Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Infeksi Ingrown Hair - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.138.935 orang

Infeksi ingrown hair atau infeksi pada rambut yang tumbuh ke dalam merupakan akibat dari rambut yang tumbuh yang masuk ke dalam kulit dan menjadi terinfeksi. Pada kasus yang berulang kadang-kadang kondisi ini disebut juga dengan folikulitis.

Biasanya, rambut yang baru tumbuh langsung keluar dari folikel rambut yang terletak di dalam kulit. Saat rambut dewasa, rambut akan keluar dari permukaan kulit dan terus tumbuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Tetapi kadang-kadang, rambut yang tumbuh tersebut dapat bengkok atau kembali ke dalam folikel sebelum memiliki kesempatan untuk keluar dari kulit. Kondisi ini disebut juga dengan ingrown hair.

Rambut yang tumbuh ke dalam atau ingrown hair merupakan kondisi yang sering terjadi dan dapat ditangani di rumah, bahkan jika daerah ingrown hair menjadi terinfeksi. Komplikasi dari infeksi ingrown hair jarang terjadi kecuali infeksi tersebut tidak diobati.

Penyebab Infeksi Ingrown Hair

Beberapa infeksi ingrown hair terjadi ketika terdapat terlalu banyak sel kulit mati di permukaan kulit. Sel-sel tersebut secara tidak sengaja dapat menyumbat folikel rambut.

Rambut yang tumbuh ke dalam atau ingrown hair paling sering terjadi di daerah rambut yang sering dicabut seperti wajah, kaki, ketiak, dan daerah kemaluan. Infeksi ingrown hair juga lebih sering terjadi pada pria yang rutin mencukur jenggotnya.

Anda juga mungkin memiliki peningkatan risiko mengalami infeksi ingrown hair jika rambut Anda kasar atau keriting. Jenis-jenis rambut tersebut lebih cenderung mengeriting kembali ke dalam kulit ketika tumbuh setelah rambut dicabut.

Tanda dan gejala Infeksi Ingrown Hair

Seringkali, infeksi ingrown hair bisa muncul berupa benjolan merah. Ketika infeksi berlanjut, Anda mungkin akan melihat nanah dan benjolan mungkin tumbuh lebih besar.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Area di sekitar infeksi rambut yang tumbuh ke dalam juga dapat berupa:

  • Benjolan yang tampak merah
  • Membengkak
  • Gatal
  • Terasa hangat saat disentuh

Infeksi ingrown hair jika tidak diobati dengan tepat dapat menyebabkan munculnya beberapa komplikasi sebagai berikut:

  • Hiperpigmentasi
  • Jaringan parut yang permanen
  • Rambut rontok
  • Rusaknya folikel rambut

Sebagian besar komplikasi di atas dapat dihindari dengan melakukan beberapa langkah mencegah terjadinya infeksi ingrown hair dengan segera.

Cara mencegah terjadinya Infeksi Ingrown Hair

Mencegah rambut yang tumbuh ke dalam atau ingrown hair dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi. Saat sedang bercukur atau waxing, coba lah beberapa tips berikut:

  • Cuci kulit terlebih dahulu untuk membantu mencegah bakteri yang memasuki kulit.
  • Ganti pisau cukur Anda sesering mungkin.
  • Hindari menggunakan pisau cukur yang tumpul.
  • Gunakan gel cukur dan air hangat.
  • Setelah selesai mencukur, oleskan lotion ke area yang telah dicukur.

Cara mengobati Infeksi Ingrown Hair

Diagnosa

Dokter Anda dapat mengidentifikasi infeksi ingrown hair melalui pemeriksaan fisik kulit dan tidak diperlukan pemeriksaan lain untuk diagnosis.

Pengobatan

Jika infeksi ingrown hair Anda ringan atau sedang, Anda mungkin dapat menggunakan beberapa pengobatan rumahan. Pengobatan tersebut termasuk:

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1
  • Cuci dan gosok area yang mengalami infeksi ingrown hair dengan lembut untuk mendorong rambut dari folikel dan keluar dari kulit
  • Oleskan minyak pohon teh untuk meringankan infeksi dan mencegah infeksi memburuk
  • Gunakan lotion berbahan oatmeal untuk meringankan kulit yang teriritasi
  • Gunakan krim hidrokortison yang di jual bebas untuk mengurangi rasa gatal

Jika infeksi Anda tidak membaik dengan pengobatan di rumah, segera kunjungi kulit . Dokter dapat meresepkan obat untuk mengobati infeksi dan membantu rambut yang tumbuh ke dalam untuk keluar dari kulit. 

Sebagai contoh, krim steroid yang diresepkan dapat mengurangi peradangan pada kulit, dan krim antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi.

Jika Anda mengalami infeksi ingrown hair yang kronis, dokter Anda mungkin akan menyarankan penggunaan obat yang dapat mencegah terjadinya ingrown hair. Krim retinoid efektif dalam menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat berkontribusi pada ingrown hair. 

Dokter juga dapat membantu mengurangi bekas luka dari infeksi sebelumnya.

Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat steroid oral dan obat antibiotik jika infeksi memiliki risiko menyebar ke darah dan organ dalam lainnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini