Ikuti 8 Perawatan Berikut Agar Tidak Mudah Sakit Gigi

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ikuti 8 Perawatan Berikut Agar Tidak Mudah Sakit Gigi

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang memang sangat mengganggu aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya. Rasa sakit yang bersumber dari gigi dikarenakan kurangnya kebersihan. 

Sedangkan menjaga kebersihan pada gigi haruslah dilakukan secara rutin, paling tidak dengan menyikat gigi 2 kali dalam sehari, yaitu setelah sarapan dan malam hari menjelang tidur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bagi Anda yang memiliki gigi berlubang, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan khusus yang dapat Anda lakukan secara rutin. Semakin rutin Anda melakukan perawatan, maka rasa sakit akibat gigi berlubang dapat Anda hindarkan. Cara perawatan yang dapat Anda lakukan pun cukuplah sederhana, diantaranya yaitu seperti berikut:

Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan temperatur yang ekstrem

Mengkonsumsi makanan maupun dengan temperatur yang terlalu ekstrem dapat menimbulkan sakit gigi. Apabila Anda tidak ingin rasa sakit pada gigi tersebut kambuh, sebaiknya Anda hindari makanan yang terlalu manis dan hindari minuman yang terlalu dingin, seperti ice cream maupun seperti es batu.

Konsumsi vitamin K1 dan K2 secukupnya.

Mengkonsumsi vitamin K1 dan K2 secara cukup dapat membantu Anda untuk menghindari rasa sakit akibat gigi berlubang. Vitamin K dapat mendistribusikan fosfor dan kalsium yang ada di tulang maupun gigi. Sedangkan gigi yang berlubang disebabkan karena kalsium dan fosfor tidak seimbang. Vitamin K dapat Anda temukan pada sawi hijau, bayam, kale, bit hijau, lobak hijau dan yang lain.

Konsumsi vitamin D secukupnya

Vitamin D berguna untuk membangun tulang dan gigi dengan kuat. Radang gusi dan anti inflasi dapat diatasi jika tubuh memiliki asupan vitamin D dengan cukup. Apabila asupan vitamin D terpenuhi dengan baik, maka gigi akan mendapatkan kalsium. Dengan demikian, maka Anda akan terhindarkan dari yang namanya gigi berlubang.

Berkumur menggunakan air garam

Apabila gigi Anda mulai merasakan nyeri atau tanda-tanda sakit gigi mulai kambuh, maka Anda bisa mengatasi hal ini dengan berkumur menggunakan air garam dan minum obat peda rasa nyeri. Obat pereda nyeri dapat Anda temukan di apotek.

Hindari makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang

Gigi berlubang dapat disebabkan karena banyak faktor, termasuk makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula. Semakin Anda menjauhi makanan yang dapat menimbulkan gigi berlubang, maka akan menjauhkan Anda dari gigi berlubang juga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lakukan terapi oil pulling untuk hasil yang memuaskan

Terapi oil pulling menjadi prosedur perawatan untuk me detoksifikasi. Teknik yang dilakukan yaitu dengan berkumur dengan menggunakan minyak sebanyak satu sendok selama 20 menit. Meskipun tekniknya sederhana, namun cara ini ampuh untuk mengatasi rasa sakit gigi berlubang.

Minumlah air yang memiliki kandungan berupa alkaline atau basa

Dengan meminum air alkaline atau basa, maka akan membantu untuk menetralkan asam yang ada di mulut. Kandungan air basa bisa mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang semakin kuat.

Lakukan pemeriksaan secara rutin

Melakukan pemeriksaan secara rutin dapat Anda lakukan, yaitu 6 bulan skali. Melalui pemeriksaan inilah yang akan memudahkan Anda untuk mengantisipasi adanya kerusakan pada gigi Anda.

Itulah ke 8 cara yang dapat untuk Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada gigi yang berlubang. Sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan perawatan secara rutin agar gigi berlubang Anda tidak menimbulkan sakit dan tidak kambuh lagi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dental Infections in Emergency Medicine Medication: Topical, Antibiotics. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/763538-medication)
Toothaches at Night: Treatment, Home Remedies, and Causes. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-toothache-at-night)
9 methods to get rid of toothache at night. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326133.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app