Ini Dia, 7 Tips Kulit Buah yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Dipublish tanggal: Sep 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 31, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ini Dia, 7 Tips Kulit Buah yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Ketika Anda memakan buah, sebaiknya jangan dibuang dulu kulitnya. Karena ternyata, kulit buah memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang berguna untuk kecantikan. Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan kulit buah untuk perawatan kecantikan Anda? Berikut ulasannya.

Cara Memanfaatkan Kulit Buah Untuk Kecantikan

Kulit Alpukat: Pelembap Alami

Kandungan asam lemak di dalam buah alpukat ternyata dapat digunakan sebagai pelembap wajah dan rambut. Kulit alpukat mengandung antioksidan serta asam amino yang dapat mengurangi garis halus, keriput, dan tanda penuaan kulit lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Sebelum tidur, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda, kemudian gosokkan bagian dalam kulit alpukat yang masih sedikit berdaging ke seluruh wajah. Diamkan kurang lebih dua puluh menit, lalu bilas.

Kulit Pisang dan Jeruk: Pemutih Gigi

Anda dapat mengosokkan bagian dalam kulit pisang selama semenit pada permukaan gigi setiap harinya selama seminggu atau guntinglah kulit jeruk secara memanjang dan tutupi gigi Anda menggunakan bagian dalam kulit jeruk menghadap ke barisan gigi. Setelah biarkan sebentar baru sikatlah gigi Anda seperti biasa. Hal ini dilakukan guna mencegah kerusakan email gigi akibat kandungan asam, walau sebenarnya asam itulah yang membantu mencerahkan gigi.

Anda juga bisa menggiling kulit jeruk dengan blender hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk ke gigi dan gosok merata seperti menggosok gigi. Lakukan dengan rutin (1 menit setiap harinya) selama seminggu untuk hasil yang optimal.

Kulit Pisang: Scrub Wajah

Kulit pisang mampu melembapkan serta mengurangi rasa gatal, kemerahan dan jerawat.

Taburkan gula (opsional) di sisi dalam kulit pisang dan gunakan sebagai exfoliator. Gosok perlahan ke seluruh permukaan wajah dan kemudian bilas. Cara ini dapat menyembuhkan psoriasis dengan cepat dan hasilnya akan terlihat dalam waktu singkat.

Kulit Jeruk: Scrub Tubuh

Kandungan vitamin C dalam kulit jeruk berguna sebagai pemutih kulit alami yang meningkatkan rona dan cahaya alami kulit. Selain itu, kulit jeruk juga bisa menghilangkan komedo, sel-sel kulit mati, jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, noda di wajah, lingkaran hitam dan kulit kering. Sedangkan kandungan vitamin A pada membantu mengurangi keriput serta kulit kasar.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Parutlah kulit jeruk ke dalam wadah, lalu tambahkan gula dan madu sebagai exfoliator kulit. Tambahkan minyak kelapa dan aduk merata. Scrub kulit jeruk juga bisa Anda campur dengan susu/yogurt untuk kulit lebih bercahaya/untuk menghapus tanda kecoklatan di kulit.

Kulit Jeruk: Toner

Kulit jeruk mengandung asam alami yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat serta merupakan agen pemutih alami yang dapat mengurangi bekas luka.

Gosokkan sisi dalam kulit jeruk, lemon, atau grapefruit ke wajah. Sebaiknya hindari area mata, lalu bilas menggunakan air hangat. Apabila setelah menggunakan toner Anda akan pergi ke luar ruangan, sebaiknya gunakan krim pelembab dan sunblock untuk menambah perlindungan terhadap kulit Anda.

Anda juga bisa membuat versi botolan yang praktis untuk dibawa ke mana-mana. Caranya mudah, cukup cincang kulit jeruk dan segenggam daun mint sampai halus. Masukkan ke dalam wadah, lalu rebuslah air sampai mendidih dan tuang ke wadah tersebut. Tunggu sampai dingin baru tutup rapat wadahnya. Diamkan selama semalaman, sembari dikocok sesekali. Keesokan harinya, saringlah toner Anda. Masukkan 1 sendok makan Witch Hazel, kemudian aduk rata. Tuang cairan toner ke botol spray dan toner Anda siap digunakan kapan saja.

Kandungan anti inflamasi pada daun mint berkhasiat untuk menenangkan sekaligus menyegarkan kulit yang teriritasi/kering dan gatal.

Kulit Kentang: Kompres Kantung Mata

Kentang mengandung vitamin C yang diyakini berfungsi sebagai anti penuaan yang berguna untuk menangkal keriput, bintik hitam, dan lingkaran hitam bawah mata. Letakkan sisi dalam kulit kentang di bagian bawah mata, sekitar 10 menit secara rutin setiap harinya. 

Anda juga dapat mengoleskan campuran gilingan mentimun dan kulit kentang di wajah, terutama di area sekitar mata. Kandungan asam askorbat dan asam kafeat dalam mentimun, serta pati cair dan catecholase dalam kentang, mampu mencerahkan warna kulit dan mengobati mata bengkak.

Kulit Pisang: Menyamarkan Bekas Luka Serta Bentol Gigitan Nyamuk

Gosokkan kulit pisang bagian dalam pada bekas luka Anda. Diamkan beberapa saat, agar kulit Anda mampu menyerap vitamin serta kelembapan dari kulit pisang tersebut. Kemudian, basahi kain katun dengan air hangat dan bersihkan sisa kulit pisang yang masih menempel di kulit.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Discovering the link between nutrition and skin aging. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583891/)
Foods for Healthy, Supple Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-skin-foods)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app