Pahami Indikator Efektivitas Alat Kontrasepsi

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pahami Indikator Efektivitas Alat Kontrasepsi

Ringkasan

Buka

Tutup

  •  Alat kontrasepsi dikatakan efektif jika mampu menunda kehamilan, sebaliknya alat kontrasepsi dikatakan tidak efektif jika membuat Anda hamil lagi. Indikator alat kontrasepsi efektif atau tidak, dapat ditunjukkan dengan penelitian terhadap 100 orang yang menggunakan bermacam alat kontrasepsi dalam satu tahun;
  • Alat kontrasepsi dikatakan benar-benar efektif jika tidak ada pasangan yang hamil setelah menggunakannya. Sedangkan alat kontrasepsi dikatakan sangat efektif jika hanya 1 atau 2 dari 100 pasangan yang menjadi hamil setelah menggunakan alat ini;
  • Jika ada 2 sampai 12 dari pasangan yang hamil, alat kontrasepsi tersebut dapat dikatakan efektif. Alat kontrasepsi dikatakan kurang efektif jika ada 21 sampai 40 dari 100 pasangan yang hamil, sedangkan alat kontrasepsi dikatakan tidak efektif jika ada 40 lebih dari 100 pasangan yang hamil;
  • Anda harus teliti dalam memilih alat kontrasepsi karena penggunaan alat kontrasepsi yang tidak tepat justru akan membuat Anda gagal menunda kehamilan;
  • Pemilihan alat kontrasepsi yang tidak tepat juga dapat menyebabkan risiko gangguan kesehatan. Anda harus mengetahui berbagai macam jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan, sehingga dapat menentukan apakah alat kontrasepsi itu efektif atau tidak dalam menunda kehamilan;
  • Klik untuk membeli alat konstrasepsi dan obat hormon dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Temukan dan booking juga paket pemasangan alat kontrasepsi IUD dan pemeriksaan kesehatan lainnya dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall.

Bagi Anda yang belum ingin memiliki anak, Anda bisa menggunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan. Ada banyak jenis alat kontrasepsi yang dapat Anda gunakan. Anda harus memilih alat kontrasepsi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan alat kontrasepsi yang tepat sangat berpengaruh dalam keefektifan menunda kehamilan.

Indikator keefektifan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi dikatakan efektif jika mampu menunda kehamilan, sebaliknya alat kontrasepsi dikatakan tidak efektif jika membuat Anda hamil lagi. Indikator alat kontrasepsi efektif atau tidak, dapat ditunjukkan dengan penelitian terhadap 100 orang yang menggunakan bermacam alat kontrasepsi dalam satu tahun. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Alat kontrasepsi dikatakan benar-benar efektif jika tidak ada pasangan yang hamil setelah menggunakannya. Sedangkan alat kontrasepsi dikatakan sangat efektif jika hanya 1 atau 2 dari 100 pasangan yang menjadi hamil setelah menggunakan alat ini. 

Jika ada 2 sampai 12 dari pasangan yang hamil, alat kontrasepsi tersebut dapat dikatakan efektif. Alat kontrasepsi dikatakan kurang efektif jika ada 21 sampai 40 dari 100 pasangan yang hamil, sedangkan alat kontrasepsi dikatakan tidak efektif jika ada 40 lebih dari 100 pasangan yang hamil.

Baca juga: Jenis-jenis Alat Kontrasepsi yang Perlu Anda Ketahui

Efektivitas berbagai alat kontrasepsi

Banyak jenis alat kontrasepsi yang dapat Anda gunakan. Anda harus teliti dalam memilih alat kontrasepsi, karena penggunaan alat kontrasepsi yang tidak tepat justru akan membuat Anda hamil. 

Pemilihan alat kontrasepsi yang tidak tepat juga dapat menyebabkan risiko gangguan kesehatan. Anda harus mengetahui berbagai macam jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan, sehingga Anda dapat menentukan apakah alat kontrasepsi itu efektif menunda kehamilan jika Anda gunakan.

Alat kontrasepsi yang paling mudah dan sering digunakan adalah pil KB. Anda harus minum pil KB setiap hari secara rutin untuk dapat menunda kehamilan. Jika Anda lupa mengonsumsi pil KB maka risiko kehamilan pun dapat terjadi. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Pil KB tergolong alat kontrasepsi yang efektif, karena berdasarkan penelitian jumlah pasangan yang hamil saat menggunakan pil kontrasepsi hanya 8 dari 100 pasangan.

Sama halnya dengan pil KB, suntik KB juga merupakan alat kontrasepsi yang efektif. Dari 100 pasangan, hanya ada 3 yang hamil setelah melakukan suntik KB. Anda harus melakukan suntik KB secara teratur setiap bulan jika tidak ingin hamil.

Salah satu alat kontrasepsi yang sangat efektif untuk menunda kehamilan dalam waktu yang lama adalah IUD. Alat kontrasepsi ini dapat menunda kehamilan hingga 5-10 tahun. IUD dilakukan dengan memasangkan alat berbentuk huruf T yang dipasang di dalam rahim. Alat ini berfungsi untuk mencegah sperma masuk ke rahim sehingga tidak terjadi pembuahan.

Baca juga: Proses Pemasangan Alat Kontrasepsi IUD

Selain IUD, alat kontrasepsi yang efektif untuk menunda kehamilan adalah melakukan sterilisasi. Sterilisasi pada wanita dilakukan dengan menutup saluran tuba falopi, sehingga sperma tidak bisa masuk ke rahim untuk melakukan pembuahan.

Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi cukup efektif untuk menunda kehamilan. Selain itu, kondom dapat melindungi diri dari bahaya terkena penyakit kelamin.

Jenis kontrasepsi alami, seperti KB kalender, termasuk alat kontrasepsi yang kurang efektif digunakan untuk menunda kehamilan. Kontrasepsi ini dilakukan dengan menghitung masa subur dan menghindari hubungan seksual saat masa subur tersebut. Jangan lupa bahwa menghitung masa subur itu tidak mudah karena kebanyakan wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Memilih alat kontrasepsi yang efektif menunda kehamilan memang sangat penting. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih alat kontrasepsi yaitu, seberapa mudah pemasangan alat kontrasepsi, berapa biaya yang dikeluarkan, serta dampak penggunaan alat kontrasepsi tersebut bagi kesehatan.

Baca juga: 10 Jenis Alat Kontrasepsi Paling Populer di Indonesia

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How effective is contraception at preventing pregnancy?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/contraception/how-effective-contraception/)
Contraception - Reproductive Health. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/reproductivehealth/contraception/index.htm)
Knowledge of Contraceptive Effectiveness. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4007217/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app