Ini Solusi Atasi Tulang Kering Sakit Setelah Olahraga

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 2, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ini Solusi Atasi Tulang Kering Sakit Setelah Olahraga

Banyak hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami nyeri tulang. Nyeri tulang biasanya muncul setelah kegiatan berlari, menari, bermain bola basket, sepak bola, dan beberapa olahraga lain yang tergolong berat. 

Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan masalah yang serius, namun tidak ada salahnya untuk ditangani dengan cepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Biasanya muncul di sepanjang tulang yang berada di bagian depan kaki, kondisi sakitnya tulang kering ini ditandai dengan munculnya gejala, seperti rasa nyeri pada otot kaku, timbul rasa nyeri di bgaian dalam kaki, area tulang keringa terlihat memar, atau kaki mengalami mati rasa dan terasa lemas. 

Penyebab Rasa Nyeri pada tulang kering 

Rasa nyeri yang muncul di tulang kering atau shin splints bisa jadi disebabkan oleh adanya peradangan karena cedera jaringan lunak yang terjadi di tungkai bawah bagian depan. 

Saat tulang kering mendapat tekanan yang berlebihan, maka peradangan dan cedera bisa saja terjadi. Atau cedera bisa juga terjadi karena kaki menapak secara berlebihan ketika menyentuh tanah. 

Rasa nyeri pada tulang kering bisa muncul saat Anda melakukan aktivitas berat, seperti olahraga yang mengharuskan Anda berlari dan berhenti secara tiba-tiba. 

Misalnya, saat Anda bermain basket dan tenis. Meskipun tidak berbahaya, rasa sakit yang terasa di tulang kering terkdanag bisa terjadi terus-menerus dan bertambah parah di daerah yang sensitif. 

Rasa sakit yang Anda rasakan bisa terletak di sepanjang kedua sisi tulang kering atau pada otot, tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Saat di sentuh, tulang kering atau otot Anda akan terasa sakit. Pembengkakan pada otot terkadang bisa menyebabkan saraf yag terdapat di kaki mengalami iritasi sehingga kaki Anda akan terasa seperti sedang ditusuk banyak jarum, atau bisa juga sebaliknya, yaitu mati rasa. 

Mengatasi Nyeri pada tulang kering

Biasanya, rasa nyeri yang timbul pada tulang kering dapat hilang atau sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan tindakan khusus. 

Namun, tidak ada salahnya Anda melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mempercepat proses penyembuhan sehingga dapat beraktivitas seperti biasanya dengan segera. Berikut langkah sederhananya: 

Mengistirahatkan kaki 

Saat muncul rasa sakit pada tulang kering, Anda sebaiknya beristirahat sambil meregangkan otot betis bagian depan kaki. 

Apabila rasa nyeri yang timbul dirasakan cukup parah, maka Anda sebaiknya isitirahat total setidaknya selama 2-3 minggu. 

Mengompres dengan es batu 

Pembengkakan dan rasa sakit pada tulang kering dapat diredakan dengan meletakkan es batu di atas tulang kering atau bagian tempat timbulnya rasa nyeri selama 10 menit setiap 3 atau 4 jam sekali. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Terus ulangi cara ini selama beberap hari agar rasa sakit segera menghilang. 

Minum obat penghilang rasa sakit 

Anda juga dapat menggunakan obat analgesik antiinflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. 

Namun, agar obat yang akan dikonsumsi tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

Mengurangi aktivitas berat

Mengurangi aktivitas yang tergolong berat dapat menjadi langkah sederhana untuk meredakan rasa nyeri dan mencegah rasa sakit bertambah parah. 

Anda tetap bisa melakukan beberapa olahraga, seperti bersepeda, yoga, atau berenang. Carilah olahraga yang tidak memberi beban atau tekanan yang berat pada kaki. 

Namun, jika rasa nyeri yang muncul tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa cara di atas, atau justru semakin parah dan menimbulkan gejala yang mengganggu, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Dokter dapat merekomedasikan Anda untuk menjalani operasi fasciotomi. Operasi ini merupakan pilihan terakhir jika cara lain tidak dapat menyembuhkan rasa nyeri yang dialami. 

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya nyeri pada tulang kering, Anda sebaiknya selalu menggunakan sepatu yang pas dan nyaman saat berolahraga, tidak berolahraga di permukaan tanah yang keras atau bergelombang, selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan lakukan peregangan sesudah berolahraga. 

Meskipun tidak menimbulkan kondisi yang berbahaya, jangan menganggap remeh nyeri yang muncul pada tulang kering. 

Jangan mengabaikan rasa sakit karena dapat bertambah parah hingga Anda harus beristirahat sejenak dari olahraga. Konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Knee pain and other running injuries. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/exercise/knee-pain-and-other-running-injuries/)
How to Get Rid of Shin Splints: Stretches, Prevention Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-shin-splints)
Chronic knee pain: Causes, risk factors, treatment, and tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311308.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app