampuannya dalam memproteksi kulit Anda dari bahaya sinar matahari tadi juga semakin tinggi.

Namun, tingkat SPF tidak menjamin sepenuhnya kulit akan terbebas dari gosong, hanya akan mengurangi resiko kerusakan kulit jangka panjang seperti kanker kulit.

2. Teksturnya

Untuk mengetahui tekstur sunblock yang akan dibeli, Anda bisa mencoba mengoleskannya sedikit ke permukaan tangan Anda. Kemudian, coba Anda rasakan apakah tekstur dari produk sunblock tersebut dapat meresap dengan cepat atau justru tidak meresap di kulit sama sekali.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Disarankan, pilihlah sunblock yang tidak meninggalkan noda putih di kulit dan yang sifatnya lengket serta berminyak.

Sunblock semi-matte misalnya, dapat menjadi pilihan Anda untuk memberikan hasil yang efektif namun tidak terlihat saat diaplikasikan di kulit Anda.

3. Selalu perhatikan tanggal kadaluarsanya

Tanggal kadaluarsa merupakan hal vital yang harus diperhatikan dalam segala pemilihan produk, baik itu makanan atau juga produk-produk perawatan kulit seperti halnya sunblock.

Anda harus benar-benar memperhatikan tulisan pada produk sunblock yang tertera dan amati tanggal kadaluarsanya. Sebaiknya pilih yang masa kadaluarsanya masih cukup lama sehingga aman digunakan.

Jangan sampai Anda melalaikannya, karena bukannya memberikan manfaat bagi kulit Anda, justru akan menyebabkan kerusakan kulit.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan anda

Dalam memilih produk perawatan kulit termasuk tabir surya atau sunblock, Anda juga harus memastikan bahwa produk yang Anda pilih nyaman digunakan, memberikan hasil yang positif, dan berfungsi dengan baik/efektif.

Poin utama dalam pemilihan sunblock ada di poin ketiga, namun kedua poin pertama juga tetap harus Anda perhatikan.

Misalnya, ketika Anda akan memilih produk sunblock yang Anda akan gunakan apabila akan pergi berjemur ke pantai atau berenang di outdoor, sebaiknya Anda pilih produk sunblock yang bersifat tahan air.

Karena produk sunblock yang tahan air tidak akan mudah hilang terbilas air dan Anda tidak perlu repot menggunakannya berkali-kali ketika Anda akan berenang atau berjemur di pantai.

5. Jenis kulit yang anda miliki

Hal ini juga penting diperhatikan ketika memilih sunblock. Untuk Anda yang berjenis kulit berminyak serta berjerawat, sebaiknya Anda pilih produk sunblock yang bersifat lebih ringan. Misalnya sunblock dengan bentuk gel , produk ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi kulit Anda yang berminyak.

Karena produk sunblock yang berjenis gel lebih ringan dan bekerja dengan lebih baik di kulit Anda yang berminyak.

Kemudian untuk jenis kulit berjerawat, produk sunblock dengan kandungan zinc oksida cocok bagi Anda. Sebaiknya Anda hindari produk sunblock semprot atau spray untuk jenis kulit kering, karena sunblock semprot kebanyakan mengandung alkohol dan malah membuat kulit Anda semakin kering.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Choose & Use Sunscreen (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/sunscreen.html)
6 Steps for Choosing a Clean and Safe Sunscreen. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/steps-choosing-clean-safe-sunscreen/)
Choosing the Best Sunscreen. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/whats-best-sunscreen#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app