Hyssop: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Hyssop (Hyssopus Officinalis) merupakan tanaman dari genus Lamiaceae  atau tanaman mint yang berasal dari Eropa Selatan dan Timur Tengah dan banyak diimpor di  wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Tanaman ini dapat Anda temukan di sepanjang tepi jalan.

Tanaman hyssop terkenal selama beribu-ribu tahun untuk digunakan sebagai pembersih dan pemurni tubuh. Hyssop memiliki rasa yang pahit dan aromatik. Hyssop juga memiliki bunga warna ungu yang wanginya disukai oleh lebah dan kupu-kupu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Hyssop juga biasanya digunakan sebagai penyedap makanan, minuman, dan obat-obatan. Hyssop adalah antiseptic yang sangat baik untuk digunakan melindungi tubuh dari infeksi dan memperkuat sistem daya tahan tubuh.

Hyssop dapat digunakan dalam berbagai macam bentuk olahan, berupa minyak atau essential oil dan olahan teh yang tentu saja memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Beberapa kegunaannya, yaitu:

  • Sebagai aromaterapi
  • Mengobati iritasi kulit, luka bakar, dan memar
  • Menyembuhkan bekas luka
  • Menurunkan suhu tubuh
  • Mengurangi demam
  • Sebagai pewangi
  • Sebagai infus
  • Membunuh bakteri di mulut

Selain itu, suku Indian telah menggunakan daun hyssop dan bunganya untuk melegakan gangguan pernapasan. Hyssop juga dapat mengatasi batuk, pilek, sariawan, radang, sinus, dan bronchitis

Tanaman ini juga dapat menghangatkan dan menstimulasi sistem sirkulasi tubuh sehingga membuat tubuh lebih berkeringat dan membersihkan darah.

Kandungan Hyssop

Hyssop memiliki kandungan minyak atsiri dan berbagai macam bahan aktif, seperti:

  • Thujone
  • Asam rosmarinic
  • Asam caffeic
  • Cineole
  • Antioksidan

Selain itu, terdapat antioksidan kandungan flavonoid dengan jumlah sekitar 20 senyawa yang terkandung dalam minyak hyssop berupa myrtinyl asetat, camphor, germacrene, dan spathulenol.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Manfaat penggunaan Hyssop

Hyssop memiliki berbagai macam sifat yang berperan sebagai astringen, stimulan, antispasmodik, anti-rematik, antiseptik, karminatif, cicatrizant, diuretik, dan lainnya. Banyak manfaat yang dapat Anda temukan, seperti:

1. Mempertahankan sistem kekebalan tubuh

Hysopp dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena meningkatkan sirkulasi darah dan pencernaan. Juga mampu membunuh bakteri dan parasit.

Selain itu, hysopp oil mampu mempertahankan keadaan normal seluruh tubuh karena ekstrak tumbuhan ini mengandung caffeic acid yang menunjukan aktivitas anti HIV yang kuat.

2. Dapat mengencangkan Kulit

Bunga hyssop mengandung zat zat aktif yang dapat menjaga produksi kolagen, oleh karena itu kulit akan terasa lebih kencang, kondisi ini dapat menghilangkan garis-garis halus dan flek hitam yang timbul didalam wajah

3. Mengecilkan pori-pori

Ekstrak dari bunga hyssop berperan sebagai astringent yang berfungsi mengecilkan ukuran pori-pori kulit, ia juga mampu membuat kulit terasa lebih kencang dan segar, bagi yang memiliki masalah kulit berminyak sangat dianjurkan dan disarankan menggunakan ekstrak bunga hyssop yang dapat membantu masalah pori-pori

4. Membantu masalah pencernaan

Hyssop oil dapat meningkatkan sekresi empedu yang terdapat didalam hati, enzim pencernaan, dan asam yang terdapat di dalam organ pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Hyssop oil juga membantu memecah masalah protein kompleks, karbohidrat, dan nutrisi lain sehingga dapat menyerap cairan, ia juga mampu melepaskan gas yang terdapat didalam tubuh dan meringgangkankan masalah pencernaan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Hyssop oil mampu mempromosikan regenerasi sel dan pertumbuhan kulit baru yang berfungsi menghambat timbulnya tanda-tanda penuaan.

Kandungan antiseptiknya juga mampu membunuh bakteri pada kulit yang dapat menimbulkan berbagai infeksi didalam tubuh. Sebab itu, membantu masalah pada kulit seperti jerawat, stretch mark, bisul, cacar atau luka lainnya yang terdapat di kulit.

6. Mengatasi masalah pernapasan

Salah satu sifat yang terdapat dalam Hyssop yaitu antispasmodic yang mampu mengurangi kejang-kejang pada sistem pernapasan dan  meredakan batuk.

Selain itu, bersifat ekspektoran yang artinya dapat mengencerkan dahak yang terletak di saluran pernapasan, kemudian mampu membantu infeksi flu dan mampu melindungi sistem pernapasan.  

Sangat disarankan bagi orang yang menderita penyakit pernapasan seperti bronkitis untuk menggunakan ekstrak ataupun oil Hyssop.

7. Bersifat diuretik

Hyssop oil mampu mempercepat detoxifikasi didalam tubuh, menyerap air, dan natrium. Tanaman ini juga dapat mengurangi tekanan darah, serta mampu meningkatkan frekuensi urin atau buang air kecil.  Sifat ini mampu menjaga kondisi jantung agar tetap sehat dan berjalan normal.

8. Membantu masalah Hipotensi

Hyssop oil mampu meningkatkan masalah tekanan darah dan dapat menghilangkankan masalah yang berhubungan dengan tekanan darah rendah seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelelahan dan pembengkakan yang terjadi pada anggota badan

Efek samping penggunaan Hyssop

Menggunakan Hyssop oil secara berlebih berpotensi kontraksi rahim hingga keguguran serta memicu menstruasi secara berlebihan.

Hyssop belum teridentifikasi aman untuk ibu yang sedang menyusui, lebih baik berkonsultasi pada dokter ahli sebelum menggunakannya.

Hyssop tidak dianjurkan digunakan untuk kalangan anak-anak  dan orang yang memiliki riwayat kejang-kejang karena menggunakannya karena dapat memicu efek samping kronis dan kejang yang lebih buruk lagi.


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tahir M, et al. (2018). Phytochemistry and pharmacological profile of traditionally used medicinal plant Hyssop (Hyssopus officinalis L.). (https://www.japsonline.com/admin/php/uploads/2687_pdf.pdf)
Pelkonen O, et al. (2013). Thujone and thujone-containing herbal medicinal and botanical products: Toxicological assessment. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23201408)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app