HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Ini Dia Sejuta Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ini Dia Sejuta Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Pisang merupakan buah tropis yang menjadi favorit banyak orang. Tak hanya lezat, pisang juga kaya akan vitamin dan mineral, dan dapat dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat. 

Selain kaya nutrisi, buah ini juga memiliki kandungan protein dan lemak yang rendah. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai buah pisang ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Kandungan buah pisang 

Buah pisang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang bisa diperoleh dari buah pisang antara lain:

  • Kaya akan kandungan vitamin 
    Terdiri dari beberapa jenis vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B3, Vitamin C dan Vitamin B6 yang memiliki fungsi bermacam-macam.
  • Kandungan mineral
    Mineral yang terkandung dalam buah pisang adalah kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium. Senyawa-senyawa ini memiliki peran penting dalam tubuh manusia. 
  • Kandungan protein
    Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan protein tinggi. Inilah salah satu alasan mengapa buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
  • Kaya akan serat
    Seperti yang sudah diketahui banyak orang, pisang kaya akan serat dan dapat membantu sistem pencernaan. 

Manfaat buah pisang

Berikut 10 manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi pisang secara rutin:

  • Kesehatan ginjal. Pisang mengandung unsur kalium yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja ginjal. Pisang juga dapat mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin.
  • Sebagai cemilan untuk para ibu hamil. Sangat dianjurkan untuk para ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang, karena pisang memiliki asam folat yang tinggi. Asam folat ini dapat membantu pembentukan sel baru, membantu kesempurnaan janin dan dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi.
  • Sumber tenaga. Pisang mengandung tiga jenis gula alami yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Gula alami ini dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Oleh karena itu, cocok dikonsumsi saat Anda lelah dan membutuhkan energi sekejap.
  • Membantu memerangi anemia (kurang darah) karena pisang kaya akan zat besi yang membantu pembentukan hemoglobin dalam darah.
  • Melancarkan pencernaan dan buang air besar. Dapat menjadi solusi alami bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan dan konstipasi perut.
  • Memperbaiki kondisi mood. Ternyata buah pisang memiliki kandungan triptofan yang memproduksi hormon serotonin. Nah, hormon serotonin ini yang mengatur suasana hati seseorang.
  • Membantu menjaga kesehatan mata. Pisang mengandung sejumlah vitamin A yang sangat penting untuk melindungi mata. Asupan vitamin A dapat mengurangi risiko kebutaan dan meningkatkan ketajaman mata.
  • Baik untuk kesehatan jantung. Kandungan mineral magnesium dalam pisang dapat membantu kesehatan kerja jantung. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa magnesium dapat mencegah terjadinya penyakit jantung kronis.
  • Menurunkan risiko stroke. Anda dapat memperoleh manfaat ini jika Anda mengkonsumsi pisang secara rutin setiap harinya.
  • Menyembuhkan luka bakar. Cukup dengan menumbuk buah pisang hingga halus. Kemudian, oleskan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya. 

Kandungan nutrisi pada pisang sangat aman, tidak menimbulkan resiko berbahaya dan dapat dijadikan sebagai camilan sehat maupun solusi alami Anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsi pisang secara rutin setiap harinya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bananas: Health benefits, tips, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157.php)
Bananas 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/bananas)
Bananas: A Nutritional Powerhouse. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-bananas)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app